Feature

Anti Kantong Jebol! Rakit PC Gaming 3 Jutaan Bisa Main Game Kekinian

oleh: Keyboard22
Membangun sebuah PC gaming memang bisa menjadi sangat mahal, tapi bukan berarti kalian tidak bisa mendapatkannya dan tidak harus yang terlalu mewah bukan? Entah itu mulai dari entry-level, mainstream, sampai dengan hardcore sekalipun. Bahkan, jika memang niat, kita bisa "push" budget sekecil mungkin untuk mewujudkan membangun sebuah PC gaming.

Nah, pada artikel ini kru KotGa akan memberitahukan aka memberikan rekomendasi bagi kamu yang setidaknya ingin membangun sebuah PC gaming, namun dengan budget yang sangat terbatas, kira-kira hanya sekitar IDR 3 jutaan saja lho Kotakers. Yang jelas, kru KotGa menganggap kalian sudah memiliki berbagai peripheral seperti keyboard, monitor, mouse, dan speaker. Seperti rekomendasinya?

  • Prosesor: AMD Athlon 200GE = IDR 825.000
  • Motherboard: MAXSUN MS-A320M = IDR 735.000
  • RAM: KLEVV Bolt DDR4-2400 4GBx2 = IDR 1.050.000
  • SSD: WDC Green PC SSD 120GB = IDR 395.000
  • Casing: CUBE Gaming Weiss = IDR 380.000
  • PSU: FSP Hexa+ II 400W = IDR 500.000

Total: IDR 3.885.000

Baca ini juga :

» Wibu Merapat! Inilah Deretan Game PC yang Diadaptasi dari Anime Terkenal
» Game dengan Grafis Fantastis, Tapi PC Kentang Masih Bisa Mainkan!
» Makin Semangat! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Tak Termaafkan! Inilah 5 Game Online yang Kehilangan Keseruannya Akibat Cheater Merajalela
» Inilah Deretan Game PC dengan Port Terburuk!
Prosesor AMD Athlon 200GE dengan GPU Radeon Vega

Arsitektur "Zen" yang sangat efisien membantu prosesor AMD Athlon 200GE untuk tetap dingin dan sunyi ketika digunakan, sedangkan core prosesor dan grafis "Zen" memungkinkan performa PC responsif dan pengalaman yang lancar dalam bermain game maupun menonton film HD. Sebagai tambahan, prosesor AMD Athlon 200GE didukung oleh infrastruktur socket AMD AM4 yang sudah tersedia untuk sebuah platform yang memberikan fitur-fitur PC terbaru seperti memori DDR4, penyimpanan NVMe, dukungan tampilan 4K, dukungan USB 3.1 generasi kedua, dan menawarkan jalur peningkatan mudah untuk performa yang jauh lebih tinggi dengan prosesor AMD Ryzen processors dan kartu grafis discrete.

Motherboard?

Kru KotGa sengaja memilih brand Maxsun untuk pemilihan motherboard. Seperti yang sudah Kru KotGa tekankan diatas. Budget akan di press hingga sekecil mungkin agar super hemat. Lagipula, Maxsun memiliki "nama" yang cukup baik di negara asalnya, China. Sepertinya kamu tidak perlu terlalu meragukan kualitasnya.

2018 ya wajib pakai SSD!

Rasanya, jika sudah pernah menggunakan SSD, entah di PC teman atau sempat merasakannya disebuah event, betapa cepatnya SSD dan tidak ingin lagi berpaling ke harddisk, kecuali untuk menyimpan berbagai file. Untuk menyimpan sistem operasi dan berbagai aplikasi yang membutuhkan kinerja cepat, rasanya SSD adalah sebuah kewajiban di zaman sekarang ini.

8GB RAM sudah cukup untuk main game battle-royale dan esports kekinian

Kru KotGa berani bilang bahwa untuk memainkan game-game battle-royale seperti PUBG atau bahkan fortnite sudah lebih dari cukup menggunakan 8GB RAM karena penggunaan ketika kru KotGa memainkan game-game tersebut tidak pernah lebih dari 8GB. Apalagi, game-game esports ringan seperti CSGO atau DOTA 2.

Casing dan Power Supply yang dirasa sudah cukup untuk kedepannya

Casing yang sangat cocok buat kalangan entry-level, kru KotGa memilih Cube Gaming Weiss, selain bentuk nya yang minimalis dan futuristak dengan kaca samping full acrylic. Banyak fitur yang ditawarkan juga seperti psu cober, slot card reader, serta USB 3.0 dengan harga yang sangat murah. Sementara untuk urusan power supply, kru kotga memilih FSP Hexa + II 500W yang dirasa sudah lebih dari cukup untuk rakit PC super hemat ini, bahkan jika kamu ingin upgrade sampai dengan Ryzen 7 + GTX 1060 juga masih cukup kok.

Baca ini juga :

» Wibu Merapat! Inilah Deretan Game PC yang Diadaptasi dari Anime Terkenal
» Game dengan Grafis Fantastis, Tapi PC Kentang Masih Bisa Mainkan!
» Makin Semangat! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Tak Termaafkan! Inilah 5 Game Online yang Kehilangan Keseruannya Akibat Cheater Merajalela
» Inilah Deretan Game PC dengan Port Terburuk!
Budget yang sedikit untuk kalangan entry-level, lalu bagaimana performa saat main game? Nah, setelah kru KotGa melakukan riset dan juga pengalaman teman menggunakan spek tersebut, game seperti DOTA 2, CSGO, Fortnite, atau bahkan Rainbow Six: Siege, meskipun dengan settingan yang menyesuaikan.

Nah, kira-kira seperti itulah rekomendasi rakit PC gaming yang kru KotGa sarankan. Jika kamu memiliki saran atau tambahan, jangan ragu untuk menyebutkannya di kolom komentar ya!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru