Mini Feature

Resident Evil vs Silent Hill, Mana Franchise Survival Horror Terbaik?

oleh: VolkanKaya

Halaman 2

Gameplay

Beralih ke gameplay, antara Resident Evil dan Silent Hill sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya saja Resident Evil sudah lebih banyak mengalami perubahan mekanisme. Jika dulunya kedua franchise ini berfokus pada gameplay shooter dengan sudut pandang kamera "fixed" layaknya CCTV, kali ini Resident Evil sudah beralih menjadi third-person action dan first person shooter yang sama-sama dibangun dengan solid. Resident Evil juga memiliki gameplay gun fight yang lebih seru dimainkan, menjadikan setiap serinya terasa konsisten dan semakin sempurna.

Tidak hanya itu, Resident Evil juga akan merilis versi remake dari Resident Evil 2 yang kembali menghadirkan gameplay third-person shooter khas Resident Evil 4, namun dengan menambahkan opsi sudut pandang kamera dan gameplay yang lebih dinamis. Untuk Silent Hill, sayangnya franchise ini tidak mengalami perubahan yang cukup revolusioner. Konsep gameplaynya masih berfokus pada elemen action klasik, dimana kamu bisa mengambil persenjataan lemah untuk bertahan hidup.

Walaupun tidak sebaik Resident Evil, namun gameplay dalam Silent Hill akan membuatmu terasa seperti karakter yang lemah dan hanya bisa melindungi diri dengan senjata seadanya. Pendekatan konsep ini kemudian digantikan menjadi jauh lebih mencekam lewat proyek P.T Silent Hills yang juga dikerjakan oleh Hideo Kojima. Setelah berhasil menggemparkan industri game lewat demo gameplay yang sangat mencekam dan berkesan, sayangnya proyek tersebut dibatalkan oleh Konami. Untuk kategori ini, Resident Evil jelas adalah rajanya.

Baca ini juga :

» Bikin Jatuh Hati, Inilah 10 Karakter Video Game Wanita Paling Seksi
» Auto Rusuh, Inilah Karakter Anime Shonen yang Wajib Masuk ke Jump Force
» Melihat Sejarah Perkembangan Fighting Game dari Street Fighter II
» Jangan Tertipu Penampilan, Inilah Game Imut yang Ternyata Horror
» Kaya Potensi, Inilah Film Indonesia yang Cocok Jika Dijadikan Game

Pengalaman horror

Kategori terakhir sekaligus yang paling penting adalah pengalaman horror. Antara Resident Evil dan Silent Hill, disini kedua franchise tersebut sama-sama telah menawarkan sebuah pengalaman game survival-horror yang paling berkesan. Namun jika harus dipilih mana yang terbaik, Kru KotGa rasanya harus memilih Silent Hill. Bukan tanpa alasan tentunya, karena Silent Hill sendiri memiliki lebih banyak elemen misteri yang mengerikan di dalamnya. Setiap monster memiliki latar belakang sendiri dan tidak hanya sebatas zombie yang berkeliaran di Resident Evil, belum lagi cerita penuh plot twist yang ditawarkan juga semakin menambah kesan horror yang dominan di dalamnya.

Meskipun begitu, Resident Evil terkadang juga sering menawarkan banyak momen yang tidak kalah mencekamnya. Seperti saat Chris bertemu dengan zombie untuk pertama kalinya di seri Resident Evil, hingga memasuki rumah terpencil di Resident Evil VII yang dihuni oleh keluarga psycho, setiap momen itu pasti sudah memberikan kesan horror yang tidak terlupakan. Namun tetap saja, jika harus memilih mana yang terbaik, Silent Hill tetap yang terbaik jika sudah berurusan dengan pengalaman horror.

Jika melihat perbandingan di atas, normalnya Silent Hill memang lebih unggul disini, namun Kru KotGa tentu saja tidak bisa menentukannya secara sepihak. Tentu saja ada potensi Silent Hill bisa lebih superior dibandingkan Resident Evil, apalagi jika franchise tersebut masih mendapat dukungan dari Konami. Karena eksitensi Resident Evil masing sangat kokoh dan menjadi salah satu franchise unggulan Capcom, tentu saja posisinya sebagai franchise survival-horror terbaik sudah tidak bisa terelakan. Lalu bagaimana dengan pendapat Kotakers sendiri? Mana yang lebih superior diantara kedua franchise ini?

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Latest feature

Mobile 'RPG' Paling Mengh...

Nah, pada artikel ini kru KotGa akan mengajakan Kotakers untuk ki...

10 Rekomendasi Game Andro...

Seperti biasa, kru KotGa akan memberikan rekomendasi game mobile ...

[SPECIAL] Elsu vs Lesley,...

Di kesempatan kali ini Kru KotGa akan membahas perbandingan hero ...

Most Popular Feature