Feature

Nyobain Fitur 'AiMesh' dari Router ASUS, Jangkauan Lebih Luas Koneksi Tetap Ngebut

oleh: Keyboard22
ASUS hadir dengan berbagai jenis produk gaming yang bisa dibilang lengkap mengisi berbagai lini. ASUS mendesain dan memproduksi berbagai jenis produk gaming, mulai dari laptop, gaming gear, motherboard, kartu grafis, hingga router. Untuk memainkan berbagai game online khususnya yang berada di scene kompetitif, router bisa menjadi komponen yang cukup krusial.

Berbicara mengenai router yang mumpuni untuk memberikan pengalaman terbaik dalam bermain game-game kompetitif, tentu saja router dengan segudang fitur adalah pilihan utama. Umumnya dengan menggunakan sebuah router, kebutuhan WiFi di rumah sudah akan tercukupi. Tetapi ada kalanya jika rumahnya cukup luas, sinyal di tempat tertentu kurang maksimal sehingga kita perlu menambahkan perangkat seperti repeater. Pada seri RT-AC86U terdapat fitur teranyar router ASUS yang dinamakan AiMesh. Salah satu fitur teranyar router ASUS dinamakan AiMesh. Fitur tersebut adalah fitur inovatif dari ASUS untuk menggabungkan beberapa router ASUS menjadi sebuah Mesh Network dimana jangkauan sinyal WiFi menjadi lebih luas dan optimal.

Nah, pada artikel ini kru KotGa akan mencicipi fitur AiMesh dari ASUS tersebut, terutama bagi kamu yang tinggal disebuah bangunan luas atau rumah berlantai-lantai dan ingin membangun sebuah mesh network dengan mudah tanpa mengurangi performa jaringan dan router yang dimiliki. Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :

» Inilah Alasan 'ROG Phone' Adalah Smartphone Gaming Terbaik Untuk Para Gamer
» Keunggulan 'ROG Phone' Dibandingkan Smartphone Gaming Lainnya
» [PREVIEW] ASUS ZenFone 5, Smartphone Serba Bisa
» [Diary Kru KotGa] Pengalaman Main PUBG di Rakitan PC Low-budget
» [Diary Kru KotGa] Serunya Stone Age Begins Menggunakan Fitur GameGenie Di ASUS Zenfone 3
ASUS RT-AC86U

ASUS RT-AC2900 sudah memiliki semua fitur dan tuntutan performa yang kamu idamkan. Selain mudah untuk melakukan instalasi dan konfigurasi jaringan, router ini juga menghadirkan beragam fitur gaming kekinian seperti game accelerator yang sangat cocok bagi kamu yang gemar memainkan game online.

Belum lagi, spesifikasi gahar yang dimilikinya yang sudah dibekali dengan processor dual-core 1.8GHz 64 bit (kecepatan transfer data USB bisa mencapai 110MB/s dan download / upload hingga 1600Mbps - dari WAN ke LAN), RAM 512MB, Flash Memory 256MB, dan juga Wi-Fi dengan NitroQAM dan teknologi streaming hingga kecepatan 5GHz yang sangat mumpuni.

Tidak cuma seri gaming saja ya Kotakers, router ASUS lainnya seperti seri AC1900 juga bisa menggunakan fitur AiMesh. Nah, pada percobaan menggunakan fitur mesh network - AiMesh milik ASUS menggunakan dua buah router tersebut.

Konfigurasi mudah dan cepat

Meskipun berbagai kelebihan yang dimiliki oleh AiMesh terlihat sangat rumit, namun untuk konfigurasinya tidak terlalu sulit kok Kotakers. Pertama-tama tentunya kamu harus upgrade firmware si router yang akan digunakan jika masih menggunakan versi lama, karena hanya firmware terbaru yang mendukung fitur AiMesh. Setelah itu, kamu diharuskan untuk reset konfigurasi router yang akan dijadikan sebagai penghubung dari router utama demi mempermudah konfigurasi. Router utama tidak diharuskan untuk mereset konfigurasi.

Setelah itu, kamu hanya diharus untuk membuka setup interface router ASUS seperti biasa melalui http://router.asus.com/. Ketika sudah memasuki halaman tersebut kamu akan melihat bahwa AiMesh Node masih menunjukkan angka 0. Nah, dibagian kanan tampilan pengguna hanya harus mengklik tombol "Search" pada bagian find AiMesh node. Jika router penghubung sudah dinyalakan, makan ia akan otomatis masuk menjadi node.

Oh ya, ASUS juga merekomendasikan router utama yang digunakan sebagai AiMesh adalah yang memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni. Alasannya karena AiMesh juga akan membebani kinerja router, yang tentu aja akan jauh lebih baik jika menggunakan router yang lebih mumpuni sebagai router utama. Cara di atas juga bisa terus dilakukan hingga ke beberapa node selanjutnya. Setelah itu, posisi berbagai node tersebut bisa dipindahkan sesuai dengan keinginan. Cukup mudah bukan?

AiMesh juga memiliki fitur yang lebih membludak jika dibandingkan dengan fitur mesh network lainnya. Contohnya, ASUS menjamin bahwa kecepatan WiFi pada fitur AiMesh ini bisa mencapai 5300Mbps, belum lagi juga tersedia pilihan single hingga multiple SSID. Berbagai fitur lainnya juga bisa menunjang kebutuhan para pengguna seperti Adaptive QoS hingga Parental Control untuk mengatur penggunaan pada masing-masing user.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru