Feature

Mencoba Demo Sekiro: Shadows Die Twice, Game Action Brutal dan Super Keren!

oleh: VolkanKaya

Berawal dari teaser misterius yang diyakini sebagai Bloodborne 2, hingga resmi diumumkan sebagai suksesor spiritual Tenchu, rasanya Sekiro: Shadows Die Twice telah membawa nama besar baru untuk From Software. Terlahir dari tangan sang kreator ternama Hidetaka Miyazaki, Sekiro adalah game action RPG baru yang mengusung gameplay khas Souls series dengan pendekatan konsep berbeda. Disini pemain akan berperan sebagai karakter bernama Sekiro, seorang Shinobi dengan ambisi balas dendam kepada pendekar samurai misterius yang menculik masternya.

Kehadiran karakter utama dengan latar belakang cerita yang dalam adalah salah satu perbedaan terbesar, dan untuk itu Kru KotGa tentunya sangat penasaran dengan bagaimana cerita utamanya dipresentasikan. Apakah hanya sebatas cutscene pendek dengan detail samar-samar? Ataukah akan ada interaksi karakter yang emosional? Semua itu akan terjawab saat gamenya dirilis nanti.

Sembari menantikan peluncuran gamenya di bulan Maret tahun depan, Kru KotGa kebetulan sudah menjajal versi demonya di ajang gathering akhir tahun dengan PlayStation beberapa minggu lalu. Sayangnya pengambilan foto dan video tidak diperbolehkan sepanjang sesi permainan, namun Kru KotGa termasuk beruntung karena mendapat kesempatan bermain selama beberapa kali. Memanfaatkan kesempatan tersebut, Kru KotGa merasa cukup bangga karena menjadi satu-satunya orang di ajang tersebut yang berhasil menyelesaikan demonya. Lalu bagaimana kualitas Sekiro: Shadows Die Twice sendiri? Apakah gamenya memang solid seperti yang diperkirakan? Untuk menjawab pertanyaan ini, langsung simak saja rangkuman dari impresi Kru KotGa dibawah ini.

Baca ini juga :

» Seram Abis! Inilah Game Horror Indonesia Terbaik yang Go Internasional!
» Auto Juara, Tips Memenangkan Race CTR: Nitro-Fueled di Hard Mode!
» Nyobain CTR: Nitro-Fueled, Remake Luar Biasa yang Bangkitkan Kenangan Lama!
» 10 Fakta Menarik Soal Final Fantasy VII Remake yang Wajib Kamu Ketahui
» Rekap E3 2019, Inilah Kumpulan Game Terbaik yang Wajib Kamu Nantikan

Gameplay

Karena sesi demo ini hanya berfokus pada gameplay, disini Kru KotGa hanya bisa merangkum beberapa elemen penting yang ditawarkannya. Pertama adalah gameplay, dan untuk yang satu ini Sekiro: Shadows Die Twice berhasil meraciknya dengan sempurna. Saat pertama kali memainkannya, Kru KotGa jujur langsung kalah saat melawan Samurai General. Sesi demo ini tidak memberikan tutorial yang spesifik, jadi butuh waktu sebelum bisa beradaptasi penuh dengan kontrolnya. Setelah mencoba beberapa kali dan mulai terbiasa, game ini mulai bergerak dari tempo lambat menjadi sangat cepat. Karakter Shinobi yang kamu mainkan dapat menggunakan berbagai macam Trick Tool dari tangan prostetiknya.

Jadi disini kamu bisa mengakses tempat yang lebih tinggi dengan grappling hook, menyerang musuh dengan semburan api dan menambahkan efek buffnya di pedang katana, melempar shuriken, serta menggunakan hand axe untuk menghancurkan pertahanan musuh. Beragam persenjataan ini hanya sebagian kecil dari banyak trick tool lain yang bisa kamu dapatkan di gamenya nanti. Selain dibekali dengan beragam gadget, karakter yang kamu mainkan juga memiliki mobilitas tinggi. Berbeda dari Dark Souls dan Bloodborne dimana setiap aksi karakter bergantung pada stamina, dalam Sekiro: Shadows Die Twice kamu tidak perlu mengkhawatirkan stamina sama sekali. Jadi disini karaktermu dapat berlari dengan sangat cepat tanpa kelelahan, melakukan aksi parkour dan melompat, serta menyerang musuh secara non-stop.

Walaupun terkesan membuat gamenya menjadi mudah, kenyataanya justru tidak demikian. Setiap musuh yang kamu hadapi di game ini memiliki teknik bertarung khusus dan pertahanan kuat yang dilindungi dengan poise. Poise sendiri adalah sistem pertahanan yang ditandai dengan sebuah bar meter khusus. Semakin banyak serangan yang ditahan, maka bar poise akan bertambah dan musuh akan terkena efek stagger. Disaat inilah kamu dapat melancarkan serangan akhir dengan animasi finisher yang keren. Sistem poise ini tidak hanya berlaku bagi musuh, namun karakter shinobi yang kamu mainkan juga memilikinya.

Satu tambahan elemen gameplay lain yang wajib kamu ketahui adalah stealth element. Penambahan mekanisme ini terasa tidak main-main, karena kamu bisa mengendalikan karakter layaknya seorang ninja yang dapat membunuh targetnya dalam sekejap. Melakukan air assassintion dan cover execution terasa lebih memuaskan, apalagi sistem ini juga dapat digunakan saat melawan boss atau musuh tipe kuat lainnya.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru