Feature

Tips dan Trik Melakukan Jual Beli Berkaitan dengan Game

oleh: Culdesacc

Halaman 3

4. Kenali reputasi si penjual barang

Reputasi merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan jual beli, termasuk dalam hal barang virtual. Selain masalah penipuan, ada kalanya kasus dimana seorang penjual merupakan penadah barang illegal atau bahkan pelaku pertama dari kepemilikan barang illegal.

Barang Illegal yang dimaksud bisa merupakan barang hasil duplikat menggunakan bug, cheat atau software illegal, barang hasil penipuan, bahkan (pssst) jika ada staff dari perusahaan game yang tidak bertanggung jawab. Mungkin sekali dua kali kamu akan merasa baik-baik saja bertransaksi dengan yang seperti demikian, namun sepandai-pandainya tupai meloncat pasti akan jatuh juga.

Penulis pernah bekerja di salah satu perusahaan game ternama. Suatu ketika, para staff mendapati seorang penjual item Illegal dan mereka berhasil melacak semua peredaran item tersebut. Banyak ID yang itemnya ditarik bahkan meskipun mereka membeli item tersebut dengan mata uang real dari penadah atau penjual item illegal. Lebih parahnya, banyak juga ID yang terkena banned dan tidak bisa dimainkan lagi.

5. Pelajari kebijakan sebuah perusahaan game mengenai RMT

Kamu harus memahami betul apakah RMT dalam game yang kamu mainkan memang diperbolehkan, dilarang keras, atau masuk ke dalam wilayah abu-abu. Maksudnya dari wilayah abu-abu adalah dimana kamu akan terkena denda apabila jelas-jelas ketahuan staff melakukan RMT tetapi masih ditoleransi secara tertutup apabila tidak ketahuan langsung, bahkan staff cenderung tutup mata.

Baca ini juga :


» Anti Bosen! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Biar Lengkap! Inilah 7 Software yang Wajib Di-instal Oleh Gamer PC
» Tips Tetap Asyik dan Jago Walaupun Gacha Ampas Saat Main Game Mobile
» Tetap Seru! 10 Rekomendasi Game MMORPG Android Terbaik Tahun 2020
» Pasti GG! Tips Memilih Kelas Karakter yang Cocok dengan Gaya Bermainmu di Dragon Raja!

Salah satu kasus yang bisa penulis berikan adalah. Dalam salah satu game yang penulis tangani dulu. Kamu akan terbanned 3 hari apabila terscreenshot melakukan chat berkaitan RMT di dalam game. Namun, apabila kamu melakukannya di luar game tersebut, seperti di toko online barang virtual, di grup-grup facebook, maka transaksi tetap berjalan aman. Para staff mengetahui jelas bahwa transaksi tersebut terjadi diluar dari dunia game namun tidak terlalu mempermasalahkannya.

Intinya adalah kamu harus jeli terhadap peraturan baik tertulis ataupun tidak tertulis yang berlaku. Sering-sering lah memeriksa aturan bermain pada setiap game yang kamu mainkan.

Artikel ini tidak menganjurkan kamu untuk melakukan RMT tetapi juga tidak melarang. Justru dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu yang masih berniat melakukan RMT tetapi masih polos dan belum berpengalaman. Berharap meminimalisir terjadinya penipuan.

Kita harus mengetahui setiap konsekuensi dari tindakan kita. RMT termasuk hal yang paling beresiko. Berani berbuat, berani bertanggung jawab.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru