Feature

Rakit PC Paling Ideal Untuk Main Game Kekinian Tanpa Jual Ginjal

oleh: Keyboard22
PC adalah sebuah platform gaming yang bisa dibilang multifungsi. Tidak cuma sekedar memainkan game saja, melainkan juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti mendengarkan lagu, nonton film, ataupun mengerjakan pekerjaan sehari-sehari. Hal tersebut mengapa banyak banget PC master race yang berjamuran di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Namun sayangnya, untuk mendapatkan PC gaming yang ideal dan lancar memainkan game kekinian tanpa kendala, tidak semudah seperti membeli konsol. Berbagai komponen seperti prosesor, kartu grafis, power supply hingga gaming gear seperti mouse, keyboard, ataupun monitor harus dipikirkan dengan baik-baik karena banyak sekali varian yang tersedia dengan berbagai harga.

Nah, pada artikel ini kru KotGa bakal memberitahukan nih kepada Kotakers, sebuah rekomendasi rakitan PC gaming tanpa harus mengeruk tabungan yang dalam. Setidaknya sudah cukuplah untuk memainkan berbagai esports kekinian seperti DOTA 2, CSGO, Overwatch, atau beberapa game AAA seperti Monster Hunter World misalnya. Yang jelas, kru KotGa menganggap kalian sudah memiliki berbagai peripheral seperti keyboard, monitor, mouse, dan speaker. Seperti apa rekomendasinya?

  • Prosesor: AMD Ryzen 3 2200G = IDR 1.450.000
  • Motherboard: Asus PRIME A320M-K = IDR 829.000
  • RAM: V-GeN Tsunami DDR4 2666Mhz Dual Channel 8GB = IDR 898.000
  • HDD: WDC 1TB SATA3 Blue= IDR 625.000
  • PSU: Cooler Master MWE 450 80+ = IDR 606.000

Total: IDR 4.788.000

Baca ini juga :

» Game dengan Grafis Fantastis, Tapi PC Kentang Masih Bisa Mainkan!
» Makin Semangat! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Anti Bosen! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Siap Dimainkan! Inilah Game Mobile dengan Grafis Paling Fantastis di 2019
» Banyak RPG Menarik! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
Biarpun murah, komponen kelas atas

Mempunyai durability yang mumpuni serta garansi 3 tahun yang diberikan oleh Asus menjadi pertimbangan utama kru KotGa memilih Asus PRIME A320M-K . Mendukung prosesor hingga Ryzen 7 dan juga dukungan update BIOS yang diberikan Asus sehingga bisa menggunakan prosesor Ryzen dari berbagai generas terbaru nantinya. Harga nya yang cukup terjangkau dengan fitur dan durability tinggi yang dimiliki sangat pantas motherboard ini dipilih untuk kalangan entry-level.

Kalau untuk urusan harddisk seperti tidak perlu terlalu direpotkan, yang penting sudah bisa untuk menampung bermain game kekinian. Untuk urusan RAM, V-Gen yang kru KotGa pilih masih bisa ditarik hingga 2800MHz meskipun dibanderol dengan harga yang murah. Sementara, power supply berkualitas dengan kapasitas 450W sudah lebih dari cukup, mengingat AMD Ryzen 3 2200G sangat irit dan lagipula tidak menggunakan kartu grafis tambahan untuk saat ini. Maen game kekinian? Kuat dong!
Bisa dilihat bagaimana tabel diatas mengenai kemampuan prosesor Ryzen 3 2200G + Vega 8 sudah sangat mencukupi untuk memainkan game-game esports terkini dengan resolusi 1080p yang tentunya menggunakan settingan low sampai high dengan rata-rata framerate diatas 50 FPS. Khusus PUBG, game tersebut memang cukup berat karena pada dasarnya belum optimal sepenuhnya. Well, memainkan PUBG dengan settingan 1080p very low tanpa menggunakan "kartu grafis" tambahan dan mendapatkan framerate 30 FPS adalah pencapaian yang luar biasa.

Ketika dicoba memainkan game AAA, Ryzen 3 2200G + Vega 8 masih menunjukkan taringnya. Game merakyat seperti GTA V bisa dilibas dengan mudahnya dengan settingan medium. Apalagi game-game seperti Tekken 7 hingga FIFA 18 yang terlihat enteng. Oh ya, kru KotGa coba mainkan Final Fantasy XV, APU Ryzen tersebut bisa memainkannya dengan settingan low beresolusi 1080p dengan framerate rata-rata 31 FPS yang didapat. Melihat performanya, rasanya Ryzen 3 2200G + Vega 8 bisa menjadi solusi untuk gamer yang ingin merakit PC dengan budget ketat.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru