Feature

Membongkar Rahasia di balik Sosok Merchant Misterius di Resident Evil 4

oleh: VolkanKaya

Jika ada franchise yang pantas untuk dikenang sebagai salah satu seri terbaik dan paling berpengaruh dalam sejarah industri video game, Resident Evil mungkin adalah yang pantas untuk menyandangnya. Pertama kali memulai debutnya sebagai game survival horror dengan konsep yang belum pernah ada sebelumnya, franchise ini sontak membawa nama besar Capcom sebagai developer paling sukses kala itu. Setelah merilis tiga seri dengan konsep gameplay yang sama (sudut pandang kamera fixed dan elemen puzzle solving dominan) Capcom akhirnya membuat sejarah baru lewat seri keempatnya yang sangat melegenda.

Sejak memulai debutnta di tahun 2005 lalu, Resident Evil 4 sudah menjelma menjadi salah satu game third person action sekaligus horror terbaik yang pernah ada. Mulai dari kembalinya Leon sebagai protagonis keren hingga gameplay yang solid, game ini menawarkan banyak perombakan yang disambut dengan positif. Dari sekian banyak keunikan dan daya tarik yang ditawarkan Resident Evil 4, game ini nyatanya masih menyimpan banyak rahasia dan misteri yang belum terbongkar. Salah satu yang paling menarik adalah dari sosok Merchant penjual senjata, yang bisa dibilang adalah salah satu karakter "manusia" yang bisa diajak berinteraksi di game tersebut.

Karena masih menyimpan banyak misteri dibalik topengnya tersebut, pada artikel special kali ini Kru KotGa akan mencoba menyelami sejarah Resident Evil 4 dan mencoba membongkar rahasia dari Merchant ini. Daripada penasaran, yuk! simak rangkumannya di bawah ini.

Baca ini juga :

» Benarkah Kehabisan Ide? Inilah Alasan Capcom Semakin Rajin Membuat Remake!
» Hampir Mustahil? Inilah Alasan Kenapa Resident Evil 4 Tidak Akan Mendapat Remake!
» God Hand, dan Kenapa Gamenya Jadi Korban Pembulian Reviewer di Masa Lalu!
» Melegenda! Inilah Kelebihan Resident Evil 3 Dibandingkan Game Resident Evil Lainnya!
» Trippy! Inilah Game Paling Aneh dan Unik yang Mungkin Belum Pernah Kamu Mainkan!

Peran dari sang merchant

Dalam Resident Evil 4, merchant berperan sebagai penjual senjata dan beragam amunisi yang akan sangat membantumu dalam menghadapi pertempuran berat. Walaupun secara besar dia berperan sebagai "toko," namun merchant adalah salah satu karakter manusia yang bisa diajak berinteraksi. Tidak hanya menawarkan jasa jual beli, dia juga dapat mengupgrade senjata untuk memperkuat daya hancurnya. Berbekal kemampuan berdagang yang handal dan bahkan mendapatkan pengakuan dari Leon, merchant ini pastinya memiliki latar belakang yang menarik. Lalu siapa sebenarnya merchant ini? bagaimana bisa dia mendapat akses persenjataan dan supply berkualitas tinggi di sebuah daerah pedalaman? dan apa motif dia sebenarnya dalam menolong Leon? Langsung simak saja di pembahasan selanjutnya.


Identitas aslinya

Mencari identitas dari sosok merchant ternyata lebih sulit dari yang Kru KotGa kira, karena informasi dalam wiki hanya mencantumkan informasi kalau merchant adalah Ganado (penduduk yang terinfeksi virus Plaga). Dugaan ini memang tidak salah, karena warna mata dan penampilannya memang mengindikasikan kalau dia sudah terinfeksi. Namun uniknya, merchant dapat bertindak sesuai keinginannya dan tidak menganggap orang luar sebagai musuh. Dia juga tidak mengikuti perintah dari pemimpin desa maupun organisasi Los Iluminados, yang semakin menguatkan dugaan kalau merchant bukanlah penduduk asli daerah tersebut dan merupakan orang luar seperti Leon juga. Hal ini juga bisa diketahui dari aksen bahasanya yang berbeda dari orang Spanyol.

Sebagian penduduk desa yang terinfeksi virus juga mendapat akses persenjataan lengkap, yang bisa saja mereka dapatkan dari sang merchant juga. Jika benar, maka tidak akan mengherankan jika dia bekerja untuk kedua belah pihak, asalkan pada akhirnya dia bisa mendapat keuntungan dari bisnisnya. Dugaan lain juga mengatakan kalau merchant adalah utusan dari Albert Wesker agar dia bisa memberikan akses persenjataan kepada Leon, yang nantinya dapat membantu Ada dalam menyelesaikan tugasnya di desa tersebut, yaitu mengamankan sample virus Plaga. Teori ini cukup masuk akal, apalagi mengingat kalau Leon hanya dibekali dengan pistol dan herb untuk berhadapan dengan seluruh penduduk desa yang terinfeksi.


Fakta menarik lain

Mungkin sebagian dari kamu yang memainkan Resident Evil 4 pernah melakukan percobaan dengan menembak sang merchant. Seolah tidak dibatasi dengan hitbox atau sistem semacam "friendly fire," ternyata merchant dalam game ini bisa dibunuh. Sebagai besar dari kamu awalnya pasti panik karena tidak bisa membeli persenjataan dan amunisi lagi, namun ajaibnya merchant tersebut akan kembali muncul di beberapa tempat lain seolah bangit dari kematian. Hal ini kemudian memunculkan spekulasi lain kalau merchant dalam game ini tidak hanya satu orang, melainkan satu organisasi tersendiri.

Cukup masuk akal jika dilihat dari skenarionya, namun bagaimana jika merchant memang terinfeksi virus Plaga dan dapat kembali hidup lagi? Ada banyak kemungkinan yang bisa diambil, namun jika Kru KotGa harus memilih satu, maka dugaan paling masuk akal mungkin adalah motifnya dalam mencari keuntungan. Dia mungkin saja hanyalah merchant senjata yang kebetulan terjebak dalam konflik yang sama dengan Leon, hanya saja dia memutuskan untuk beradaptasi. Misalnya saja seperti bagaimana dia menggunakan kostum layaknya anggota Los Iluminados serta memasang lensa kontak agar terlihat seperti Ganado yang terinfeksi.

Lalu bagaimana menurut pendapatmu sendiri? Apakah kamu punya teori lain mengenai identitas dan rahasia lain dari merchant ikonik ini? Jangan sungkan untuk isi pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ya!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru