Feature

Masih Eksis, Inilah MMORPG Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di PC Ataupun Mobile

Tidak seperti awal merajarelanya warnet-warnet di sekitar awal tahun 2000-an, kala itu dipenuhi dengan berbagai macam game MMORPG seperti Ragnarok, Perfect World, RAN Online, RF Online, serta masih banyak lainnya. Disisi lain, mungkin hanya ada segelentir game shooter yang laris di pasaran kala itu, Counter Strike misalnya.

Namun, sangat berbeda jika dibandingkan dengan zaman sekarang. Saat ini game online untuk perangkat PC didominasi oleh game esports seperti DOTA 2, CSGO, Overwatch, ataupun PlayerUnknown's Battlegrounds yang baru-baru ini sangat booming. Menurunnya minat pemain untuk bermain MMORPG di perangkat PC juga didorong dengan semakin banyaknya developer yang merilis game MMORPG untuk perangkat mobile.

Nah, meski begitu masih banyak MMORPG yang eksis saat ini dengan komunitas yang masih solid. Pada artikel ini kru KotGa akan menyebutkan masing-masing MMORPG terbaik yang bisa kamu mainkan di PC ataupun mobile. Apa saja? Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :

» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
PC

1. Black Desert SEA

Black Desert SEA telah resmi dirilis pada bulan Januari 2018 lalu. Perilisan tersebut tentu sangat disambut baik oleh para gamer Asia Tenggara karena penantian yang cukup lama. Mengejutkannya, Pearl Abyss seperti "menggeber" konten-konten yang sudah ada di server Korea langsung satu per satu dibawa ke server Asia Tenggara ini. Imbasnya, komunitas Black Desert SEA masih terbilang konsisten hingga saat ini.

Tentu saja bukan tanpa alasan. Black Desert SEA bisa dibilang adalah MMORPG yang memiliki mekanisme gameplay yang cukup realistis dengan segudang class yang bisa dicicipi. Apalagi, grafis yang ditawarkan juga menyejukkan mata. Apakah kamu termasuk gamer yang masih asyik memainkannya?

2. TERA Awakening

Ditengah gempuran game-game esports yang menawarkan genre MOBA dan battle-royale, TERA masih cukup diminati. Lantas, apasih yang menjadikan TERA menjadi MMORPG yang masih ramai dimainkan hingga saat ini? Disamping masih banyaknya penggemar MMORPG, ternyata TERA memang menawarkan berbagai mekanisme gameplay yang seru lho Kotakers.

TERA adalah game Action MMORPG asal korea yang dikembangkan oleh BlueHole inc dan En Masse Entertainment. MMORPG ini bisa dimainkan gratis dan menawarkan berbagai fitur yang cukup kompleks untuk dinikmati para pecinta RPG kekinian. Konten PvE dan juga PvP yang dimilikinya terbilang sangat lengkap.

3. Closers

Closers Online sudah beroperasi di negara Korea, Jepang dan Indonesia. Closers Online pertama kali dirilis di Korea Selatan yang tentu saja memiliki update terdepan dibanding versi Jepang atau Indonesia dan bisa dibilang game online masih memiliki basis penggemar di seluruh dunia yang masih sangat aktif, termasuk Indonesia.

Dalam Closers, kamu akan berperan sebagai agen pemerintah bernama UNION, sebuah organisasi dengan tugas untuk menangani kemunculan alien yang terus bermunculan di wilayah New Seoul. Terlepas dari konsep Online RPG, game ini memiliki jalan cerita utama dan setiap karakter yang terasa memorable. Mekanisme gameplay dan fitur juga diracik dengan solid, yang tentunya semakin mendukung pengalaman bermain dengan maksimal.

4. Blade and Soul

Blade and Soul adalah MMORPG yang dikembangkan dan dirilis oleh NCsoft. Game ini berkisah tentang dunia persilatan atau martial-arts bahkan game ini disebut sebagai martial-arts MMORPG karena gameplay yang berbeda dari MMORPG pada umumnya. Saat ini Blade and Soul menjadi salah satu dari MMORPG yang paling banyak dimainkan oleh gamer MMORPG.

5. Final Fantasy XIV

Final Fantasy XIV adalah MMORPG dengan sistem pembayaran "subscription" yang paling digemari setelah World of Warcraft. Meski terbilang mahal, Final Fantasy XIV telah berhasil menembus angka lebih dari 10 juta pemain. Sebuah pencapaian yang cukup fantastis. Final Fantasy XIV saat ini tersedia juga untuk PlayStation 4 selain di PC melalui Steam.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Most Popular Feature
Tidak ada berita terpopuler