Feature

Kembali Mengenang Modern Warfare, Seri Shooter yang Fantastis dan Emosional!

oleh: VolkanKaya

Walaupun posisi Call of Duty saat ini cukup memprihatinkan karena proses milking yang hanya menghasilkan game dengan kualitas standar, setidaknya franchise ini sempat memiliki sepak terjang yang luar biasa berkat beberapa sub serinya. Setelah meracik banyak game shooter dengan tema perang dunia yang sempat menjadi hit besar di era 2000-an, pihak Activision dan Infinity Ward akhirnya mulai beralih ke tema yang lebih kekinian lewat seri Modern Warfare. Sebagai percobaan pertama mereka dalam mengeksplor tema tersebut, Call of Duty 4: Modern Warfare yang merupakan seri pembukanya berhasil menawarkan kualitas fantastis dan berakhir sebagai salah satu game modern terbaik di masanya.

Resepsi luar biasa yang didapatkannya bukan karena game tersebut mengusung nama Call of Duty yang memang memiliki banyak sekali penggemar, namun karena keseluruhan gamenya sendiri memang diracik dengan sangat baik. Mulai dari gameplay shooter yang lebih responsif, jalan cerita dramatis dengan banyak karakter menarik, momen epik yang selalu berhasil memberikan efek kejutan, serta perpaduan kualitas grafis fantastis dan tambahan mode multiplayer yang solid. Semua ini menjadi pondasi utama yang membuat seri pertama Modern Warfare sebagai game Call of Duty terbaik pada saat itu.

Pengembangan gamenya sendiri juga dikerjakan dengan sangat serius, dimana tim developer sampai mengikuti praktik penggunaan senjata api dan situasi perang di Marine Corps Air Ground Combat Center Twentynine Palms, sebuah fasilitas pelatihan yang bertempat di gurun California. Tujuan mereka datang ke fasilitas ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang lebih realistis pada situasi perang di dunia nyata, contohnya seperti bagaimana pemain bisa merasakan efek getaran kuat dari tank Abrams yang menembak dari area sekitar. Tidak hanya itu, tim developer juga mendapatkan banyak pengetahuan baru dari angkatan U.S Marines mengenai situasi nyata saat berada dalam pertempuran, emosi yang dirasakan setiap prajurit, hingga bagaimana reaksi mereka saat dihadapkan pada semua situasi.

Jadi lebih dari sekedar game shooter biasa, Modern Warfare sudah memberikan para pemainnya sebuah potret peperangan nyata yang tidak semua orang bisa rasakan. Kelebihan utama dibalik seri ini juga tidak hanya berfokus pada aspek gameplaynya saja, karena jalan cerita yang dibangun di tiga gamenya meninggalkan sebuah kenangan emosional yang tidak terlupakan di hati para pemain, khususnya saat dihadapkan pada gugurnya rekan di medan pertempuran. Karakter seperti Ghost, Roach, Gaz, Sandman, Captain Price, Soap hingga Yuri tidak hanya ada sebagai pembimbing pemain dalam menyelesaikan misi, mereka ada dalam game-game tersebut sebagai rekan seperjuangan dalam menghentikan krisis besar dan melindungi negaranya.

Baca ini juga :

» 10 Fakta Menarik Soal Final Fantasy VII Remake yang Wajib Kamu Ketahui
» Rekap E3 2019, Inilah Kumpulan Game Terbaik yang Wajib Kamu Nantikan
» Alasan Sebenarnya Kenapa Capcom Terlalu Lama Meninggalkan 'Dino Crisis'
» Gaming Tanpa Batas, Inilah 5 Cara Meningkatkan Performa Wi-Fi ASUS AC
» Banyak yang Keren, Inilah Daftar 10 Game yang Paling Diantisipasi di E3 2019!

Saat situasi dirasa sudah membaik, terkadang momen mengejutkan akan selalu terjadi dan membawa realita pahit dari sebuah peperangan sesungguhnya. Kematian adalah bagian dari takdir yang harus mereka hadapi, karena itulah seri Modern Warfare tidak memberikan kompromi dan memaksa para pemainnya untuk tegar saat dihadapkan pada kematian seorang karakter. Tidak masalah jika salah satu dari mereka adalah karakter favoritmu, karena pada akhirnya mereka pasti akan meninggalkan kesan kuat sebagai rekan sejati. Rela berkorban hingga titik darah penghabisan, inilah motivasi utama yang berusaha seri Modern Warfare tawarkan kepada para pemainnya.

Jika harus membandingkan seri ini dengan beberapa game Call of Duty terbaru yang ada saat ini, sebagian besar dari kamu pasti akan bertanya "Apa yang sebenarnya terjadi dengan Call of Duty?" Franchise yang selalu menyihir para pemainnya dengan campaign fantastis ini memang sudah kehilangan sihirnya setelah Modern Warafre 3. Walaupun ada beberapa game Call of Duty lain yang cukup solid seperti seri Black Ops atau Ghosts, namun kualitas dari Modern Warfare hingga saat ini masih sangat sulit untuk ditandingi.

Rumor mengenai kelanjutan seri keempatnya memang sudah beredar luas sejak tahun lalu, dimana beberapa laporan mengatakan kalau game Call of Duty terbaru tahun ini adalah Modern Warfare 4. Seri ini memang sudah mencapai konklusi ceritanya di Modern Warfare 3 setelah Captain Price berhasil membunuh dalang utama sekaligus teroris besar Makarov, namun siapa tahu saja seri keempatnya ini akan hadir dengan konflik lain yang melibatkan karakter baru serta kembalinya Captain Price. Apapun rencana dari pihak Activision dan Infinity Ward, semoga saja ada harapan agar seri yang luar biasa ini bisa kembali bangkit lagi nantinya.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru