Feature

Lama Tanpa Kabar, Kapan Final Fantasy VII Remake Akan Kembali Diperlihatkan?

oleh: VolkanKaya

Sejak memulai debutnya di tahun 1987, Final Fantasy sudah berkembang menjadi salah satu franchise JRPG terbaik dan terpopuler sepanjang masa. Tidak hanya menawarkan kualitas yang luar biasa di tiap serinya, banyak developer juga berhasil menciptakan sebuah game JRPG fenomenal yang mengambil inspirasi dari Final Fantasy sendiri. Sebuah pencapaian yang luar biasa dan menginspirasi tentunya, apalagi mengingat Final Fantasy dikembangkan sebagai game penyelamat finansial Square Soft yang hampir bangkrut pada waktu itu.

Namun seiring berjalannya waktu, sistem bisnis Square Enix yang lebih mengutamakan keuntungan dan mulai kehilangan bakat terbaiknya juga cukup mengkhawatirkan. Hal ini bisa dilihat jelas pasca hengkangnya Hajime Tabata dari perusahaan tersebut yang akhirnya juga memberikan dampak pada dibatalkannya DLC Final Fantasy XV. Melihat situsasi yang ada sekarang, posisi franchise Final Fantasy memang dibilang sudah tidak sekuat dulu. Namun jika ada satu dobrakan yang dapat membuat franchise ini kembali bangkit dan dapat membawa harapan baru bagi fansnya, maka hal ini bisa saja diwujudkan Lewat Final Fantasy VII Remake.

Saat dimana Final Fantasy VII Remake diumumkan pada tahun 2015 lalu mungkin adalah momen paling besar di industri game selama satu dekade terakhir. Bagaimana tidak? Game yang membawa nama besar Square Enix dan genre JRPG ini adalah mahakarya paling ikonik di masanya. Penantian lama dari para fans yang ingin melihat kebangkitan game ini pada akhirnya terbayarkan, namun Square Enix sayangnya tidak memberikan kepastian jelas akan nasib proyek remake tersebut, apalagi setelah mereka mengakhiri kerjasama dengan CyberConnect 2 dan harus mengulang proses pembuatan gamenya dari awal. Tetsuya Nomura yang bertindak sebagai director tentunya paham akan hal tersebut, dan dia sudah memberikan konfirmasi kalau proses pengembangan gamenya berjalan mulus.

Sesi wawancara akhir tahun bersama majalah Famitsu sempat membawa pesan menarik dari Nomura, dimana dia mendeskripsikan rencananya di tahun 2019 dengan angka "7" dan mengatakan kalau akan ada banyak kejutan baru. Dari komentar ini saja sudah bisa dipastikan kalau Nomura dan timnya mulai serius dalam mengerjakan Final Fantasy VII Remake, apalagi mengingat Kingdom Hearts III akhirnya sudah resmi dirilis. Tidak ketinggalan, Yoshinori Kitase juga sempat memberikan komentarnya kalau para fans bisa mengharapkan ekspektasi besar di tahun 2019. Bermodalkan kepastian ini, sepertinya penantian untuk melihat wujud baru Final Fantasy VII Remake akan segera terjawab.

Baca ini juga :

» Ranking Game 'Call of Duty' dari yang Terburuk Hingga Terbaik!
» Kumpulan Gosip Seputar Game yang Siap Meramaikan Tokyo Game Show 2019
» Nostalgia 7 Game Warnet Jadul yang Bikin Gamers Rela Bolos Sekolah!
» Serba Realistis, Inilah Jajaran Game dengan Grafis Terbaik Saat Ini!
» Banyak yang Hype! Inilah Deretan Game yang Akan Meramaikan Tokyo Game Show 2019!

Mengenai kapan mereka akan memperlihatkan gamenya lagi, belum lama ini Square Enix mengumumkan sebuah event orchestra bernama "Final Fantasy VII: A Symphonic Reunion" yang rencananya akan mereka adakan pada tanggal 9 Juni mendatang di Los Angeles. Jika prediksi para fans dan Kru KotGa benar, maka ada kemungkinan besar kalau Square Enix akan memperlihatkan wujud baru Final Fantasy VII Remake di ajang ini. Ada beberapa poin penting yang mendukung dugaan ini, pertama adalah fakta kalau ini adalah event orchestra pertama yang didedikasikan khusus untuk Final Fantasy VII. Kedua adalah cara sama yang pernah Nomura gunakan untuk mengumumkan informasi mengenai Kingdom Hearts III di event musikal seperti ini. Sementara poin terakhir juga bisa dilihat dari harga tiket eventnya yang mencapai USD 77,77, yang mungkin saja dipatok lebih tinggi karena Square Enix menyiapkan kejutan besar selain pertunjukan orchestra.

Mengingat ajang ini akan diadakan beberapa hari sebelum E3 2019, ada juga tebakan kalau Square Enix akan memperlihatkan teaser baru gamenya di event orchestra yang kemudian disusul dengan video gameplay di panggung E3 mereka. Tentu saja semua ini masih sebatas prediksi, namun jika melihat kepastian dari Nomura dan timnya serta gerak-gerik jelas yang diperlihatkan Square Enix, sudah tidak diragukan memang kalau mereka sudah mulai menyiapkan sebuah kejutan besar bagi para fans yang menantikan Final Fantasy VII Remake.

Final Fantasy VII Remake sendiri saat ini masih dalam tahap pengembangan awal dan belum mendapat kepastian jadwal rilis. Walaupun sudah diumumkan sebagai game ekslusif PlayStation 4, kemungkinan besarnya game ini juga akan dirilis untuk konsol generasi selanjutnya.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru