Feature

Sensasi Gaming Maksimal Tanpa Lag dengan Wireless Router AC

oleh: VolkanKaya

Merakit PC dengan spesifikasi kencang adalah impian bagi sebagian besar gamer karena performanya yang tentu lebih maksimal untuk bermain game. Tapi tahukah kamu jika performa hardware yang mumpuni bukan satu-satunya syarat utama yang perlu diperhatikan? Sekarang ini semakin banyak game yang membutuhkan koneksi secara online. Oleh karena itu, kecepatan dari provider internet hingga perangkat jaringan yang mumpuni seperti wireless router sangatlah berpengaruh untuk mendapatkan akses bermain game online yang stabil.

Umumnya perangkat bawaan dari provider internet masih memadai untuk kebutuhan harian seperti browsing ataupun bermain game casual. Tapi jika kamu ingin meningkatkan performa jaringan untuk pengalaman gaming yang lebih baik, kamu dapat melakukan upgrade perangkat yang disebut sebagai wireless router.

Ketika memilih wireless router, kamu akan banyak menemukan istilah ataupun fitur yang mungkin jarang kamu dengar. Lantas bagaimana cara memilih wireless router yang baik? Sebagai permulaan, kamu dapat melihat generasi wireless router tersebut. Umumnya generasi ini ditentukan dengan kode huruf seperti Wireless G, N, AC, hingga yang terbaru yaitu Wireless AX. Tentunya semakin baru generasi WiFi tersebut, kecepatan yang ditawarkan pun semakin kencang. Pada artikel kali ini, Kru KotGa akan merangkum ulasan lebih dalam mengenai WiFi Generasi ke-5 atau yang dikenal juga dengan sebutan Wireless AC. Jadi daripada penasaran, simak rangkumannya di bawah ini.

*picture courtesy of Broadcom



Memahami Wireless AC (802.11ac) dan Opsi Produk Terbaik

Sekarang kamu memang bisa mendapatkan wireless router dengan teknologi terbaru yang mumpuni seperti Wireless AX. Tetapi kali ini kru KotGa akan membahas teknologi Wireless AC terlebih dahulu. Saat ini, standar Wireless 802.11ac bisa dibilang merupakan salah satu standar terbaik untuk koneksi wireless di pasaran karena dengan hadirnya tambahan frekuensi 5Ghz, 802.11ac menawarkan kecepatan yang kencang hingga 1300Mbps dan juga harga perangkatnya pun sudah semakin terjangkau.

*picture courtesy of Cisco

Selain itu, kamu akan menemukan istilah Dual-Band yang berarti dalam 1 perangkat router terdapat 2 buah jaringan WiFi yaitu 1 jaringan 2.4Ghz dan 1 jaringan 5Ghz ataupun Tri-Band yang memiliki 1 jaringan 2.4Ghz dan 2 jaringan 5Ghz. Jaringan / Band yang semakin banyak ini akan berpengaruh dalam membagi beban jaringan ke perangkat kamu.

Salah satu perusahaan hardware yang memanfaatkan teknologi 802.11ac dengan maksimal adalah ASUS, dimana mereka sudah banyak mengeluarkan serangkaian produk gaming router. Salah satu produk mereka yang paling menarik perhatian adalah ASUS RT-AC5300 yang hadir dengan banyak sekali fitur dan teknologi unggulan. Router gaming ini dikhususkan untuk kebutuhan streaming 4K dan bermain game kompetitif yang menuntut koneksi stabil, dimana kombinasi kecepatan tri-band yang ditawarkannya dapat mencapai 5300Mbps.

Untuk menjamin kecepatan agar tetap stabil, router ini hadir dengan fitur Tri-Band Smart Connect yang dapat memilih secara otomatis antara satu dari tiga band paling cepat yang tersedia untuk tiap perangkat. Kecepatan perangkat, kekuatan sinyal hingga seberapa sibuk tiap-tiap band yang tersedia juga memberikan pengaruh. Lalu bagaimana jika kamu ingin menggunakan RT-AC5300 untuk banyak perangkat? apakah router ini dapat menjaga kecepatan maksimalnya walaupun sudah dibagi ke banyak perangkat tersebut? Jawabannya terletak pada teknologi bernama MU-MIMO yang revolusioner.

MU-MIMO memungkinkan setiap perangkat yang terkoneksi ke router untuk mendapatkan koneksi Wi-Fi yang terdedikasi, jadi kamu tidak perlu khawatir akan menurunnya kecepatan secara tiba-tiba karena ada banyak orang yang menggunakan koneksi dari router yang sama. Perlu diketahui kalau teknologi MU-MIMO di RT-AC5300 adalah tipe multi-user yang dapat terkoneksi ke banyak client secara sekaligus, berbeda tentunya dengan tipe single-user yang memaksa tiap perangkat untuk menunggu transmisi dari router secara bergiliran.

Beberapa fitur tambahan lain seperti anti-virus terintegrasi yang dinamakan AiProtection yang bekerja sama dengan Trend Micro serta Parental Controls adalah tambahan yang tidak kalah penting, karena jaringan berkecepatan tinggi yang stabil juga harus dibarengi dengan keamanan ekstra untuk melindungi privasi. Secara keseluruhan, ASUS berhasil menawarkan produk router gaming yang sempurna lewat RT-AC5300, salah satu rekomendasi terbaik tentunya untuk wireless router kelas AC.

Baca ini juga :

» Terlalu Imba! 7 Orang Ini Dikenal Lihai Menggunakan Hero Dota Andalannya
» Bikin Bulu Kuduk Berdiri, 7 Urban Legends yang Menyeramkan Dalam Video Game
» Banyak RPG Seru! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Anti Mahal! Ini Game Terbaik di Bawah 100 Ribu Pada Steam Autumn Sale 2019
» Sungguhan Terjadi, Ini 7 Game yang Diangkat dari Peristiwa di Dunia Nyata

Kelebihan Router AC Untuk Kebutuhan Gaming

Terlepas dari hadirnya router generasi AX yang lebih maju, kamu masih bisa mendapatkan performa yang dibutuhkan dengan router AC yang saat ini sudah lebih dikhususkan untuk keperluan gaming. Seperti router ASUS RT-AC5300 yang Kru KotGa jelaskan secara singkat di atas, dimana performa serta berbagai fiturnya sudah berada di tingkatan yang lebih maju untuk komputasi dengan tuntutan koneksi super cepat, stabil dan handal dalam menangani koneksi ke banyak perangkat sekaligus.

Jika beberapa tahun lalu banyak perangkat masih belum memanfaatkan semua potensi dari generasi 802.11ac, maka sekarang kamu sudah bisa memilih serangkaian produk router yang tidak hanya memaksimalkan teknologi tersebut, namun juga meningkatkannya dengan mengimplementasikan fitur dan tambahan teknologi lain yang revolusioner. Gaming kompetitif tanpa gangguan atau streaming 4K bersama banyak pengguna sekaligus? Semua ini bukan hambatan berarti bagi router AC.

Nah, itulah rangkuman singkat mengenai router 802.11ac dan bagaimana performanya dalam menangani berbagai aktivitas yang menuntut koneksi super cepat.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru