Feature

Bukti Menguat, Final Fantasy VII Kemungkinan Akan Dirilis Tahun Ini

oleh: VolkanKaya

Dimulainya ajang E3 di tahun 2015 lalu sempat disambut dengan ekspektasi rendah dari sebagian gamer yang tidak sadar, kalau Final Fantasy VII Remake akan menjadi salah satu game besar yang akan diumumkan pada waktu itu. Lebih dari sekedar proyek remake biasa, Final Fantasy VII Remake adalah proyek impian sekaligus kebangkitan dari salah satu game paling bersejarah di industrinya. Setelah memasuki masa vakum selama hampir empat tahun dan sempat dirumorkan mengalami pembatalan produksi, Square Enix akhirnya kembali memperlihatkan Final Fantasy VII Remake di ajang State of Play minggu lalu dengan wujud yang jauh lebih sempurna.

Sembari menantikan informasi lebih lanjut yang rencananya akan dibagikan bulan depan, para fans masih menyimpan satu pertanyaan besar yang ingin segera dijawab yaitu "Kapan game ini akan dirilis?" Jika melihat sistem kerja Square Enix di beberapa proyek mereka sebelumnya mulai dari Final Fantasy XII, XIII, XV hingga Kingdom Hearts III, bisa diprediksi kalau Final Fantasy VII Remake mungkin akan dirilis setelah tahun 2020 mendatang dan dialihkan menjadi game cross-platform dengan "PlayStation 5." Namun tebakan ini bisa disangkal dengan mudah sekarang, karena nyatanya ada banyak bukti yang tidak disadari fans kalau game ini bisa saja akan dirilis tahun ini juga.

Bukti pertama muncul dalam sesi wawancara director Tetsuya Nomura dengan majalah Famitsu di tahun 2017 lalu, dimana dia mengatakan kalau pengembangan Final Fantasy VII Remake (khususnya bagian cutscene) sebenarnya lebih jauh dibandingkan Kingdom Hearts III. Dia kemudian mengatakan kalau pengembangan gamenya harus dipindah ke in-house development agar bisa berjalan lebih lancar, namun informasi lebih lanjut tidak akan dibagikan sampai waktunya tiba. Pada waktu ini Nomura dan timnya di Square Enix memang lebih menaruh fokus pada Kingdom Hearts III dan akan terus mempromosikan gamenya sampai resmi dirilis. Jika mereka memberikan informasi baru soal Final Fantasy VII Remake, maka antusiasme fans hingga fokus developer pastinya akan terpecah.

Nomura dan Yoshinori Kitase bahkan sempat menjelaskan rencana mereka di 2019 melalui wawancara akhir tahun Famitsu, dimana mereka berdua memberikan keyword "Tujuh" dan "yang sudah lama ditunggu." Komentar ini jelas-jelas memberikan sinyal kuat mengenai Final Fantasy VII Remake, dan lebih dari sekedar informasi baru, bisa saja mereka mempersiapkan perilisan gamenya di tahun ini juga. Jika kamu masih ragu, Nomura belum lama ini memberikan komentar baru yang menarik saat trailer Final Fantasy VII Remake diperlihatkan di ajang State of Play. Dia mengatakan kalau hampir semua rencana yang mengarah pada perilisan gamenya sudah siap, dan dia berharap agar fans mau menunggu sedikit lebih lama hingga pengumuman lebih lanjut di bulan Juni nanti.

Fakta kalau Nomura meminta fans untuk menunggu sedikit lebih lama sampai bulan Juni nanti, tentunya memberikan indikasi kuat kalau semua rasa penasaran fans akan terjawab pada saat itu juga. Jika harus mengikuti prediksi, Kru KotGa sangat yakin kalau Square Enix akan berbagi beragam informasi baru sampai puncaknya di E3 2019 dimana mereka akan mengumumkan jadwal rilis gamenya. Sekarang kembali lagi ke pertanyaan awal mengenai kapan gamenya akan dirilis, jawabannya sendiri kemungkinan besar adalah kuartal keempat ini atau lebih spesifiknya pada musim liburan akhir tahun.

Baca ini juga :

» Banyak yang Keren, Inilah Daftar 10 Game yang Paling Diantisipasi di E3 2019!
» Pahami Betul, Inilah Panduan Membeli Router Gaming Sesuai Kantong
» Sensasi Gaming Maksimal Tanpa Lag dengan Wireless Router AC
» Lama Tanpa Kabar, Kapan Final Fantasy VII Remake Akan Kembali Diperlihatkan?
» Salah Satu Seri Terbaik? Inilah Roundup Review Untuk Mortal Kombat 11

Prediksi ini bersumber dari komentar dari CEO Square Enix - Yosuke Matsuda saat pertemuan dengan para investor pada bulan Februari lalu. Matsuda kembali membahas soal target mereka di tahun fiskal 2020 (tepatnya pada bulan Oktober sampai Desember 2019) kalau Square Enix akan mendapatkan rekor pemasukan yang sangat besar. Ekspektasi ini tentunya hanya bisa terjawab dengan peluncuran game raksasa baru, dan satu-satunya game yang bisa dirilis menjelang akhir tahun 2019 hanya Final Fantasy VII Remake dan proyek game Avengers besutan Crystal Dynamics.

Soal mana yang kemungkinan akan dirilis, Matsuda memberikan sedikit bocoran kalau game yang dimaksud nantinya akan menghadirkan beberapa pengumuman atau lead-up yang mengarah ke ajang E3 2019. Pengumuman baru soal Final Fantasy VII Remake di ajang State of Play kemarin sudah jelas-jelas adalah lead-up tersebut, apalagi buktinya juga bisa dilihat dari pesan "More to come in June" yang bisa saja mengarah pada event Final Fantasy VII: A Symphonic Reunion dan dilanjutkan ke E3 2019.

Jika semua bukti ini masih belum kuat, Kru KotGa kebetulan mendapatkan informasi baru dari komunitas serta YouTuber Soldier-1stClass, kalau website resmi Final Fantasy VII Remake sudah mulai menggunakan layanan Incapsula. Bagi kamu yang tidak tahu, Incapsula adalah platform global delivery yang menawarkan sistem keamanan web application, mitigasi DDoS dan masih banyak fitur lainnya. Penggunaan layanan ini sepertinya dipersiapkan Square Enix untuk menampung banyaknya traffic yang akan masuk ke website tersebut (kemungkinan untuk mempersiapkan akses pre-order game atau semacamnya).

Sebenarnya Kru KotGa masih punya banyak bukti pendukung lain seperti bagaimana gamenya akan dirilis dalam format episodik (mirip Final Fantasy XIII) yang tentu mempercepat proses perilisan, hingga PlayStation 4 yang dipastikan masih jadi platform utama gamenya (akan tanggung jika harus merilis gamenya tahun depan, apalagi dengan adanya rumor soal pengumuman PlayStation 5). Kembali lagi, semua ini masih sebatas prediksi dari banyaknya informasi serta bukti yang sudah ada, namun tidak bisa dipungkiri memang kalau kemungkinan gamenya akan rilis tahun ini memang cukup besar.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru