Feature

Pahami Betul, Inilah Panduan Membeli Router Gaming Sesuai Kantong

oleh: VolkanKaya

Menjadi gamer yang mengandalkan PC, konsol hingga smartphone sebagai platform utama, kamu pasti sering menemui rasa ingin yang kuat untuk memaksimalkan pengalaman bermain yang ada, baik itu sekedar mengupgrade hardware atau mendapatkan koneksi internet terbaik saat memainkan game kompetitif. Performa hardware dan provider internet pilihan saja tidak selalu cukup, karena seperti yang sempat Kru KotGa bahas di artikel special sebelumnya, router gaming juga memiliki peranan penting. Jaringan stabil dan berkecepatan tinggi dari sebuah router gaming benar-benar membantu Kru KotGa dalam merasakan pengalaman game kompetitif yang maksimal. Contohnya saat berada dalam pertempuran adu tembak intens dalam sebuah game FPS atau third person seperti PUBG, ping yang stabil membuat respon gerakan menjadi sangat presisi dan anti lag tentunya. Hasilnya? Kamu akan berada dalam kondisi terbaik dalam bermain, setidaknya inilah yang menjamin Kru KotGa untuk mendapatkan Chicken Dinner di banyak pertandingan.

Contoh lain juga bisa diperhatikan saat jika kamu ingin membuat sebuah jaringan yang stabil dan berkecepatan tinggi di Internet Cafe pribadi atau dalam rumah, baik itu untuk kebutuhan streaming, gaming atau download, semua ini tentunya bergantung pada kinerja router yang kamu miliki. Jadi daripada sekedar komponen pelengkap, router memiliki beragam fungsi penting untuk memaksimalkan pengalaman bermain game online. Jika kamu sudah memahaminya, maka yang tersisa hanyalah bagaimana memilih router yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk itu, pada artikel kali ini Kru KotGa sudah merangkum sedikit panduan mengenai cara membeli router gaming yang paling cocok dengan kebutuhan sekaligus kantongmu. Rangkuman lengkapnya bisa langsung kamu simak di bawah ini.


Penjelasan Singkat Mengenai Jenis Wi-Fi

Wi-Fi sendiri pertama kali digunakan secara komersial pada tahun 1999. Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Pastinya kamu pernah mendengar di berbagai spesifikasi laptop atau smartphone yang mendukung spesifikasi 802.11n misalnya. Sekedar informasi untuk kamu, saat ini sudah ada enam generasi Wi-Fi, berikut gambaran jelasnya:

Kiri Asus RT-AC66U B1, kanan Asus RT-AC68U

Saat ini, standarisasi di dunia sudah menggunakan generasi kelima, yaitu 802.11ac yang mampu menghasilkan throughput tinggi pada band 5GHz. Lantas, apa untungnya? Bagi kamu para gamer yang menggunakan provider dengan koneksi ngebut sampai 100Mbps misalnya, dapat benar-benar memaksimalkan kecepatan tersebut melalui jaringan Wi-Fi, tanpa perlu menggunakan kabel LAN.

Baca ini juga :

» Ranking Game 'Call of Duty' dari yang Terburuk Hingga Terbaik!
» 7 Game yang Paling Banyak Ditonton Gamers di Youtube Bulan Agustus 2019
» Khilaf Deh! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Kumpulan Gosip Seputar Game yang Siap Meramaikan Tokyo Game Show 2019
» Anti Analog! Inilah Game MOBA PC yang Masih Eksis di Tengah Eksistensi Versi Mobile

Memilih Jenis Wi-Fi

Sebelum melihat katalog atau terbawa nafsu dengan router gaming yang terlihat keren, kamu terlebih dahulu harus mengetahui cara memilah router yang cocok. Dalam artikel kali ini Kru KotGa berfokus pada router yang dikhususkan untuk kebutuhan gaming, jadi teknologi Wi-Fi, kecepatan, fitur dan harga adalah beberapa kategori yang patut dipertimbangkan. Pertama adalah teknologi Wi-Fi, kategori kali ini diperhitungkan dari generasi untuk teknologi wireless yang digunakan pada router tersebut. Untuk kebutuhan gaming, teknologi 802.11ac adalah standar paling umum yang masih ideal. Tidak hanya memiliki kinerja hingga dua kali lipat dari generasi sebelumnya, 802.11ac hadir dengan beragam fitur inovatif yang masih dapat dirombak kinerjanya lewat produk router gaming keluaran terbaru.

Kecepatan

Selanjutnya adalah kecepatan, untuk yang satu ini kamu harus memperhatikan batas kecepatan wireless tertinggi yang dapat dicapai oleh router. Secara teori beragam perusahaan memang menulis angka yang tidak selalu akurat dengan performa aslinya, namun jika router yang kamu pilih didukung dengan beragam fitur tambahan yang dapat mendukung performanya, maka hal tersebut bisa dijadikan pertimbangan tersendiri. Melihat testimoni atau tes secara langsung adalah opsi yang paling tepat untuk memastikannya, namun setiap orang pasti memiliki pendapat berbeda jika sudah berhubungan dengan kategori ini.

Fitur

Kategori yang satu ini tergantung dari pihak manufacturer, karena biasanya router gaming selalu hadir dengan fitur berbeda untuk setiap brand yang ada. Seperti Asus contohnya, mereka mengandalkan fitur seperti Tri-Band Smart Connect yang efektif dalam memilih jaringan band tercepat, sistem keamanan AiProtection yang sangat handal dengan adanya Trend Micro serta Parental Controls, dan implementasi teknologi MU-MIMO yang memungkinkan semua perangkat untuk mendapatkan koneksi Wi-Fi terdedikasi. Fitur seperti ini juga menjadi nilai jual tersendiri yang patut dipertimbangkan.

Harga

Terakhir sekaligus pertimbangan paling utama pastinya terletak pada harga. Karena router gaming memiliki harga yang tidak murah, kamu harus bisa menentukan apakah ketiga poin yang Kru KotGa sebutkan di atas penting atau tidak. Kamu bisa saja membeli router gaming dengan harga murah, namun penyesalan pasti selalu ada baik itu karena performa yang tidak sesuai ekspektasi atau karena keterbatasan fitur. Jadi pastikan untuk menyesuaikan budget dengan performa router yang kamu idamkan.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru