Feature

ASUS AC66U B1 dan AC68, Gaming Lebih Ngebut dan Stabil dari Router Default ISP!

oleh: VolkanKaya

Halaman 2

TESTING PERFORMA

Untuk mengetahui seberapa tinggi performanya, Kru KotGa sudah melakukan testing koneksi menggunakan ASUS RT-AC66U B1 dan ASUS RT-AC68U saat disandingkan dengan router bawaan Huawei HG8245. Pada pengetesan ini, Kru KotGa menggunakan paket Gamer 150Mbps dari ISP My Republic. Keduanya berjalan di standar kecepatan paket Wi-Fi yang sama dan sudah melalui SpeedTest selama 5 kali. Jarak antara kedua router dengan smartphone juga sama, yaitu berkisar 3 meter dari router tanpa adanya halangan berupa objek maupun tembok. Hasil lebih jelasnya bisa kamu lihat di bawah ini:

TESTING ASUS RT-AC66U B1


TESTING ASUS RT-AC68U

Seperti yang bisa dilihat, performa dari AC66U B1 dan AC68U tidak berbeda jauh, dimana keduanya dapat mencapai kecepatan yang berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan router bawaan. Lebih spesifiknya, pada pengetesan pertama router Huawei hanya mendapatkan rata-rata kecepatan download 15.16Mbps, sementara AC66U B1 berhasil mencapai angka 123.2Mbps. Hal yang sama juga diperlihatkan AC68U yang mendapatkan rata-rata kecepatan download sedikit lebih tinggi yaitu di 125.6Mbps, sementara router Huawei justru mendapatkan hasil yang lebih rendah di 9.49Mbps. Jadi selain tidak dapat menghasilkan kecepatan yang maksimal, router bawaan juga memiliki kualitas jaringan yang tidak selalu konsisten dan dapat menurun drastis pada beberapa skenario.

Hasil ini bahkan masih bisa dimaksimalkan lagi dengan melakukan konfigurasi jaringan AiMesh yang konsisten di berbagai jarak. Ping yang rendah juga membuat pengalaman Kru KotGa saat memainkan game terasa mulus tanpa adanya gangguan berarti, apalagi saat tengah memainkan game kompetitif bergenre FPS atau MOBA yang menuntut tempo pergerakan cepat.


PLUS MINUS ASUS RT-AC66U B1 DAN RT-AC68U

Kedua router ini sama-sama hadir dengan performa yang unggul di kelasnya masing-masing, jadi menentukan kelebihan dan kekurangannya bisa dilihat dari fitur bawaan dan kelebihan teknis lainnya yang dimiliki. Detail lebih jelasnya bisa kamu lihat di bawah ini:

KELEBIHAN

  • Kualitas built-in hardware yang solid
  • Teknologi Wi-Fi AC yang canggih dan jauh lebih superior dari generasi sebelumnya
  • Fitur AiMesh untuk membuat jaringan baru yang saling terkoneksi dan lebih stabil antar router ASUS
  • Kecepatan Wi-Fi AC1750 yang solid (frekuensi 2.4Ghz hingga kecepatan 450Mbps dan 5Ghz hingga 1300Mbps) untuk RT-AC66U B1 dan Wi-Fi AC1900 (frekuensi 2.4Ghz hingga kecepatan 600Mbps dan 5Ghz hingga 1300Mbps) untuk RT-AC68U
  • Fitur AiRadar yang berguna mengoptimalkan sinyal dan stabilitas jaringan
  • Kustomisasi serba mudah dengan ASUS Router App yang juga dibekali akses Parental Control
  • Keamanan jaringan yang maksimal dengan AiProtection
  • Suhu relatif stabil dalam kondisi pemakaian berat sekalipun

KEKURANGAN

  • Opsi konektivitas yang lebih terbatas (AC66U)
  • Performa di frekuensi 2.4Ghz terasa kurang maksimal (AC66U)
  • Hanya ada satu port USB 3.0 (AC68U)

Baca ini juga :

» Tak Termaafkan! Inilah 5 Game Online yang Kehilangan Keseruannya Akibat Cheater Merajalela
» Inilah Deretan Game PC dengan Port Terburuk!
» Mampu Mencuri Perhatian, 7 Game Ini Catatakan Rekor Jumlah Pemain Tertinggi di Steam
» Anti Bosen! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Perang Antar Distributor! 7 Game Ini Pilih Merilis Game di Epic Store Dibandingkan Steam

KESIMPULAN

Walaupun termasuk salah satu peripheral gaming yang dikesampingkan, router terbukti memiliki peranan penting dalam mengatur jalannya koneksi terbaik untuk kebutuhan gaming. Untuk menjawab misi ini, ASUS berhasil memperlihatkan contoh yang sangat baik lewat router RT-AC66U B1 dan RT-AC68U. Performa mumpuni nan stabil, beragam fitur dan teknologi inovatif, hingga harga yang semakin terjangkau. Rasanya hampir tidak ada alasan untuk memalingkan perhatian dari opsi kebutuhan router terbaik.

Jika harus mengikuti kebutuhan, RT-AC66U B1 adalah router generasi AC yang sudah hadir dengan beragam fitur bawaan ASUS yang inovatif seperti AiMesh, AiRadar, AiProtection dan dukungan performa Wi-Fi AC1750 (450Mbps+1300Mbps) yang stabil. Sementara RT-AC68U adalah router yang sedikit lebih superior dari segi performa dengan potensi kecepatan yang solid berkat Wi-Fi AC1900 (600Mbps+1300Mbps) dan juga kualitas antena yang lebih baik, sisanya hanya tinggal menyesuaikan kebutuhan kamu.

Jadi bagi kamu yang tertarik untuk membeli salah satu dari kedua router ini, harga pasaran yang dipatok untuk ASUS RT-AC66U B1 sendiri adalah Rp. 2.199.000, sementara ASUS RT-AC68U berkisar di Rp. 2.899.000. Biaya yang kamu keluarkan sepadan juga dibanding harus langganan internet mahal tapi speednya tidak optimal hanya karena router bawaan kurang memadai.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru