Feature

Gaming Tanpa Batas, Inilah 5 Cara Meningkatkan Performa Wi-Fi ASUS AC

oleh: VolkanKaya

Bagi sebagian orang yang sudah memiliki router gaming khususnya yang sudah mengandalkan teknologi mesh, pasti tidak sedikit dari mereka yang merasa kurang puas dengan performanya yang tidak sesuai ekspektasi. Baik itu karena kecepatan yang tidak konsisten, latency tinggi hingga sinyal yang lemah, berbagai permasalahan ini pastinya tidak akan pernah lepas dari produk router manapun, apalagi jika penggunannya tidak begitu paham dengan cara memaksimalkan kinerjanya secara keseluruhan.

Penjelasan Singkat Mengenai Jenis Wi-Fi

Wi-Fi sendiri pertama kali digunakan secara komersial pada tahun 1999. Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Pastinya kamu pernah mendengar di berbagai spesifikasi laptop atau smartphone yang mendukung spesifikasi 802.11n misalnya. Sekedar informasi untuk kamu, saat ini sudah ada enam generasi Wi-Fi, berikut gambaran jelasnya:

Saat ini, standarisasi di dunia sudah menggunakan generasi kelima, yaitu 802.11ac yang mampu menghasilkan troughput tinggi pada band 5GHz. Lantas, apa untungnya? Bagi kamu para gamer yang menggunakan provider dengan koneksi ngebut sampai 100Mbps misalnya, dapat benar-benar memaksimalkan kecepatan tersebut melalui jaringan Wi-Fi, tanpa perlu menggunakan kabel LAN.

Salah satu brand ternama seperti ASUS, memanfaatkan teknologi mesh dan meningkatkannya menjadi AiMesh yang sekarang sudah diimplementasikan pada sebagian produk router terbaru mereka. AiMesh sendiri adalah teknologi baru yang memanfaatkan semua kelebihan utama dari sistem mesh dan menggabungkannya dengan kemampuan yang sudah dimiliki router ASUS pada umumnya. Jadi memilih AiMesh sebagai solusi untuk mendapatkan performa wireless terbaik adalah pilihan terbaik, namun ada juga beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan performanya.

Untuk itu, pada artikel special kali ini Kru KotGa sudah merangkum lima tips yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan performa AiMesh terbaik. Daripada penasaran, lansung simak saja rangkuman tipsnya di bawah ini.


1. Menentukan Lokasi Strategis Untuk Memasang Router

Tips penting yang seringkali diabaikan oleh para pemilik router selalu terletak pada dimana mereka memposisikan routernya. Meletakannya di posisi paling tinggi untuk mendapatkan sinyal terbaik tidak selalu menjamin adanya kecepatan maksimal, karena router memerlukan posisi yang lebih ideal untuk menjangkau semua perangkat yang terkoneksi dalam jaringannya. Jadi misalkan kamu tinggal dalam sebuah rumah berlantai tiga dan ingin menentukan posisi terbaik untuk router, maka lantai dua adalah opsi yang bisa dipilih. Dengan meletakannya di lantai dua, router dapat menjangkau semua perangkat yang terkoneksi di lantai satu hingga tiga dengan transmisi data yang lebih stabil.


2. Pastikan Untuk Update ke Firmware Terbaru yang Mendukung AiMesh

Jika kamu memiliki router ASUS yang mendukung teknologi AiMesh, kamu bisa langsung menginstall firmware terbaru dan mendapatkan akses untuk membentuk jaringan AiMesh. Kamu bisa melakukannnya dengan mengakses menu konfigurasi router dan memilih opsi pencarian AiMesh node. Jika berhasil menemukan node yang tersedia, kamu bisa membentuk jaringan Wi-Fi mesh yang berpusat pada router utama.

Baca ini juga :

» Weekend Mantap, Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini
» Banyak Game Wibu! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini
» ASUS ROG Zephyrus S GX701GXR, Laptop Gaming Paling Tipis dan Powerfull!
» Seram Abis! Inilah Game Horror Indonesia Terbaik yang Go Internasional!
» Kalahkan Hype Battle-Royale? Inilah Berbagai Game Auto Chess yang Bisa Bikin Ketagihan!

3. Pilih Channel Bandwith Terbaik

Selain mengatur jaringan mesh, menu konfigurasi untuk router ASUS masih memiliki beberapa pengaturan lain yang masih bisa dimanfaatkan untuk menggali potensi performa. Pertama adalah dengan memilih channel bandwith terbaik, yang bisa kamu lakukan dengan mengakses menu Wireless di Advanced Settings. Menentukan mana opsi bandwith terbaik tergantung pada seberapa seberapa sibuk koneksi dari band yang ada. Jika ragu, kamu bisa mencoba setiap opsi yang ada dan melakukan testing kecepatan untuk melihat mana channel bandwith terbaik.


4. Manfaatkan Multi-User MIMO

Tips ini berlaku untuk router yang mendukung Multi-User MIMO, sebuah fitur yang memungkinkan setiap perangkat yang terkoneksi ke router untuk mendapatkan koneksi Wi-Fi yang terdedikasi, jadi kamu tidak perlu khawatir akan menurunnya kecepatan secara tiba-tiba karena ada banyak orang yang menggunakan koneksi dari router yang sama. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa mengaksesnya di menu Wireless dan selanjutnya ke tab Professional.


5. Aktifkan dan Nonaktifkan Beberapa Fitur Spesifik

Tanpa kamu sadari, ada juga konfigurasi fitur yang sebenarnya bisa atau secara langsung memberikan dampak pada perorma router. Untuk fitur yang bisa dimanfaatkan, kamu bisa mengaktifkan WTFast GPN yang berfungsi untuk memilih rute jaringan terbaik saat memainkan sebuah game kompetitif. Selain ampuh dalam mengurangi ping, WTFast juga dapat mengurangi pemborosan paket. Fitur lain yang tidak kalah krusialnya adalah Adaptive QoS. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengatur prioritas jaringan pada aktivitas tertentu, seperti gaming misalnya yang pasti membutuhkan performa ekstra untuk menjamin pengalaman bermain terbaik.

Sementara fitur yang bisa dinonaktifkan untuk ekstra performa adalah DoS protection. Fitur yang bisa diakses melalui menu Firewall ini memiliki fungsi untuk menghindari resiko serangan dari serangan DoS "denial-of-server." Walaupun pengaruhnya cukup penting pada beberapa skenario, fitur ini terlalu memakan banyak performa hardware yang otomatis juga menurunkan kinerja router dan jaringan secara keseluruhan. Apalagi jika kamu memiliki jaringan rumah atau internet cafe yang aman, maka ada lebih banyak alasan untuk menonaktifkan fitur ini.

Nah, itulah lima tips yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan performa router dengan jaringan AiMesh terbaik. Jangan sungkan untuk berbagi testimoni jika beberapa tips ini berhasil membantu.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru