Feature

Tips dan Trik Dongkrat Kinerja Wifi untuk Mendapatkan Jangkauan Terbaiknya!

oleh: Salinolino

Halaman Kedua

Peletakan Router Harus Posisi Strategis

Jika kamu ingin memiliki router dengan jangkauan luas, pertama-tama kamu harus memperhatikan penempatan Router. Untuk mendapatkan hasil maksimal, letakan Router pada posisi di tengah rumah/kantor. Perlu kamu ketahui bahwa kebanyakan orang menaruhnya pada titik terdekat dengan jalur internet masuk atau di belakang kabinet TV agar tidak terlalu banyak kabel menjuntai dan menganggu estetika ruangan. Akan tetapi posisi untuk mendapatkan sinyal terbaik adalah pada tengah ruangan, jauh dari dinding atau partisi yang dapat menghalangi pemancaran sinyal.

Untuk kamu yang tidak bisa memasang di tengah ruangan, kamu juga bisa mencoba memasang Router pada dinding/plafon ruangan dengan posisi antena tegak lurus karena dengan posisi yang lebih tinggi, sinyal router dapat menyebar lebih merata ke seluruh sudut ruangan.

Ganti Antena Terbaru

Untuk orang awam, pasti tidak tahu bahwa antena pada kebanyakan router memiliki kualitas standar. Untuk memaksimalkan kinerja jangkauan Wifi, kamu memerlukan Amplified Antenna yang bisa kamu temui dipasaran. Dengan mengganti antena, niscaya jangkauan Wifi kamu akan semakin membaik tanpa perlu membeli router baru.

Mengotomatisasi Jadwal Reboot

Perlu kamu ketahui bahwa sebagian besar router baru tidak perlu reboot terlalu sering. Namun apabila kamu mengalami koneksi putus tiba-tiba, salah satu menanggulangi hal tersebut bisa dengan cara mereboot agar Router dapat berjalan kembali. Bahkan ketika kamu bertanya kepada costumer service jaringan untuk produsen router terkait, maka bisa dipastikan hal ini merupakan yang pertama yang mereka katakan pada kamu.

Jika kamu ingin menjadwalkan reboot router secara teratur, waktu yang terbaik adalah ketika jaringan benar-benar sedang tidak digunakan, atau saat malam hari ketika kamu sekeluarga sedang tidur.

Baca ini juga :

» Nugas Bisa, Ngegame Apalagi, 7 Laptop Rekomendasi Untuk Sobat Sekolah!
» Biar Gak Bosen, 7 Aktivitas Positif Ala Gamer di Awal Bulan Puasa!
» Laptop Kere Tapi Spek Gahar? Ini Dia 7 Laptop BPJS Terbaik Dibawah 6 Jutaan!
» Dari Rambut RGB hingga Keyboard Khusus Ngetik GG! Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Hape Kentang Nangis! Siksa ROG Phone 5 Wajib Rata Kanan di 10 Game Mobile Paling Berat!

Update firmware router

Langkah ini dapat berdampak pada kinerja router kamu secara signifikan. Untuk mendapatkan update firmware terbaru, kamu bisa langsung mendownloadnya pada situs web produsen router yang kamu gunakan. Selain itu, kamu juga perlu melakukan update secara berkala pada driver yang kamu gunakan baik pada OS Windows, iOS dan lain-lain.

Membeli router kekinian

Jika kamu sudah melaksanakan cara di atas akan tetapi kamu tidak bisa menggunakan router kamu secara maksimal, maka tidak ada cara lain selain mengganti router itu sendiri. Tentunya kamu harus mengganti router kekinian, yang mana router tersebut harus bisa menunjang pemakaian penggunanya. Di sarankan untuk kamu yang ingin mengganti router, kamu dapat memilih router ASUS RT-AC66U.

Router ini merupakan dual-band Wi-Fi router, yang mana kecepatan router tersebut bisa mencapai hingga 1.75Gbps. Selain itu, router ASUS RT-AC66U juga telah dilengkapi dengan kontroler Wi-Fi Broadcom 802.11ac dan bekerja pada 2.4 Ghz dan 5 Ghz. Jaringan pita 5Ghz mendukung sampai dengan 1.4Gbps, melebihi transmidi kabel Gigabit saat ini dan 3X lebih cepat dari 802.11n. Dan intinya adalah router ini dapat menjangkau berbagai sudut ruangan meskipun router ini ditempatkan ditempat yang kurang strategis.

Jadi sekarang kamu tahukan bagaimana cara untuk mendongkrak jaringan Wi-Fi?

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru