Feature

Nyobain CTR: Nitro-Fueled, Remake Luar Biasa yang Bangkitkan Kenangan Lama!

oleh: VolkanKaya

Bagi sebagaian developer, memanfaatkan popularitas franchise adalah salah satu cara untuk menarik lebih banyak fans sekaligus memenuhi minat pasar. Untuk mengejar tujuan ini, biasanya mereka membuat sebuah game spin off dengan genre dan konsep gameplay yang benar-benar berbeda. Dari sekian banyak game spin off yang dirilis hingga era konsol next gen kekinian, mungkin Crash Team Racing adalah contoh terbaik dari kualitas game spin off yang tidak kalah fenomenal dari franchise utamanya.

Setelah sekian lama vakum, seri spin-off ini akhirnya telah kembali lewat game remake terbaru berjudul Crash Team Racing: Nitro-Fueled. Diumumkan di ajang The Game Awards 2018, CTR: Nitro-Fueled adalah remake dari game original CTR yang melegenda di PlayStation 1. Tidak hanya itu, game ini bahkan juga menawarkan serangkaian map dari Crash Nitro Kart yang merupakan game penerusnya di PlayStation 2. Dengan harga yang cukup terjangkau dan ketersediannya di banyak platform (walaupun sementara ini belum ada di PC), game ini sudah menjadi pusat perhatian selama satu minggu terakhir.

Untuk membangkitkan kenangan lama sekaligus menilai seperti apa kualitas gamenya, Kru KotGa sudah mulai memainkan CTR: Nitro-Fueled selama dua hari terakhir. Bagi kamu yang penasaran dengan gamenya sendiri, berikut Kru KotGa sudah merangkum impresinya yang bisa kamu simak di bawah ini.

Baca ini juga :

» Trippy! Inilah Game Paling Aneh dan Unik yang Mungkin Belum Pernah Kamu Mainkan!
» Masih Berpotensi, Inilah 5 Franchise Game Legendaris yang Wajib Dibangkitkan!
» Tidak Perlu Ragu, Inilah Alasan Kenapa Final Fantasy VII Remake Akan Berakhir Sukses!
» Persaingan Sengit, Mana Game yang Akan Memenangkan GOTY 2019?
» Anti Bosan! Inilah Game Single Player yang Bisa Kamu Tamatkan Berkali-kali!

Sangat Klasik Namun Berbeda

Karena termasuk game yang sangat melegenda di masanya dan masih memiliki basis fans hardcore, tugas Beenox dalam meremake game ini tentunya diselimuti tantangan. Meskipun begitu, mereka berhasil menyulap game ini seidentik mungkin dengan seri originalnya, namun tetap menawarkan perubahan visual yang memukau. Saat memainkan beberapa balapan di map awal seperti Crash Cove, Roo's tubes dan Mystery Caves semua terlihat sangat menawan. Tidak hanya dari segi presentasi saja, desain levelnya juga terlihat lebih hidup dan sukses membangkitkan kenangan lama saat Kru KotGa masih sering-seringnya memainkan CTR saat zaman SD.

Sensasi klasik serta modern yang ditawarkannya merupakan perpaduan sempurna, menjadikan game ini sebagai salah satu game remake terbaik yang sudah Kru KotGa cicipi selama beberapa tahun terakhir. Bagi kamu yang mungkin belum sempat memainkan game ini dulunya, CTR: Nitro-Fueled adalah game kart racing yang akan tetap memberikan sebuah pengalaman berkesan.


Mekanisme Balap yang Responsif

Jika game originalnya yang dirilis pada tahun 1999 saja sudah responsif, game ini telah merombak mekanisme balap menjadi jauh lebih nyaman lagi. Mulai dari akselerasi kendaraan hingga gerakan Drift Boost benar-benar terasa solid, membuat pemain veteran CTR pasti akan langsung terbiasa walaupun hanya memainkan satu balapan. Sebenarnya ada sedikit perubahan pada akses ke beberapa shortcut yang terasa lebih sulit untuk dijangkau, namun jika kamu sudah terbiasa dengan kontrol kendaraan dari karakter yang memiliki stats berbeda, maka tidak akan ada jalan yang sulit untuk dijangkau.


Konten Tambahan Menggiurkan

Seperti yang Kru KotGa singgung di atas, CTR: Nitro-Fueled menawarkan konten tambahan berupa lintasan balap dari game Crash Nitro Kart, namun ada juga beberapa konten lain yang menyertai perilisannya. Jadi untuk membuat game ini bisa bertahan lama dan mampu menggaet lebih banyak komunitas baru, pihak developer telah menyertakan mode co-op local serta online. Baik bermain secara tradisional dengan mengundang teman atau berkompetisi melawan pemain dari berbagai wilayah, game ini memberikan kebebasan yang lebih luas. Tidak hanya itu, ada juga segudang item kosmetik untuk mempercantik kendaraan dan karakter yang dimainkan. Kabar baiknya, semua konten ini bisa didapatkan hanya dengan mata uang in-game dari hasil grinding (artinya tidak ada microtransaction!).


Kustomisasi Menarik

Fitur kustomisasi dalam Nitro-Fueled berhasil memberikan dampak yang kuat, dan cukup untuk membuat Kru KotGa tidak mengenali beberapa karakter karena perubahan penampilannya yang drastis. Selain memberikan kamu kesempatan untuk merubah penampilan karakter dengan ragam skin yang unik, kamu juga bisa mendesain kendaraan dengan bagian body, ban, warna dan sticker berbeda yang membuatnya menonjol dari milik pembalap lainnya. Fitur yang sangat cocok tentunya bagi kamu yang ingin memamerkan penampilan karakter dan kendaraan custom saat bermain bersama teman atau secara online.

Nah, itulah rangkuman dari impresi pertama yang Kru KotGa dapatkan setelah memainkan CTR: Nitro-Fueled. Artikel review akan segera menyusul dalam waktu dekat, jadi jangan lupa untuk terus mengikuti website KotakGame. Sementara bagi kamu yang tertarik untuk memainkan gamenya, CTR: Nitro-Fueled sudah resmi dirilis untuk PlayStation 4, Xbox One dan Nintendo Switch.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru