Feature

Istilah Dalam Monitor yang Perlu Kamu Ketahui Demi Kelancaran Bermain Game!

Halaman 2

4. Aspect Ratio

Nah, para gamer pastinya sudah sering melihat kata-kata ini pada settingan sebuah game karena bisa memilih aspect ratio yang diinginkan. Aspect Ratio sendiri mengacu pada proporsi ukuran layar yang mengacu pada tinggi dan lebarnya dengan sebuah perbandingan. Umumnya, saat ini monitor kebanyakan memiliki aspect ratio 16:9 tetapi sudah ada juga yang memiliki 32:9 untuk monitor super lebar yang saat ini semakin populer. Aspect Ratio biasanya tidak terlalu berdampak pada performa, namun bisa disesuaikan dengan preferensi para gamer yang menggunakannya.

5. Display Port

Selain itu, para gamer juga perlu mengetahui display port yang dimiliki oleh sebuah monitor gaming yang akan dibeli. Umumnya, monitor saat ini memiliki port HDMI dan juga DisplayPort, dimana setiap kartu grafis saat ini sudah pasti memilikinya. Selain itu, terdapat juga mini Display Port yang tersedia pada beberapa jajaran notebook terbaru.

6. HDR

Kebanyakan game saat ini, sudah mendukung HDR aka High Dynamic Range. Istilahnya tidak begitu berbeda dalam dunia photograpy. Gunanya HDR adalah untuk memungkinkan sebuah gambar yang dihasilkan akan lebih dinamis dengan kualitas pencahayaan yang jauh lebih luas dan cerah. HDR juga berfungsi untuk membuat warna semakin terlihat nyata dan jelas. Jika monitor gaming sudah mendukung HDR, berarti monitor tersebut sudah cukup canggih.

7. V-Sync, FreeSync, G-Sync

Nah, satu lagi nih yang perlu gamer pahami, yaitu mengenai teknologi V-Sync, FreeSync, dan juga G-Sync. Ketika fitur tersebut memiliki fungsi yang kurang lebih sama, yaitu untuk mencegah terjadinya stuttering, input lag, hingga screen-tearing. Hal tersebut bisa terjadi karena kartu grafis terlalu cepat menghasilkan framerate dan tidak sinkron dengan refresh rate pada monitor, nah gunanya fitur V-Sync, FreeSync, G-Sync adalah untuk mencegahnya. Namun ada beberapa perbedaan, terutama FreeSync dan juga G-Sync.

FreeSync adalah besutan dan digunakan untuk kartu grafis AMD (sekarang juga sudah bisa digunakan di kartu grafis NVIDIA) yang bisa bekerja menggunakan Display Port atau HDMI sekalipun tanpa sebuah modul khusus.

G-Sync adalah besutan dari NVIDIA dimana memiliki fungsi yang kurang lebih sama, yaitu mensinkronisasikan kecepatan kartu grafis dan refresh rate monitor. Namun G-Sync memiliki modul chip yang tertanam dalam sebuah monitor. Karena itu, G-Sync cenderung lebih konsisten dalam mengatasi berbagai masalah lag ataupun tearing. Biasanya monitor yang mendukung akan memiliki tanda "G-Sync Compatible", seperti monitor gaming ASUS misalnya.

Baca ini juga :

» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Biar Gaming Lancar, Inilah 10 Software yang Wajib Para Gamer PC Install!
» Biar Gak Kentang Banget, Inilah 7 Tips Untuk Meningkatkan Performa PC Kamu!
» Gabut Lagi Ngabuburit? Yuk Simak Tips Menjaga Mechanical Keyboard Biar Awet!
» Mending Rakit PC, Inilah 7 Tips Penting Ketika Ingin Merakit Sebuah PC Gaming!
Nah, itulah istilah-istilah dalam spesifikasi monitor yang perlu para gamer ketahui agar tidak asal-asalan dalam memilih sebuah monitor gaming. Dengan adanya artikel ini, semoga kamu tidak salah lagi ya. Karena memilih sebuah monitor canggih adalah salah satu investasi yang layak dilakukan untuk beberapa tahun berikutnya dan kenyaman bermain game kedepannya.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru