Feature

Tetap Ngebut Meski Murah! Inilah Tips Rakit PC Gaming dengan AMD Ryzen 3000

PC adalah sebuah platform gaming yang bisa dibilang multifungsi. Tidak cuma sekedar memainkan game saja, melainkan juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti mendengarkan lagu, nonton film, ataupun mengerjakan pekerjaan sehari-sehari. Hal tersebut mengapa banyak banget PC master race yang berjamuran di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Selain itu, faktor "harga terbaik" untuk performa yang maksimal adalah yang menjadi pertimbangan utama merakit sebuah PC gaming. Hal inilah yang ditawarkan AMD melalui prosesor Ryzen selama beberapa tahun belakangan ini. Yang terbaru? Ryzen 3000, generasi terbaru prosesor miliknya yang memiliki arsitektur 7nm.

Nah, pada artikel ini kru KotGa bakal memberitahukan nih kepada kalian, racikan yang paling pas jika kamu ingin merakit sebuah PC gaming dengan AMD Ryzen 3000. Pada artikel ini kru KotGa anggap kalian sudah memiliki keyboard, monitor, mouse, dan speaker ataupun headset. Tetap ngebut meski murah, inilah rekomendasi rakit PC gaming dengan AMD Ryzen 3000!

Baca ini juga :

» Rekomendasi Komponen Rakit PC Murah Tanpa VGA Versi AMD VS Intel
» Banyak yang Baru! Inilah 7 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Gak Bikin Stress, Inilah 7 Game Mobile yang Paling Gampang Gacha-nya!
» Biar Gaming Lancar, Inilah 10 Software yang Wajib Para Gamer PC Install!
» PC Kentang Auto Nangis, Inilah 10 Game PC dengan Grafis Paling Memukau!
Harganya terbilang cukup terjangkau untuk ukuran sebuah PC gaming dan hanya memerlukan budget sampai IDR 10 juta dan memiliki performa yang cukup memuaskan. Berikut rekomendasi spesifikasinya!

  • Prosesor: AMD Ryzen 5 3600 = IDR 3.199.000
  • Motherboard: ASRock B450M-HDV = IDR 1.070.000
  • GPU: Zotac GeForce GTX 1660 Ti 6GB DDR6 AMP Edition = IDR 4.434.000
  • RAM: ADATA DDR4 XPG GAMMIX D30 PC24000 3000MHz = IDR 1.100.000
  • SSD: Galax SSD Gamer L Series 240GB = IDR 410.000
  • PSU: FSP Hexa+ II 400W = IDR 500.000
  • Casing: Cube Gaming Weiss = IDR 420.000

Total: IDR 11.133.000
Ryzen 5 3600 memiliki 6 core dan 16 thread dengan kecepatan clock speed hingga 4.2Ghz. Salah satu fitur andalan Ryzen 3000 dan menarik perhatian adalah dukungan PCIe Gen4 yang akan membuat kartu grafis akan jauh lebih optimal dan ngebut. Disisi lain, fitur Precision Boost Overdrive dan XFR kemungkinan besar juga disempurnakan oleh pihak AMD. Beberapa motherboard AM4 lawas seperti B350 dan juga X370 dipastikan bisa digunakan untuk Ryzen generasi ketiga tersebut.

Melalui spesifikasi yang dimilikinya, Ryzen 5 3600 tidak hanya cocok untuk digunakan memainkan berbagai game kekinian, tetapi juga bagi para content creator yang cukup intens menggunakan pengolah grafis atau video, agar lebih cepat dalam me-render sebuah gambar ataupun video.

Dapur pacu untuk memainkan game kekinian? Kru KotGa memilih NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti. Kartu grafis terbilang cocok dengan spesifikasi ini dan memiliki performa di atas GTX 1070. Untuk spesifikasinya, GTX 1660 Ti memiliki 1536 CUDA cores dengan memory 6GB GDDR6. Karena harganya yang lebih murah, tentu saja GTX 1660 Ti tidak mendukung real-time ray tracing. Meski begitu, performa tanpa menggunakan fitur RTX tersebut tidak kalah hebatnya dengan RTX 2060.

Untuk urusan penyimpanan, yakali untuk zaman sekarang tidak menggunakan SSD? Segala macam aplikasi dan sistem operasi akan sangat lebih lancar dan optimal juga menggunakan SSD. Untuk sementara, menggunakan 240GB SSD sudah cukup untuk menyimpan sedikit game dan sistem operasi. Sisanya nanti kamu bisa menabung untuk membeli harddisk.

Untuk urusan casing sebenarnya bisa tergantung seleranya pengguna. Namun kru KotGa pribadi merekomendasikan Cube Gaming Weiss karena bentuknya yang terbilang minimalis dan keren. Memang dari segi build quality terlihat meragukan karena harganya yang sangat murah, namun sudah lebih dari cukup untuk PC gaming dengan budget terbatas ini.

Baca ini juga :

» Rekomendasi Komponen Rakit PC Murah Tanpa VGA Versi AMD VS Intel
» Banyak yang Baru! Inilah 7 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Gak Bikin Stress, Inilah 7 Game Mobile yang Paling Gampang Gacha-nya!
» Biar Gaming Lancar, Inilah 10 Software yang Wajib Para Gamer PC Install!
» PC Kentang Auto Nangis, Inilah 10 Game PC dengan Grafis Paling Memukau!
Dengan spesifikasi diatas, kamu bisa memainkan game terkini menggunakan resolusi 1080p yang tentunya dengan settingan rata kanan hampir di semua game kekinian dengan framerate yang memuaskan tentunya.

  • Assassin's Creed Odyssey: High - 74 FPS
  • The Witcher 3: Ultra - 77 FPS
  • Battlefield V: Ultra - 88 FPS
  • Resident Evil 2 Remake: High - 90 FPS
  • Rainbow Six Siege: Very High - 121 FPS

Harga mantap, tidak pakai mahal, mungkin memang adalah kata yang tepat menggambarkan spesifikasi di atas. Meski harganya mencapai IDR 11 juta, performa yang ditawarkan cukup masuk akal dan akan bertahan setidaknya sampai dua atau tiga tahun kedepan jika kamu tidak merencanakan upgrade dalam waktu dekat.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Most Popular Feature
Tidak ada berita terpopuler