Feature

The Warriors, dan Kenapa Game Beat'em Up Ini Sangat Fenomenal di Masanya

Mengadaptasi sebuah film menjadi video game adalah sebuah langkah yang cukup menantang dan tidak biasanya dilakukan oleh developer game. Dikarenakan selain cenderung tidak berhasil memenuhi ekpektasi fans, mengadaptasi film ke dalam format game hanya bisa dilakukan untuk beberapa genre tertentu saja. Menjawab tantangan yang tidak pernah dihadapi banyak developer game ini, Rockstar Toronto akhirnya memutuskan untuk membuat game beat 'em up yang diadaptasi langsung dari film klasik Amerika tahun 1979 berjudul The Warriors.

Sepak terjang Rockstar pada waktu itu sudah berada di tingkat yang solid, dan The Warriors adalah salah satu game yang semakin membuktikan kemampuan mereka dalam meracik game dari berbagai medium, khususnya yang berhubungan dengan tema berat, seperti potret kehidupan geng Amerika di dalamnya. Game ini juga menawarkan berbagai konsep menarik yang jarang ditemui pada game beat 'em up lain di masanya.

Apa sebenarnya yang membuat The Warriors sangat fenomenal dan bahkan diakui sebagai salah satu beat 'em up terbaik di era PS2? Untuk menjawab pertanyaan ini, Kru KotGa sudah merangkum ulasan mengenai pengembangan The Warriors dan juga alasan lain yang mungkin belum kamu ketahui. Jadi, daripada penasaran, langsung simak saja rangkumannya di bawah ini.

Baca ini juga :

» 8 Game PS2 Single Player Yang Paling Kece Dan Wajib Kamu Mainkan!
» Pas Dengar Langsung Tau! 7 Theme Song Game Paling Ikonik Sepanjang Masa!
» Ternyata Beda Banget! Inilah 5 Perubahan Baru yang Ada di Lost Saga Remastered!
» Jadi Pengen Beli! Inilah Deretan Game Next-Gen PS5 yang Wajib Kamu Tunggu!
» Cari Idaman Kamu! Rekomendasi Laptop i7 Kekinian Untuk Gamer di Budget Mulai 13 Jutaan!

Melirik Sejarah The Warriors

Resmi dirilis untuk PlayStation 2 pada tahun 2005, The Warriors adalah game adaptasi film besutan Rockstar yang hadir dengan kualitas tidak terduga. Di sini, kita tidak hanya berbicara soal jalan cerita, gameplay, dan fitur pendukung lainnya, tetapi juga atmosfer yang dibangunnya benar-benar mirip dengan potret kehidupan geng jalanan Amerika pada tahun 70-an. Genre yang diusung adalah beat 'em up yang berfokus pada pertarungan tangan kosong maupun menggunakan senjata tumpul. Walaupun sistem combat tidak begitu spesial, tapi setiap karakter memiliki teknik khusus dan gaya bermain yang berbeda, sehingga kamu tidak akan merasakan pengalaman yang repetitif dan membosankan.

Seperti yang Kru KotGa singgung sebelumnya, jalan cerita pada game ini diadaptasi langsung dari film The Warriors yang pertama kali tayang pada tahun 1979 yang mana kamu berperan sebagai anggota geng The Warriors yang harus bertahan dari konflik besar antar sembilan geng terbesar di New York. Misi utamanya adalah melarikan diri ke markas besar yang bertempat di pulau Coney. Namun untuk sampai ke markas, semua anggota The Warriors harus berhadapan dengan puluhan ribu anggota geng yang mengejar mereka. Dibanding versi film, jalan cerita gamenya sendiri memang dirangkum lebih sederhana agar mekanisme gameplay dapat lebih ditonjolkan.

Sama seperti sekarang, pihak Rockstar mengembangkan The Warriors secara "diam" dan tidak terlalu mendorong promosi gamenya pada kala itu. Dengan bantuan dari beberapa divisi developer lain yang mengerjakan proyek Grand Theft Auto: San Andreas, Manhunt dan Red Dead Revolver, Rockstar dapat berbagi asset dan teknologi yang dimiliki untuk memaksimalkan kualitas tiap game. Jadi, terlepas dari status "game adaptasi film" yang selalu dikatakan sebagai tantangan sulit bagi banyak developer, Rockstar berhasil membuktikan kalau mereka bisa menanganinya dengan professional dan sempurna.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru