Feature

Sengoku Basara, dan Kenapa Franchisenya Jarang Keluar dari Jepang

oleh: VolkanKaya

Halaman 2

Pesaing yang Sudah Terlalu Kuat

Posisi Sengoku Basara di Jepang memang sangat kuat, namun jika Capcom berencana untuk membawanya ke wilayah barat, maka mereka harus bersiap untuk bersaing dengan beberapa franchise musou lain yang lebih populer. Salah satunya tidak lain adalah Dynasty Warriors yang diikuti Samurai Warriors dan Warriors Orochi. Ketiga franchise besutan Omega Force dan Koei Tecmo ini rasanya sudah dianggap sebagai perlambangan genre musou, jadi siapapun gamer barat yang ingin mencicipi game musou, maka ketiga nama inilah yang kemungkinan besar akan mereka incar.

Capcom pastinya sadar akan hal ini, dan mengingat kalau ketiga franchise ini sudah memulai debutnya di pasar barat sejak lebih dari satu dekade lamanya, maka mereka pastinya sangat kesulitan untuk bersaing. Jadi bukan soal kualitas game yang lebih inferior, namun karena sulitnya menarik minat fans baru yang sudah terikat dengan franchise musou yang sudah sangat populer.

Baca ini juga :

» Raja Klasik! Inilah Alasan Kenapa Sengoku Basara Adalah Franchise Musou Terbaik!
» Wajib Main! Inilah Deretan Game Superhero dengan Kualitas dan Ranking Terbaik!
» Langsung Gas! Inilah Game HD Android Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan Offline!
» Wota Garis Keras? Wajib Cobain Deretan Game Mobile Rhythm Ini!
» Sengit, Inilah Ranking Game Resident Evil dari yang Terburuk Hingga Terbaik!

Percobaan Debut di Pasar Barat yang Berakhir Kurang Maksimal

Berkat kesuksesan Sengoku Basara 2 yang membawa potensi besar untuk masa depan franchisenya, Capcom akhirnya cukup berani untuk merilis seri ketiganya yang berjudul Sengoku Basara 3 secara global. Versi barat gamenya sendiri diberi judul Sengoku Basara: Samurai Heroes, dan resepsi yang didapatkannya kali ini jauh lebih positif dibandingkan Devil Kings. Meskipun begitu, Sengoku Basara 3 mencatatkan kesuksesan yang jauh lebih tinggi di pasar Jepang dan mencapai rekor angka penjualan terbaik di serinya pada waktu itu. Jadi walaupun Capcom tidak merilis gamenya secara global sekalipun, mereka masih akan mendapatkan kesuksesan besar darinya.

Tujuan mereka pada saat itu mungkin adalah untuk menarik minat fans baru di wilayah barat, namun sayangnya game ini tidak mendapatkan sambutan yang cukup heboh selain dari kalangan pecinta musou dan fans baru yang tidak sebanyak di Jepang.

Nah, itulah sedikit rangkuman Kru KotGa mengenai alasan kenapa franchise Sengoku Basara jarang keluar dari Jepang. Terlepas dari minimnya kemungkinan kalau game-game terbaru dari franchise ini akan berakhir dirilis secara global lagi, namun siapa tahu saja Capcom memiliki rencana lain yang tidak terduga.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru