Feature

Sengit, Inilah Ranking Game Resident Evil dari yang Terburuk Hingga Terbaik!

oleh: VolkanKaya

Sejak memulai debutnya sebagai salah satu franchise survival horror klasik, Resident Evil telah berhasil melahirkan banyak mahakarya yang mendapat pengakuan sebagai game horror terbaik di pasaran. Kesan horrornya senduiri tidak berfokus pada sosok makhluk halus, melainkan wabah virus dari senjata biologis yang merubah banyak penduduk menjadi zombie dan melahirkan lebih banyak makhluk mutasi lainnya. Mekanisme gameplay yang ditawarkannya sudah mengalami banyak perubahan mulai dari sudut pandang fixed, third person action, hingga akhirnya berubah menjadi first person seperti yang ada di Resident Evil 7.

Dengan banyaknya game yang sudah dirilis sejauh ini, kamu pastinya sempat bertanya-tanya mengenai mana game Resident Evil terbaik dan masih belum bisa dikalahkan kualitasnya. Mentukan game terbaik dari sekian banyak seri yang sudah dirilis sejauh ini memang tidak mudah, namun pada artikel special kali ini Kru KotGa sudah merangkum ranking dari 10 game Resident Evil terbaik hingga terburuk. List ini memang tidak begitu lengkap, karena ada beberapa game Resident Evil yang tidak sempat Kru KotGa tamatkan, termasuk dua seri game Resident Evil Revelations. Daripada basa-basi lagi, langsung saja simak rankingnya di bawah ini.


10. Resident Evil 6

Sumber: Amazon

Posisi terbawah dalam list kali ini sayangnya memang harus diduduki oleh Resident Evil 6. Identitas dan kekuatan utama dari franchise Resident Evil memang selalu terletak pada konsep survival horror yang dominan, namun Resident Evil 6 memutuskan untuk membuang semuanya dan lebih berfokus pada elemen action yang dominan layaknya film blockbuster. Semua zombie dan monster mutasi dalam game ini terlihat tidak mengintimidasi, termasuk ketersediaan sumber daya yang melimpah juga terkesan menghilangkan kesan survival yang ada. Setidaknya game ini masih memiliki keunikan tersendiri pada opsi 4 campaign yang menawarkan karakter playable dan cerita berbeda.


9. Resident Evil 5

Sumber: Microsoft

Hadir sebagai suksesor dari Resident Evil 4 yang berujung dengan kesuksesan besar, ekspektasi akan Resident Evil 5 memang sangat tinggi menjelang perilisannya dulu, namun ekspektasi tersebut sayangnya tidak terjawab dengan maksimal. Daripada menawarkan sebuah pengalaman yang berbeda, Resident Evil 5 terasa lebih "bermain aman" dan berujung tidak seseram atau seintens seri sebelumnya. Ada perombakan tersendiri pada sisi gameplaynya, namun semua aspek lainnya terasa standar dari pengalaman Kru KotGa saat memainkannya. Terlepas dari kekurangan yang ada, Resident Evil 5 masih mencatatkan rekor penjualan tertinggi dibandingkan seri lainnya.

Baca ini juga :

» Perlu Dihidupkan? Inilah 7 Franchise Game Legendaris yang Sudah Lama Mati!
» Benarkah Kehabisan Ide? Inilah Alasan Capcom Semakin Rajin Membuat Remake!
» Mending Nggak Usah Dibuat! Ini 5 Karakter Paling Nggak Guna yang Pernah Ada Dalam Game
» Hampir Mustahil? Inilah Alasan Kenapa Resident Evil 4 Tidak Akan Mendapat Remake!
» Brutal dan Gila! Inilah 7 Game Dimana Karakter Utamanya Adalah Psikopat!

8. Resident Evil 0

Sumber: Wallpaper Abyss

Prekuel dari seri original Resident Evil ini menghadirkan sudut pandang menarik dari kisah Rebecca Chambers dan Billy Coen. Game ini tidak menawarkan banyak revolusi selain dari sistem pergantian karakter yang dinamis, khususnya saat berusaha memecahkan puzzle. Jalan ceritanya adalah pondasi yang cukup solid, namun eksekusinya terasa kurang maksimal dan berakhir meninggalkan impresi yang kurang mengena.


7. Resident Evil 2

Sumber: Polygon

Terlepas dari resepsi positif dan diakui sebagai salah satu game Resident Evil terbaik, Kru KotGa sayangnya tidak mendapati sesuatu yang benar-benar spesial dari Resident Evil 2. Game ini memang terasa seperti sekual yang pantas dan menjadi debut pertama dari dua karakter Resident Evil yang sangat ikonik (Leon dan Claire). Selain dari opsi dual campaign dengan kesan replayability yang tinggi, Resident Evil 2 masih memberikan pengalaman yang cukup serupa dengan seri sebelumnya.


6. Resident Evil: Code Veronica

Sumber: Gamingbolt

Code Veronica adalah sekuel sesungguhnya dari Resident Evil 2 yang masih tidak banyak diketahui oleh gamer. Faktornya sendiri terletak pada ketersediaan gamenya secara eksklusif di platform Sega Dreamcast, namun Kru KotGa cukup beruntung bisa memainkan port versi PS2-nya di masa kecil dulu. Gamenya kali ini membintangi Claire sebagai karakter utama, dimana dia masih berusaha mencari keberadaan kakaknya, Chrsi Redfield di pusat penelitian Umbrella di Paris. Game ini menawarkan banyak perombakan signifikan mulai dari 3D environment dan sudut pandang kamera yang lebih dinamis, termasuk jalan cerita solid yang dipenuhi momen memorable.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru