Feature

Raja Klasik! Inilah Alasan Kenapa Sengoku Basara Adalah Franchise Musou Terbaik!

oleh: VolkanKaya

Halaman 2

Gameplay

Sengoku Basara memang sudah diadaptasi ke beberapa game dengan mekanisme gameplay berbeda seperti 2D fighting dan RPG, namun untuk poin kali ini Kru KotGa hanya akan membahas soal genre utamanya yaitu Musou. Berawal dari seri pertamanya yang diberi nama Devils King, franchise ini sebenarnya sudah menawarkan pondasi yang solid untuk sebuah game musou klasik. Roster karakternya yang unik tidak hanya didominasi dari desain dan pembawaan sifat, namun juga senjata hingga gaya pertarungan mereka yang benar-benar berbeda antara satu sama lain.


Sumber: Neoseeker.com

Sayangnya Devils King dipasarkan sebagai game yang terasa seperti rip-off dari Devil May Cry, apalagi lokalisasi veri bahasa inggrisnya juga berantakan dan mengundang resepsi negatif pada saat itu. Namun untungnya franchise ini berhasil bangkit lewat seri keduanya yang sukses besar dan bahkan membawa tren "Sengoku Boom" di seluruh penjuru Jepang. Mulai dari game keduanya saja, Basara sudah menawarkan gameplay musou dengan kontrol responsif, moveset yang penuh aksi keren dan mudah dipelajari, desain map yang sederhana dan efektif, hingga tingkat kesulitan yang stabil.

Baca ini juga :

» Modal Kantong Tipis! Ini Rekomendasi Laptop Mulai dari 5 Juta Untuk Main Game!
» Terus Berjaya! Inilah Evolusi Franchise God of War dari Masa ke Masa!
» Wajib Main! Inilah 10 Rekomendasi Game PS4 Terbaik Untuk Gamer Pendatang Baru!
» Tetap di Rumah! Inilah Toko Game PlayStation di Indonesia yang Juga Berjualan Online!
» Terlalu Eksis, Inilah Alasan Kenapa PS5 Lebih Membawa Sensasi Dibanding Konsol Lainnya!

Media Adaptasi

Game bukan satu-satunya media yang membuat nama Basara dikenal luas di banyak kalangan fans, karena franchise ini sudah diadaptasi ke berbagai media lainnya seperti seri anime seasonal dan film, seri majalah, manga, stage play hingga drama CD. Salah satu media lain yang paling dikenal luas sudah pasti adalah seri animenya di tahun 2009 lalu. Dikembangkan oleh Production I.G, seri animenya menghadirkan semua karakter ikonik dari franchisenya termasuk Katakura Kojuro yang baru muncul di seri Sengoku Basara 2 HEROES.


Sumber: Official Production I.G

Adaptasi anime ini berbuah kesuksesan berkat kualitas animasi hingga cerita yang solid, membuat sebagian pecinta anime yang sebelumnya tidak mengenal franchise ini langsung merasa jatuh cinta. Jika dibandingkan dengan franchise musou lainnya, adaptasi media yang sukses seperti ini memang termasuk keunggulan tersendiri yang menempatkan Basara di posisi lebih tinggi.

Nah, itulah bahasan Kru KotGa mengenai alasan kenapa Sengoku Basara adalah franchise musou terbaik. Tentu saja ini semua hanyalah pendapat pribadi dari pengalaman Kru KotGa setelah memainkan berbagai macam game musou, jadi jika kamu memiliki pendapat berbeda jangan sungkan untuk isi pada kolom komentar di bawah ini ya!

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru