Feature

Raja Klasik! Inilah Alasan Kenapa Sengoku Basara Adalah Franchise Musou Terbaik!

oleh: VolkanKaya

Perkembangan genre musou memang tidak lepas dari peran franchise Dynasty Warriors andalan Koei Tecmo. Setelah menghadirkan 9 seri utama dan beberapa proyek kolaborasi dengan Samurai Warriors, popularitasnya terus melonjak dan menjadi franchise favorit dalam waktu singkat. Walaupun posisinya cukup kokoh, bukan berarti tidak ada pesaing yang bisa mengunggulinya. Kebanyakan developer memang hanya menggunakan genre musou sebagai eksperimen dan bukannya fokus utama, tapi Capcom justru menawarkan sebuah franchise game musou fenomenal lewat seri Sengoku Basara.

Jika berbicara soal kualitas gameplay dan jalan cerita, Kru KotGa harus mengakui kalau Sengoku Basara sebenarnya lebih baik dari Dynasty Warriors (setiap orang pastinya memiliki kesan berbeda). Namun terlepas dari kualitasnya yang solid dan bisa setara dan bahkan mengungguli Dynasty Warriors, sayangnya franchise ini tidak mendapatkan pengakuan secara universal. Salah satu alasan terkuatnya sendiri karena Capcom jarang merilis seri gamenya untuk wilayah barat, dan lebih memprioritaskan audiensnya di pasar Jepang.

Hal ini memang sangat disayangkan karena Sengoku Basara sebenarnya memiliki peluang untuk bersaing sengit, apalagi mengingat kualitasnya yang lebih unggul dibanding sebagian besar franchise musou yang ada di pasaran saat ini. Untuk itu, pada artikel special kali ini Kru KotGa akan membahas lebih lanjut mengenai alasan kenapa Sengoku Basara adalah franchise musou terbaik. Daripada penasaran, langsung saja simak rangkumannya di bawah ini.

Baca ini juga :

» Persaingan Sengit, Mana Game yang Akan Memenangkan GOTY 2019?
» Anti Bosan! Inilah Game Single Player yang Bisa Kamu Tamatkan Berkali-kali!
» Persaingan Antar Petani! Ini Ranking Game Harvest Moon dari yang Terburuk hingga Terbaik!
» Wajib Main! Inilah Deretan Game Superhero dengan Kualitas dan Ranking Terbaik!
» Langsung Gas! Inilah Game HD Android Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan Offline!

Lore dan Karakter

Sengoku Basara mengambil setting di era kuno Jepang yang pada saat itu dipenuhi dengan peperangan bersejarah dan melibatkan tokoh pahlawan ikonik. Sama seperti Dynasty Warriors, tokoh-tokoh ini kemudian diadaptasi ke dalam game dengan wujud dan pembawaan karakter uniknya sendiri. Penyampaian cerita dari sisi lorenya memang tidak begitu dalam, karena Basara selalu memiliki cerita dengan lingkup yang personal dan menempatkan beberapa karakter dalam spotlight khusus. Tentu saja setiap game musou memiliki struktur cerita yang tidak berbeda jauh, namun keunggulan Basara terletak pada sisi originalitas karakternya.


Sumber: Minitokyo.net

Jadi walaupun setiap karakter adalah representasi dari tokoh ikonik di dunia nyata seperti Masamune Date dan Yukimura Sanada, namun Capcom berhasil menyuntikkan desain yang tidak biasa dan pembawaan sifat yang membuat karakter-karakter ini terasa lebih unik. Ada semacam elemen yang lebih "fantasi" dan membuat franchise ini terasa seperti anime, sesuatu yang kemudian memang direalisasikan lewat proyek anime besutan Production I.G. Melalui franchise ini, intinya Capcom telah berhasil menawarkan sebuah adaptasi cerita sejarah Jepang dalam bentuk media yang mudah dicerna oleh banyak kalangan, terutama gamer.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru