Feature

Sungguhan Terjadi, Ini 7 Game yang Diangkat dari Peristiwa di Dunia Nyata

oleh: Reza Alif

Halaman 2

4. 1979 Revolution: Black Friday

1979 Revolution: Black Friday, latar belakang kisah dari game ini adalah peristiwa yang terjadi ditengah-tengah Revolusi Iran melawan Dinasti Pahlavi pada tahun tersebut. Disini pemain akan bertindak sebagai seorang fotografer jurnalis yang nantinya akan terlibat dengan peristiwa dibalik revolusi tersebut secara langsung.

Meski kisah dalam game tentu saja adalah sebuah fiksi, namun di dalam game nantinya akan terdapat beberapa dokumen, foto, video, serta suatu keadaan yang benar-benar terjadi pada Revolusi Iran saat itu.

Baca ini juga :

» Rekomendasi Build Baizhu di Genshin Impact versi 3.6
» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Gak Nyangka Demen Ngegame! 7 Game Favorit Raditya Dika!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Indopride! Ini Dia 7 Game Yang Berhasil Membanggakan Indonesia!
5. The Saboteur

Masih dari soal politik dan peperangan, kali ini ada The Saboteur buatan Pandemic Studio. Game ini mengambil latar kisah dari sejarah Perang Dunia II. Berlatar di Perancis yang tengah dijajah oleh Jerman pada saat itu, kamu akan menjadi Sean Devlin, seorang montir mobil yang akan membantu rakyat Perancis melakukan perlawanan terhadap Nazi.

Nah kisah Sean ini sendiri terinspirasi dari kisah tokoh nyata bernama William Grover, seorang pembalap Grand Prix campuran Inggris dan Perancis. Saat kejadian penjajahan ini, William pun mengungsi ke Inggris. Setelahnya ia pun kembali ke Perancis, ditugaskan untuk menjadi mata-mata, sayangnya tak seperti Sean, William harus meninggal dalam tugasnya.

6. Velvet Assassin

Velvet Assassin adalah game Stealth Action yang berkisah pada kehidupan Violette Summer, seorang mata-mata inggris yang bertugas untuk menghancurkan para pasukan Nazi, langsung kepada para petingginya.

Peristiwa nyata dibalik game ini adalah, kisah yang sama, yaitu Violette Szabo, seorang mata-mata yang bertugas untuk menyelidiki para Nazi. Sayang Violette yang asli pada kisahnya, ia tertangkap oleh tentara Jerman, disiksa dan akhirnya dideportasi ke kamp konsentrasi Ravensbruck, di mana ia akhirnya meninggal di tempat tersebut.

7. Dynasty Warriors

Pastinya hampir semua rata-rata para gamer pernah memainkan game yang sangat terkenal ini, yaitu seri Dynasty Warriors. Game ini pada masanya sangat disukai, karena menampilkan para ksatria perang yang sangat hebat.

Nah, Dynasty Warriors ini, sejatinya diambil dari kisah novel Romance of the Three Kingdoms, di mana pada novel tersebut benar-benar merinci segala kejadian, peristiwa, serta kisah yang terjadi di dataran Tiongkok antara abad 2 dan 3 Masehi, ketika beberapa suku yang bertikai berjuang untuk menyatukan Tiongkok kala itu.

Itulah 7 game yang dibuat berdasarkan kisah nyata. Pada faktanya, kisah yang ada di dunia nyata ternyata dapat kita cermati lebih dalam saat ia dibuat dalam game, bahkan kita dapat belajar sejarah tertentu, karena pada game, ibarat kita terlibat langsung pada sejarah tersebut.

KotakGame

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru