Feature

Benarkah Kehabisan Ide? Inilah Alasan Capcom Semakin Rajin Membuat Remake!

Halaman 2

Hanya Satu Game dari Franchise Resident Evil yang Benar-benar Mendapat Remake

Capcom (setidaknya dari yang Kru KotGa ketahui) sejauh ini hanya memiliki satu game remake saja yaitu seri pertama Resident Evil untuk Gamecube. "Loh, lalu bagaimana dengan Resident Evil 2?" Walaupun gamenya bisa dikategorikan sebagai remake, namun game ini lebih cocok disebut sebagai "reimagine" yang artinya mereka ulang gamenya dengan konsep yang benar-benar berbeda, namun dengan pondasi yang sama dengan seri originalnya. Jika Resident Evil 2 adalah remake, maka kamu mungkin akan berhadapan dengan skenario cerita hingga gameplay yang benar-benar mirip, tapi nyatanya kita mendapat banyak sekali perubahan signifikan termasuk gameplay yang dirubah menjadi third-person action.

Berkat kesuksesan besar yang berhasil dicapai Resident Evil 2 baik dari segi resepsi hingga angka penjualan, tidak heran kalau Capcom mungkin akan melakukan percobaan yang sama untuk franchise lain. Dino Crisis adalah kandidat terkuat karena selain belum pernah mendapatkan rilis ulang baik dalam versi remaster maupun port biasa, Capcom juga sempat mengutarakan ketertarikan mereka dalam menghidupkan kembali franchise ini jika banyak fans memang menginginkannya.

Baca ini juga :

» Hadoken!!! Inilah 7 Jurus Paling Legendaris di Game Street Fighter!
» Gak Cuma Keren, Ini Berbagai Keuntungan Ketika Mendapatkan Karakter Street Fighter
» Gempar! Ryu Ken & Karakter Street Fighter V: Champion Edition lainnya Menyerang Dunia Summoners War!
» Intip Semua Jurusnya! Com2uS Hadirkan Karakter [Street Fighter V: Champion Edition] di Summoners War
» Penggemar Konsol Wajib Tahu! 7 Cara Mudah Mendapatkan PS4 di Tahun 2020

Pengecualian Untuk Resident Evil 2 dan Resident Evil 3

Untuk poin yang satu ini Kru KotGa kutip dari atikel fitur sebelumnya yang bisa kamu baca DI SINI. Jadi Resident Evil 2 dan Resident Evil 3 adalah sebenarnya game yang berhak mendapatkan prioritas untuk kembali dibangkitkan dibanding seri manapun. Wacana mengembangkan remake untuk Resident Evil 2 bahkan sudah ada sejak tahun 2002 lalu, tapi produksinya tidak pernah terealisasi karena pada waktu itu sang kreator Shinji Mikami masih disibukkan dengan pengembangan Resident Evil 4. Rencana ini akhirnya berhasil terealisasi di tahun 2015 lalu sebelum akhirnya game tersebut diumumkan di ajang E3 2018 tahun lalu.

Tentu saja sejak Resident Evil 2 dikabarkan mendapat remake, banyak fans sudah memprediksi kalau mereka sebenarnya juga merencanakan hal yang sama untuk Resident Evil 3 namun mengalihkan produksinya ke divisi tim berbeda. Benar saja, prediksi dan rumor soal Resident Evil 3 akhirnya terjawab setelah artwork promosi untuk gamenya telah bocor di PlayStation Store, mengindikasikan kalau gamenya akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Selain karena belum pernah mendapatkan rilis ulang atau versi remaster dalam waktu yang lama, alasan kenapa Resident Evil 2 dan 3 mendapat remake sendiri karena kedua game ini berbagi setting serta konflik cerita yang saling berkaitan, jadi mengembangkan remake untuk salah satu gamenya saja tentu adalah keputusan yang aneh atau kurang rasional.

Nah, itulah sedikit rangkuman mengenai alasan kenapa Capcom semakin rajin dalam membuat remake. Walaupun alasan dari keputusan Capcom sudah semakin terlihat jelas, namun apakah kamu tidak keberatan jika mereka bisa mengembangkan lebih banyak remake untuk game-game lawas lainnya? Ayo jangan sungkan untuk berikan opini kamu pada kolom komentar di bawah ini ya!

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru