Feature

Tips Lancar Main Black Desert Mobile di HP Kentang

Halaman 2

3. Minimkan Settingan Grafis

Ini adalah cara klasik untuk memainkan game berat apapun. Pada settingan grafis Black Desert Mobile, kamu bisa secara cepat memiliki settingan performa untuk mendapatkan framerate yang lebih baik. Berbagai efek hingga resolusi dan tekstur akan memiliki kualitas low dan framerate hanya terbatas sampai 20 saja. Settingan ini tidak memikat dan bisa kamu atur sesuka hati tergantung kenyamanan bermain. Yang kru KotGa sayangkan, framerate 60 FPS saat ini masih belum dibuka.

4. Factory reset, install Black Desert Mobile

Ya, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Black Desert Mobile memiliki ukuran file yang cukup merepotkan dan bisa membengkak hingga hampir 4GB. Sebuah angka yang sangat besar untuk sebuah smartphone low-end yang rata-rata hanya memiliki memori internal 16GB atau bahkan 8GB, padahal jika dipikir-pikir prosesor dan GPU yang dimiliki cukup kuat untuk memainkannya.

Maka dari itu, kru KotGa merekomendasikan kamu untuk melakukan Factory reset untuk mengosongkan semuanya, termasuk file-file foto/video dan terutama data hingga cache aplikasi yang membengkak. Ketika selesai Factory reset, utamakan install Black Desert Mobile terlebih dahulu, setelah itu baru silahkan install aplikasi lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

5. Gunakan Custom ROM

Salah satu cara ampuh mengkostumisasi Android agar lebih lancar memainkan game salah satunya dengan menggunakan Custom ROM. ROM pada Android biasanya berisi sistem operasi dan beberapa fitur tambahan yang diberikan oleh vendor, namun sayangnya tak semua fitur tersebut dipakai oleh pengguna Android yang justru malah membuat performa Android semakin lama semakin menurun. Dengan memakai Custom ROM yang kebanyakan berbasis AOSP atau Android original bisa meningkatkan performa Android dan menghapuskan berbagi fitur hingga aplikasi yang tidak penting.

Hanya saja, cara ini hanya bisa dilakukan oleh gamer yang sudah paham betul bagaimana mengoprek Android dan tidak dianjurkan untuk para awam, karena akan berdampak beberapa resiko mulai dari dari softbrick (bootloop) atau apesnya bisa kena hardbrick (mati total). Jadi, pikir-pikir lagi ya.

Baca ini juga :

» Popularitas Tanpa Batas! Deretan Game yang Lakukan Event Kolaborasi dengan Demon Slayer!
» Bikin Betah! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Hero Hybrid Dengan Combo Skill Sadis! Ini Tips Jago Menggunakan Taskmaster di MARVEL SUPER WAR
» Beda dengan Genshin Impact! Ini Dia 7 Fitur Keren yang Ditawarkan Shining Beyond!
» Banyak yang Bagus! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
Nah, itulah tips ampuh lancar main 'Black Desert Mobile' di HP kentang. Meski efek yang didapat tidak sesignifikan jika mengganti smartphone baru, setidaknya kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Jika kamu memiliki tips tambahan, jangan ragu untuk menyebutkannya di kolom komentar ya!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru