Feature

7 Promosi Penjualan Konsol dan Game Paling Aneh di Dunia

oleh: Rezaalif
Tahun ini kita dikejutkan dengan penjualan game Death Stranding edisi khusus yang menjual BB yang berbentuk seperti bayi yang berada dalam tabung. Bahkan Hideo Kojima sang pembuat game, sempat di tahan di salah satu bandara karena kedapatan membawa BB yang dikira oleh pegawai bandara bahwa itu adalah bayi sungguhan.

Namun, bukan kali ini saja promosi sebuah produk game menggunakan cara-cara yang unik dan bahkan kontroversial. Nyatanya, promosi seperti ini seringkali membuat produk menjadi terkenal dalam waktu singkat. Kali ini kru KotGa akan membahas 7 promosi penjualan konsol dan game paling aneh di dunia.

Berikut ulasannya.

Baca ini juga :

» Menuai Pro dan Kontra! Ini 7 Game Paling Kontroversial yang Pernah Dibuat
» Weekend Telah Tiba! 7 Game yang Bisa Dimainkan Bareng Keluarga di Rumah
» Bikin Rugi! Ini 5 Game Yang Justru Menghancurkan Reputasi Pembuatnya
» Auto Halu! Inilah 10 Anime Isekai Terbaik yang Wajib Wibu Tonton
» Bikin Parno Pas Lagi Main! Ini 7 Lokasi Terseram yang Pernah Muncul di Dalam Game
1. Kebut-kebutan untuk game Burnout 2


Sumber: Listverse

Promosi game kali ini adalah salah satu yang paling berbahaya dari yang pernah ada, pasalnya Acclaim selaku pembuat game melakukan kampanye bahwa mereka akan membayar seluruh denda tilang karena mengebut pada hari perilisan game Burnout 2. Promosi ini pun dianggap sebuah kelalaian yang berujung kriminal.

Burnout 2 sendiri memang terjual dengan sangat laku di pasaran, namun bukan karena viralnya promosi marketing ini, melainkan karena memang gamenya dibuat dengan sangat baik, bahkan pemain beranggapan bahwa promosi konyol tersebut tidak perlu dilakukan, mengingat game yang mereka buat sudah sangat bagus.

2. Iklan Life Is Short dari Xbox

Saat pertama kali merilis Xbox, Microsoft adalah seorang pemula di industri game. Dengan kenyataan bahwa mereka akan melawan konsol kawakan buatan Sony, yaitu PlayStation 2, mereka harus memutar otak untuk memasarkannya dengan cara yang menarik.

Ini pun terjadi di pasar Inggris, di mana Microsoft menghadirkan sebuah iklan yang cukup kontroversial demi memasarkan konsol mereka serta tagline dari Xbox ‘Life Is Short, Play More’. Iklan ini bercerita tentang seorang ibu yang melahirkan dan bayinya melesat dari gedung operasi dan terbang dengan terus berkembang menjadi anak-anak, remaja, dewasa, tua dan akhirnya jatuh ke dalam liang kubur. Iklan ini pun dengan segera mendapatkan banyak keluhan dari publik, untungnya ini tidak mengganggu penjualan Xbox.

3. Serangan iklan dari Sega untuk Nintendo


Sumber: Listverse

Perang konsol 16-bit pada dahulu kala memang sangat intens, mengingat Nintendo pada saat itu adalah raja dari penjualan di seluruh dunia untuk konsol tersebut. SEGA sebagai rival utama dari Nintendo pada saat itu pun melakukan promosi yang cukup agresif dengan iklan yang ofensif. Tertulis pada iklan tersebut kalimat, “Genesis Does What Nintendon’t”.

Iklan ini menampilkan keunggulan dari Sega Genesis dibandingkan dengan konsol SNES, tentunya dengan beberapa gimmick yang membuat Nintendo seakan begitu tertinggal dari SEGA Genesis. Namun, pada akhirnya SEGA tetap kalah perang penjualan dengan Nintendo, meski karena hal itu SEGA berhasil menempatkan dirinya di pasar Amerika Serikat dengan penjualan yang cukup aman.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru