Feature

Menguak Alasan Sebenarnya Kenapa Banyak Game Kena Tunda Rilis di 2020!

Halaman 2

Penyesuaian Jadwal Rilis yang Lebih Aman

Melanjutkan keluhan Kru KotGa di poin sebelumnya, mengenai alasan kenapa developer tidak menambah ekstra waktu untuk memoles kualitas game mereka sebelum mengumumkan tanggal rilis, mungkin jawabannya terletak pada penyesuaian tanggal rilis yang dirasa paling aman. Walaupun terkesan sepele, merilis game di waktu atau jadwal yang tepat adalah salah satu keputusan krusial untuk menarik perhatian gamer. Sekarang bayangkan saja jika ada game yang lebih kecil dirilis di bulan yang sama dengan game-game raksasa lainnya, maka game kecil tersebut akan kesulitan bersaing dan tidak berhasil mencapai target penjualan. Ada juga resiko dimana gamer yang awalnya ingin membeli game tersebut menjadi lupa karena pada bulan rilisnya dia malah tertarik dengan produk lain.

Baca ini juga :

» Dijamin Betah Main! Inilah Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Perfect World Mobile!
» Ternyata Beda Banget! Inilah 5 Perubahan Baru yang Ada di Lost Saga Remastered!
» Jadi Pengen Beli! Inilah Deretan Game Next-Gen PS5 yang Wajib Kamu Tunggu!
» Cari Idaman Kamu! Rekomendasi Laptop i7 Kekinian Untuk Gamer di Budget Mulai 13 Jutaan!
» Mulai Budget 4 Jutaan Aja! Rekomendasi Laptop Murah Untuk Main Game Kekinian!

Demi Persaingan

Poin yang satu ini bisa dibilang adalah konklusi yang berusaha Kru KotGa gabungkan dari dua poin sebelumnya. Jadi memaksimalkan kualitas game serta menyesuaikan perilisannya ke tanggal yang lebih aman memang terdengar seperti alasan "pasaran," namun jika ingin melihat detail serta faktanya yang lebih dalam di lapangan, maka siapapun pasti bisa memaklumi keputusan yang ada. Kru KotGa sendiri memang cukup kecewa dan terus beranggapan kalau developer harus mengumumkan tanggal rilis game jika mereka benar-benar yakin akan merilisnya di waktu tersebut. Kru KotGa bisa membayangkan skenario dimana seorang gamer yang sangat menantikan ingin bermain game seperti The Last of Us Part II hingga Cyberpunk 2077 sudah meninggal sebelum mendapat kesempatan tersebut, dan semua karena adanya penundaan rilis tersebut. Terkesan terlalu dramatis memang, namun inilah fakta yang bisa terjadi di kehidupan nyata.

Terlepas dari semua kekecewaan yang dirasakan gamer, setidaknya kita tahu kalau pihak developer sudah berusaha keras untuk mengembangkan game yang bisa memenuhi ekspektasi fansnya, tidak peduli respon seperti apa yang akan mereka dapat akibat satu atau dua keputusan yang berakhi membuat fansnya kecewa (termasuk menunda perilisan game). Menjawab ekspektasi fans memang penting, namun persaingan adalah hal utama lainnya yang juga harus diperhatikan developer dalam mempertahankan posisinya di industri game.

Nah, itulah rangkuman pengamatan Kru KotGa dari alasan sebenarnya kenapa banyak game kena tunda di 2020. Mungkin ada sebagian dari kamu yang memiliki pendapat berbeda mengenai topik ini, jadi jangan sungkan untuk berikan komentar kamu di bawah ini ya!

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru