Feature

Waspada Virus Corona! Inilah 5 Game Bertema Virus Jahat sebagai Bahan Pelajaran Gamer

oleh: Reza Alif
Virus Corona memang menjadi perhatian serius akhir-akhir ini. Karena virus yang menular dan menyebabkan penyakit Pneumonia berbahaya ini, bahkan sampai membuat kota Wuhan di Tiongkok harus ditutup untuk sementara. Namun, meski ditutup, virus Corona ternyata sudah sempat menyebar di beberapa negara di dunia.

Penyebaran virus yang cepat ini pun membuat banyak orang khawatir dan ketakutan. Kurangnya edukasi mengenai penanganan saat sedang terjadi wabah yang kurang, menjadi faktor yang membuat banyak orang cepat panik dan gampang percaya berita hoax.

Nah, untuk para gamer, edukasi tersebut sebenarnya bisa didapatkan dan dipelajari dari beberapa game yang mengambil tema penyebaran virus sebagai inti dari permainan. Hal ini tentu saja bisa menjadi alat pembelajaran agar bisa menghadapi bencana wabah dengan baik. Kru KotGa pun sudah mengumpulkan 5 game bertema virus jahat yang bisa jadi bahan edukasi untuk para gamer.

Berikut ulasannya!

Baca ini juga :

» Gagal Nge-Wibu! Inilah Deretan Anime yang Tertunda Akibat Virus COVID-19
» Gamer Anti Sakit! Lakukan Aktivitas Sehat ini Selama Bekerja dan Bermain Game di Depan PC
» Bak Solo Player, Kenalan Yuk Sama Social Distancing dan Manfaatnya
» Benarkah Death Stranding Telah Memprediksikan Wabah Virus Corona Seperti Sekarang?
» Jangan Gabut karena Corona? Begini Cara Kerja yang Efektif dari Rumah
1. Plague Inc.

Game yang juga tengah ramai dimainkan sejak munculnya virus Corona, Plague Inc. adalah game simulasi-strategi yang dirilis untuk platform mobile pada tahun 2012. Pemain akan bertindak sebagai pembuat virus dan menyebarkan wabah dengan tujuan menghancurkan dunia. Namun, pembuatan dan penyebaran virus ini juga tergantung banyak faktor seperti iklim, kebiasaan masyarakat di suatu lingkungan, serta penanganan pemerintah dan durasi pembuatan vaksin.

Meski bertindak sebagai karakter yang sadis, disini pemain akan belajar bagaimana caranya suatu virus berkembang dan mewabah di suatu daerah. Kemudian penanganan dari setiap virus juga memiliki cara yang berbeda, apalagi virus dan wabah dalam game ini didasari pada kasus wabah yang memang pernah terjadi di kehidupan nyata, seperti flu babi, Black Death dan Smallpox.

2. Pandemic

Pandemic adalah game yang lebih dahulu muncul sebelum adanya Plague Inc. Awalnya ini adalah game browser yang akhirnya dirilis untuk platform mobile. Tema pada game ini juga sama seperti Plague Inc. yaitu membuat dan menyebarkan wabah virus yang dibuat sendiri.

Meski sama, Pandemic memiliki detail perbedaan yang cukup rumit dibandingkan Plague Inc. Pasalnya, pada beberapa virus, punya karakteristik yang seperti wabah di dunia nyata. Seperti halnya beberapa virus tidak menunjukkan gejala pada yang terjangkit. Kemudian penanganan dari setiap daerah yang memiliki vaksin dengan cepat menyembuhkan banyak orang dalam waktu cepat. Dari sini, kamu tentu bisa belajar bahwa penanganan yang tepat, bahkan bisa membuat wabah sesulit apapun mampu dicegah.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru