Feature

Nostalgia Dalam Genggaman! Inilah MMORPG PC Lawas yang Sudah Ada di Mobile

oleh: Keyboard22
Tidak seperti zaman dahulu, warnet-warnet kebanyakan dikuasai oleh game-game bergenre MMORPG. Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan. Pada game MMORPG para pemain dituntut untuk benar-benar berdedikasi dalam membangun karakter impiannya yang tentunya harus mengorbankan waktu yang sangat banyak dan mungkin kamu harus sedikit menguras kantong.

Seiring perkembangan zaman, tentu saja MMORPG jadul yang dirilis di bawah tahun 2008 tidak bisa bersaing dalam hal mekanisme gameplay yang kompleks dan realistis, apalagi dalam urusan grafis. Tentu saja para fans mengharapkan beberapa MMORPG jadul mendapatkan versi terbarunya ataupun versi mobile yang semakin lama semakin menjamur.

Nah, pada artikel ini kru KotGa memberitahukan beberapa MMORPG lawas yang sebelumnya di PC, lalu dirilis kembali dalam versi mobile, baik yang sudah dirilis, maupun yang akan segera dirilis. Apa saja? Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :

» Kaum Rebahan Rise Up! 7 Game Mobile Buat Mabar Online Selama #dirumahaja
» Di Rumah Aja! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Sekali Baca Langsung jadi GG,Ini Dia Panduan Buat Newbie di World of Dragon Nest
» Santai di Rumah! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Hindari Corona dan Libur Sekolah, Inilah Cara Memanfaatkan Waktu Luang ala Gamer
1. Rohan M

Bagi kamu gamer PC yang sudah berkecimpung dari awal tahun 2000an, Rohan Online mungkin adalah salah satu dari sekian banyak MMORPG yang cukup digemari oleh para gamer. Meskipun sudah tidak rilis eksklusif di Indonesia seperti dulu, kini Rohan masih "hidup" di Asia Tenggara.

Rohan Mobile memiliki user interface yang cukup rumit dan terlihat penuh di layar dengan adanya fitur Auto di dalamnya. Konsep open-world MMORPG sudah dipastikan dimiliki oleh versi mobile tersebut. Disisi lain, Rohan Mobile juga memiliki kualitas grafis yang cukup fantastis layaknya game mobile zaman sekarang. Sayangnya, belum ada bocoran mengenai jadwal rilisnya untuk versi global.

2. Perfect World Mobile

Perfect World Mobile memiliki slogan next generation aerial combat dimana para pemain akan bisa bertarung di udara, tidak hanya di darat. Perfect World mengangkat tema legenda cina kuno dengan konsep dunia Pangu yang digambarkan dengan grafis 3D indah lengkap dengan pergantian siang malam dan cuaca. Dunia Perfect World sangatlah luas dengan konten yang mencakup PvP dan juga PvE.

Beberapa fitur terbaik yang ada di versi PC bisa tetap ditemukan para pemain di versi mobile ini. Seperti berbagai kostum hingga tunggangan serta kostumisasi karakter yang cukup lengkap. Untuk awalnya, nanti akan ada 4 class terlebih dahulu, yaitu Human Wizard, Untamed Barbarian, Male Winged Elves Archer, dan juga Female Winged Elves Cleric.

3. Cabal Online

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Cabal adalah salah satu MMORPG PC lawas yang cukup digandrungi pada zamannya. Entah di seluruh dunia, ataupun Indonesia. Cabal Mobile dibawa langsung oleh developer sekaligus publisher utamanya yaitu ESTgames. Layaknya versi PC, Cabal Mobile memiliki konsep open-world MMORPG dengan berbagai class seperti Blader, Warrior, Archer, Force Blade, dan lain-lain.

Berbagai kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing class juga tidak terlalu berbeda dengan versi PC, bahkan ikonnya juga dimiripkan. Konten PvP dan PvE yang ditawarkan juga cukup lengkap layaknya versi PC. Tidak mengherankan memang karena sang developer menargetkan untuk tidak terlalu mengubah jauh di versi mobile agar kesan nostalgianya makin terasa.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru