Feature

Paling Top di Rental PS2! Shaolin Monks dan Alasan Kenapa Gamenya Wajib Dibangkitkan!

Hadir sebagai game fighting klasik yang khas dengan unsur brutal, Mortal Kombat sudah berkembang menjadi sebuah franchise besar yang juga mendapatkan adaptasi film dan beberapa rilis game terbaru besutan Netherrealm Studios. Saat ini para fans memang tidak bisa melepas perhatian mereka dari Mortal Kombat 11 yang akan segera dirilis, namun ada juga beberapa diantara mereka yang ingin melihat pendekatan baru selain game fighting biasa. Keinginan ini bukan semata karena mereka tidak suka dengan format lama yang telah dibangun sejak tahun 1992 lalu, namun alasannya sendiri terletak pada satu game yang tidak lain adalah Mortal Kombat: Shaolin Monks.

Resmi dirilis untuk PlayStation 2 pada tahun 2005 lalu, Mortal Kombat: Shaolin Monks adalah game beat-em-up yang menawarkan gameplay paling berbeda dari semua seri Mortal Kombat yang sudah dirilis hingga sekarang. Respon dari para fans untuk game ini juga sangat positif, dan permintaan untuk melihat kelanjutan sekuel atau game sejenisnya sudah mereka suarakan sejak sekian lama. Untuk itu, pada artikel special kali ini Kru KotGa sudah merangkum alasan kenapa Mortal Kombat: Shaolin Monks wajib dibangkitkan kembali. Daripada penasaran, langsung saja simak rangkumannya di bawah ini.

Baca ini juga :

» Ternyata Beda Banget! Inilah 5 Perubahan Baru yang Ada di Lost Saga Remastered!
» Jadi Pengen Beli! Inilah Deretan Game Next-Gen PS5 yang Wajib Kamu Tunggu!
» Cari Idaman Kamu! Rekomendasi Laptop i7 Kekinian Untuk Gamer di Budget Mulai 13 Jutaan!
» Mulai Budget 4 Jutaan Aja! Rekomendasi Laptop Murah Untuk Main Game Kekinian!
» Hadoken!!! Inilah 7 Jurus Paling Legendaris di Game Street Fighter!

Format Game Mortal Kombat yang Sudah Lama Dirindukan

Daripada menuntun pemainnya dalam pertarungan arena 2D linear, Mortal Kombat: Shaolin Monks ini membawa mereka dalam sebuah petualangan dua karakter ikonik Liu Kang dan Kung Lao. Pendekatan gameplay yang berbeda ini sebenarnya sudah direncanakan sejak rilisnya Mortal Kombat: Special Forces, namun rencana tersebut tidak terealisasi karena hengkanya John Tobias dan resepsi negatif yang didapatkan Special Forces. Rencana ini akhirnya kembali terealisasi lewat Shaolin Monks, sebuah game petualangan yang mengambil universe Mortal Kombat sebagai setting utama, sebuah mimpi yang pada waktu itu sudah dinantikan para fans selama bertahun-tahun.

Selama pengembangannya, tim developer sempat mengalami kesulitan karena mereka harus bisa mengombinasikan gameplay action yang memiliki kontrol bebas dengan gameplay fighting multi-directional. Jadi selain memberikan kebebasan penuh bagi pemain untuk bergerak leluasa dan mengeksekusi serangkaian kombo, pihak developer juga menjaga mekanisme fighting yang tidak berbeda jauh dengan seri klasik Mortal Kombat. Perpaduan ini membuat Shaolin Monks terlahir sebagai game Beat-em-up yang seru dan kompleks, namun juga menantang di saat yang bersamaan (khususnya di tingkat kesulitan tinggi).

Konsep gameplay yang berbeda ini untungnya tidak berpengaruh besar pada seberapa "canon" kedudukan game ini dalam franchise Mortal Kombat, karena Shaolin Monks mengadaptasi jalan cerita dari seri original Mortal Kombat dan Mortal Kombat II. Sinergi antara Liu Kang dan Kung Lao juga dipresentasikan dengan sangat baik lewat desain gameplay co-op lokal antara dua pemain yang bisa berpetualang bersama sebagai dua karakter tersebut. Desain indikator health bar yang dipadu menjadi satu juga cukup efektif dalam memicu semangat para pemainnya, karena mereka akan saling berkompetisi untuk menjadi yang paling handal dalam mengabisi musuh atau menjaga health tetap penuh setiap saat.

Pendekatan format beat em' up inilah yang membuat Mortal Kombat: Shaolin Monks terasa sangat spesial dan berhasil menarik perhatian banyak fans dari franchise ini. Jadi daripada terus berfokus dalam genre fighting yang terasa semakin monoton setiap tahunnya, mungkin inilah saat paling tepat bagi franchise Mortal Kombat untuk kembali bangkit dengan game baru seperti seri Shaolin Monks ini.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Most Popular Feature
Tidak ada berita terpopuler