Feature

Dari Tukang Ledeng sampai Jadi Legenda, Inilah Evolusi Game Utama Super Mario!

oleh: VolkanKaya

Halaman 2

Super Mario Galaxy (Wii, 2007)

Keunikan dari seri Super Mario Galaxy adalah setting dunianya yang kali ini mengambil tempat di luar angkasa. Jadi dalam game ini kamu bisa berpetualang mengelilingi galaksi dan mengunjungi berbagai dunia yang didesain dengan sangat kreatif.


New Super Mario Bros. Wii (Wii, 2009)

Tidak berbeda jauh dengan seri New Super Mario Bros. di platform Nintendo DS, game ini tetap menawarkan gameplay platformer 2.5D, namun ada beberapa konten baru mulai dari fitur co-op dengan empat pemain dan power-up baru seperti Propeller Mushroom, Ice Flower, dan Penguin Suit.


Super Mario Galaxy 2 (Wii, 2010)

Game ini awalnya akan dikembangkan sebagai expansion pass untuk seri original Super Mario Galaxy, namun karena banyaknya tambahan konten akhirnya game ini dijadikan sebagai sekuel. Walaupun menawarkan premis gameplay yang masih sama, namun Super Mario Galaxy 2 berhasil menyempurnakan segala aspek yang sudah dibangun di seri pertamanya dengan manis.


Super Mario 3D Land (Nintendo 3DS, 2011)

Super Mario 3D Land adalah seri Super Mario pertama yang dirilis untuk platform Nintendo 3DS. Basis gameplaynya sendiri masih cukup sama dengan kebanyakan seri 3D Super Mario lainnya, hanya saja game ini di desain dengan level 3D yang lebih linear dan sederhana, namun tetap menawarkan beragam fitur gameplay klasik yang disukai oleh para fans.

New Super Mario Bros. 2 (Nintendo 3DS, 2012)

Sekuel yang sudah lama dinanti dari seri New Super Mario Bros. ini merupakan seri yang mendapat resepsi positif dari banyak fans, apalagi dengan alur gameplaynya yang lebih adiktif dan grindy dimana pemain memiliki misi untuk mengumpulkan satu juta koin.

Baca ini juga :

» Jangan Salah Pilih! Tips Membeli Laptop Gaming dengan Kualitas Jagoan!
» Pasti GG! Tips Memilih Kelas Karakter yang Cocok dengan Gaya Bermainmu di Dragon Raja!
» 10 Rekomendasi Game Klasik PS2 yang Masih Seru Banget Dimainkan!
» RAM NOX RGB dan SSD Z280 APACER: Harga Terjangkau Gamer tapi Tetap Bisa Bergaya Ganteng Kekinian!
» Auto GG! Tips Meningkatkan Kekuatan dan Jadi Petarung Handal di Dragon Raja!

New Super Mario Bros. U (Wii U, 2012)

New Super Mario Bros. U merupakan lanjutan dari seri New Super Mario Bros. untuk platform Wii. Seri yang satu ini tetap menawarkan pendekatan gameplay yang hampir mirip tanpa perubahan signifikan, tapi ada beberapa konten baru yang membuat gamenya terasa spesial mulai dari kehadiran kostum Flying Squirrel dan sistem gameplay asymmetric dengan GamePad.


Super Mario 3D World (Wii U, 2013)

Sekuel dari Super Mario 3D Land ini menawarkan basis gameplay yang sama dengan beragam tambahan konten baru seperti power-up Super Bell, Lucky Bell dan Double Cherry. Game ini juga menawarkan opsi karakter playable yang lebih banyak, dimana kamu bisa bermain sebaga Princess Peach, Toad dan Rosalina.


Super Mario Run (Android & iOS, 2016)

Untuk menjangkau fans yang mengandalkan mobile sebagai platform utama, pihak Nintendo akhirnya menghadirkan seri Super Mario di perangkat mobile lewat Super Mario Run. Sistem gameplay yang diusungnya sendiri cukup sederhana, dimana gameplay platformer akan bergerak secara otomatis dan memudahkan pemain untuk melakukan serangkaian aksi dengan sentuhan jari.


Super Mario Odyssey (Switch, 2017)

Super Mario Odyssey merupakan seri terbaru yang akhirnya kembali mengadopsi sistem 3D open-world yang sudah absen sejak seri Super Mario Sunshine. Hasilnya sendiri sebuah seri terbaru yang sangat sempurna dan menawarkan gameplay 3D platformer terbaik dibandingkan game manapun di pasaran.

Nah, itulah rangkuman dari evolusi game utama Super Mario selama lebih dari tiga dekade terakhir. Jadi apakah Mario juga termasuk karakter video game favoritmu, dan kira-kira mana seri Super Mario yang paling kamu favoritkan sampai sekarang? Jangan sungkan untuk berikan opini kamu pada kolom komentar di bawah ini ya!

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru