Feature

Dari E3 Sampai GDC! Deretan Acara Game dan Event Esports yang Terganggu Corona Virus

oleh: Cita Aditya
Corona Virus atau yang lebih dikenal dengan COVID-19 saat ini memang menjadi momok yang cukup menakutkan bagi siapapun. Penularan yang cepat dan belum ada obat yang mampu menahan virus ini adalah salah satu hal yang memicu kepanikan tersebut. Larangan untuk berkumpul di tempat umum hingga lockdown beberapa kota sudah dikeluarkan oleh pemerintah setempat guna memegang kendali atas virus ini.

Baca ini juga :

» Pionir Esports Indonesia! 7 Atlet Esports Legendaris Indonesia!
» Indo Pride! Arjuna Indonesia yang Berprestasi di Ajang Esports Internasional!
» Sang Raja dan Landak Kuning Masih Terdepan! Inilah Prediksi Juara MPL Indonesia Season 9!
» Ditukar Ginjal saja Tidak Cukup! 7 Pemain Esports Indonesia yang Memiliki Harga Termahal!
» WORLDS Pertama, MPL ID Ketiga! 7 Turnamen Esports Paling Banyak ditonton Pada Tahun 2021!
Semuanya seakan di reset dari awal. Tak hanya ekonomi yang terpengaruh, beberapa event game dan esports harus tertunda akibat virus satu ini. Banyak EO yang tidak ingin mengorbankan kesehatan para elemen yang terlibat dalam acara mereka. Apa saja acara tersebut dan hingga kapan acara tersebut ditunda? Mari kita lihat:

1. ESL One Los Angeles Major


Sumber: ESL Twitter

Ini adalah keputusan yang paling baru dan segar ketika artikel ini di tulis. Setelah sebelumnya diumumkan akan tetap digelar tanpa penonton layaknya IEM Katowice, ternyata ESL One Los Angeles Major harus dibatalkan menurut kabar terbaru. Valve tampak tak mau ambil resiko kesehatan bagi para elemen yang terlibat. Padahal, gelaran yang rencananya diselenggarakan pada pertengahan Maret 2020 ini sudah disiapkan dengan baik. Para pemain pun beberapa sudah sampai ke Los Angeles. Namun apa daya, turnamen ini batal. Bahkan OGA Pit Minor selanjutnya juga dibatalkan karena Corona Virus.

2. Electronic Entertainment Expo (E3)


Sumber: E3 Twitter

Entertainment Software Association (ESA) resmi mengumumkan bahwa E3 2020 resmi dibatalkan. Pembatalan ini tentu saja karena Coronavirus yang semakin mewabah dan himbauan pemerintah setempat untuk menunda acara dengan keramaian. Namun, ESA memastikan bahwa kedepannya E3 akan tetap dijalankan. Dikarenakan pembatalan ini, berbagai publisher mulai mengumumkan bahwa mereka tahun ini akan membuat acaranya masing-masing. Salah satunya adalah Microsoft, mereka sendiri akan mengumumkan acaranya dalam waktu dekat.

3. Game Developer Conference (GDC)


Sumber: GDC Twitter

Tiga minggu sebelum berlangsungnya acara tepatnya 16 Maret 2020, GDC 2020 pun akhirnya secara resmi dinyatakan ditunda untuk sementara. Belum ada kabar lebih lanjut mengenai tanggal terbaru dari acara ini, namun pihak penyelenggara memastikan bahwa itu adalah saat musim panas. Para pengunjung serta peserta yang sudah terlanjur membeli tiket penerbangan untuk datang, ataupun yang telah memesan hotel untuk menginap di sekitaran San Fransisco, dipastikan dapat melakukan refund secara penuh. Kabar terakhir mengatakan GDC bisa disaksikan via Live Streaming

4. Taipei Game Show


Sumber: Taipei Game Show Twitter

Penyelenggara Taipei Game Show 2020 terpaksa harus menunda ajang tersebut ke musim panas. Informasi ini dibagikan lewat pengumuman darurat dari pihak penyelenggara, dimana mereka menjelaskan kalau wabah Coronavirus adalah situasi berbahaya yang terpaksa membuat mereka menunda Taipei Game Show. Keputusan ini memang sangat rasional, karena ajang yang mempertemukan banyak sekali orang dari China dan mancanegara ini bisa berpotensi meningkatkan penyebaran infeksi. Update terbarunya adalah acara bergengsi ini akan diselenggarakan dari tanggal 25-26 Juni 2020.

5. Final Acer Predator


Sumber: Predator Gaming Twitter

Gelaran Final Acer Predator yang sebelumnya direncanakan hadir bulan Maret 2020 di Manila Filipina terpaksa ditunda. Hal ini tentunya akibat maraknya wabah Corona Virus. Tercatat hingga saat ini, puluhan orang terinfeksi Corona Virus. Demi memastikan kesehatan dari setiap elemen, Acer selaku pemegang kewenangan utama mengundur turnamen besar satu ini hingga bulan Juni 2020 nanti.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
  2. Halaman 3
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Most Popular Feature
Tidak ada berita terpopuler