Feature

Dari E3 Sampai GDC! Deretan Acara Game dan Event Esports yang Terganggu Corona Virus

oleh: Citaaditya

Halaman 2

6. E-Masters Chengdu


Sumber: IESPA Facebook

E-masters Chengdu yang dikabarkan tidak dalam keadaan kondusif. Hal ini yang membuat IESPA selaku penanggung jawab kontingen Indonesia membuat pengumuman yang cukup mengejutkan. Berdasarkan himbauan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), kontingen Arena of Valor dan Pro Evolution Soccer terpaksa harus menunda keberangkatan mereka.

Melansir dari sosial media resmi IESPA, dua kontingen ini tidak akan diberangkatkan setelah menimbang isu virus Corona. Padahal, tim AOV dan PES akan mengadakan pelatihan terlebih dahulu di Tiongkok. Himbauan ini ternyata tidak untuk mereka saja, semua kontingen olahraga Indonesia diberitakan tidak diperbolehkan berangkat hingga waktu yang belum ditentukan.

7. Point Blank World Challenge (PBWC)


Sumber: Point Blank Facebook

Satu lagi event esports yang terdampak virus Corona, PBWC (Point Blank World Challenge) 2020. Turnamen ini dikabarkan batal karena virus Corona (COVID-19) yang merebak selama beberapa bulan terakhir ini. Virus yang bermula dari negeri tirai bambu ini telah diputuskan menjadi darurat global oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) dan per tanggal 2 Maret 2020, presiden Joko Widodo telah mengkonfirmasi bahwa ada 2 pasien WNI yang positif mengidap virus Corona di Indonesia.

Baca ini juga :

» Biar Nggak Stuck di Epic, Ini Dia Rekomendasi Meta Hero Season ini Versi Jess No Limit
» Tetap Seru! 10 Rekomendasi Game MMORPG Android Terbaik Tahun 2020
» Cantik-Cantik Jago Nembak, Kenalan Sama Streamer Cantik PUBG Mobile di Nimo TV
» 7 Rekomendasi Mechanical Keyboard RGB Dengan Harga Dibawah Satu Juta Tahun 2020
» 10 Rekomendasi Game Battle Royale PC yang Tetap Asik Dimainkan Tahun 2020
8. Free Fire Champions Cup (FFCC)

Melalui halaman resmi Facebooknya, Garena selaku publisher dari game satu ini tetap akan memonitoring keadaan dan mengumumkan kapan turnamen ini bisa digelar secepatnya. Garena tidak ingin mengambil resiko penularan dari semua elemen yang bertugas kali ini. Mulai dari pemain, staff, event organizer, dan lain-lain. Hal ini demi mencegah virus COVID-19 terus menyebar. Tak hanya itu, padatnya Indonesia juga bisa dibilang menjadi salah satu pertimbangan agar virus ini tidak menyebar. Turnamen ini berhadiah 2 Juta USD atau setara dengan 28 Miliar Rupiah.

9. PUBG Global Series


Sumber: PUBG esports

Pada tahun 2020, PUBG mengubah struktur pada turnamen yang dilombakan, dengan menghadirkan 4 turnamen pada satu tahun, yaitu 3 gelaran PUBG Global Series (PGS) dan 1 gelaran PUBG Global Championship, rangkaian turnamen tersebut rencananya akan dimulai dengan PUBG Global Series pada April 2020 di Berlin.

Sayangnya PUBG Corp harus menahan diri dan rencana ini tidak berjalan dengan baik. Sebab PUBG Global Series pertama akan mengalami penundaan yang membuat para fans harus sedikit lebih sabar lagi dalam menanti gelaran turnamen dari PUBG ini. Dilansir dari Gamerant, penundaan tersebut disebabkan oleh hadirnya virus Corona yang kini sedang membuat khawatir para warga dunia, hal tersebut membuat Regional Qualifier dari PUBG Global Series terhambat sehingga dilakukan penundaan demi keamanan dan keselamatan para pemain.

10. Overwatch League


Sumber: Overwatch League Facebook

Merebaknya virus Corona hingga menewaskan ratusan orang memang menjadi momok menakutkan. Aktivitas di negeri Tirai Bambu tersebut menjadi tersendat. Banyak pula warga negara asing yang kembali ke daerahnya masing-masing. Hingga saat ini belum ada obat untuk virus Corona. Perkembangannya yang cepat dan belum ada solusi memang jadi momok bagi siapa pun.

Atas dasar hal tersebut, Blizzard selaku penyelenggara Overwatch League mengambil langkah panjang. Mereka membatalkan laga tandang ke markas Shanghai Dragon dan Guangzhou Park. Seperti yang Kru KotGa tulis sebelumnya, dua tim ini akan menjamu tim lainnya di markas mereka pada awal dan pertengahan bulan Februari. Sempat ada selentingan bahwasanya pertandingan tetap dilanjutkan, namun hal tersebut tidak terjadi.

Itu dia Kotakers, event yang harus tertunda ataupun batal karena Corona Virus. Beberapa event juga terpaksa berlangsung tanpa penonton. Apa saja event yang tetap berlangsung tapi tanpa penonton? Mari kita bahas di halaman selanjutnya:

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru