Feature

Dari E3 Sampai GDC! Deretan Acara Game dan Event Esports yang Terganggu Corona Virus

oleh: Citaaditya

Halaman 3

1. PUBG Mobile Profesional League Indonesia

View this post on Instagram

Kesehatan dan keselamatan dari para pemain dan staff kami adalah prioritas. Oleh karena itu, kami memutuskan PMPL ID 2020 Season 1 tertutup untuk umum untuk mengantisipasi keadaan yang tidak terduga terkait dengan wabah Coronavirus (COVID-19). Mulai 11 Maret - 29 maret 2020, kami tidak akan mengizinkan fans & pihak luar untuk mengunjungi venue dan kami akan mengambil tindakan serius dalam memonitor kesehatan para pemain dan staf. Kami mematuhi semua panduan dan merekomendasikan tindakan pencegahan selama PMPL ID 2020 Season 1 berlangsung. Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan ini namun kalian tetap bisa menikmati PMPL ID 2020 Season 1 lewat streaming exclusive di Facebook Official PUBG Mobile Indonesia. PMPL ID 2020 Season 1: 🗓 06-29 Maret 2020 📺 Livestream: Facebook PUBG Mobile Indonesia #PUBGMOBILE #PUBGMobileIndonesia #betheone

A post shared by PUBG MOBILE ESPORTS ID (@pubgmobile.esports.id) on


Sumber: PUBG Mobile Esports ID

Melansir dari Instagram resmi PUBG Mobile Indonesia, ada kabar bahwasanya penonton turnamen ini dibatasi untuk sementara. Hanya tamu undangan yang dapat datang dan menyaksikan secara langsung. Padahal lokasi pertandingan PUBG Mobile Professional League sudah disebar ke khalayak ramai beberapa waktu lalu. Pertandingan ini akan dilangsungkan di Studio Sepat 72 yang berada di bilangan Ragunan, Jakarta Selatan. Sudah beberapa pertandingan digelar dengan mendatangkan influencer kenamaan seperti Atta Halilintar dan Audrey FF. Namun, tetap saya hype turnamen offlinenya tidak dapat kita nikmati.

Baca ini juga :

» Biar Nggak Stuck di Epic, Ini Dia Rekomendasi Meta Hero Season ini Versi Jess No Limit
» Tetap Seru! 10 Rekomendasi Game MMORPG Android Terbaik Tahun 2020
» Cantik-Cantik Jago Nembak, Kenalan Sama Streamer Cantik PUBG Mobile di Nimo TV
» 7 Rekomendasi Mechanical Keyboard RGB Dengan Harga Dibawah Satu Juta Tahun 2020
» 10 Rekomendasi Game Battle Royale PC yang Tetap Asik Dimainkan Tahun 2020
2. Mobile Legends: Bang Bang Profesional League


Sumber: Instagram MPL ID Official

Turnamen Mobile Legends MPL ID Season 5 yang akhirnya memutuskan untuk berlaga tanpa penonton dan hanya ditonton secara online saja. MPL ID Season 5 sendiri memang sejak minggu pertama menyiarkan pertandingan ke banyak platform sekaligus, seperti YouTube, Facebook, Nimo TV, Egg Network, dan Elshinta TV. Jadi, para gamer juga dapat dengan mudah mengakses siaran pertandingan esports ini melalui platform yang disukai.

3. IEM Katowice


Sumber: HLTV.org Twitter

Digadang-gadangkan sebagai acara Esports terbesar di Dunia, IEM Katowice tetap digelar. Namun, tak ada penonton sama sekali di dalamnya. Hal ini membuat venue IEM Katowice seakan bagaikan stadion berhantu. Pihak ESL yang menyelenggarakan turnamen ini sudah mengganti semua akomodasi bagi para penonton. Mereka menghubungi para pemegang tiket dan mengganti uang mereka.

Tak hanya itu, IEM Katowice kini melibatkan banyak petugas kesehatan. Mereka juga memperketat pengawasan untuk soal kesehatan. ESL sebagai penyelenggara terus memonitoring kesehatan para pemain dan kru yang terlibat. Beberapa pemain yang bermain di IEM Katowice menyayangkan hal ini. Meski karena alasan kesehatan, tentunya bertanding tanpa penonton membuat mereka cukup kecewa.

4. One Esports Jakarta Qualifier


Sumber: One Esports Facebook

Sebelumnya dijadwalkan memiliki Venue di Mall Taman Anggrek, ternyata turnamen One Esports Jakarta Qualifier harus pindah lokasi ke Hotel Grand Tjokro. Hal ini menjadi pertimbangan setelah pertumbuhan eksponensial Virus Corona yang ada di Jakarta. Hasilnya adalah BOOM Esports mengamankan satu slot ke main Event. Sayangnya, Main Event One Esports Jakarta harus tertunda hingga bulan November 2020 setelah sebelumnya dijadwalkan pada bulan April 2020. Wah, cukup jauh ya Kotakers?

5. Free Fire Indonesia Masters 2020


Sumber:Garen Free Fire Facebook

Pernah menjadi salah satu event game paling padat yang pernah Kru KotGa datangi, Free Fire Indonesia Masters Finals memperkenalkan Joe Taslim sebagai Brand Ambassador game satu ini. Joe Taslim juga akan menjadi karakter di game Free Fire. Namun sayang sekali, acara megah ini berlangsung tanpa penonton di venue karena alasan kesehatan.

Itu dia Kotakers, rangkuman event yang tertunda karena Corona Virus dan ada yang harus digelar tanpa penonton. Semoga saja pandemi Corona Virus ini cepat selesai ya Kotakers. Dan semua acara bisa berlangsung seperti biasanya.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru