Feature

Benarkah Death Stranding Telah Memprediksikan Wabah Virus Corona Seperti Sekarang?

oleh: Reza Alif

Halaman 2

Penggunaan Pakaian Khusus

Sam Bridge sebagai porter di tengah ganasnya hujan atau timefall dan BTs yang mampu membuatnya terkena Void, ia harus memakai pakaian khusus di sekujur tubuhnya, dari ujung rambut hingga ujung kaki, dan ia juga harus rutin membersihkan badannya.

Begitu juga dengan orang-orang sekarang, khususnya para pengantar barang atau makanan, mereka harus memakai masker, kacamata dan sarung tangan. Pasalnya virus Corona dapat menular jika masuk ke dalam mulut, hidung ataupun mata, tangan pun harus di bersihkan agar tidak menjadi perantara masuknya virus ke dalam mulut ataupun hidung. Bahkan beberapa waktu yang lalu ada seorang pria yang membuat pakaian ala Sam Bridge, untuk membawa bayinya, layaknya Sam yang membawa BB, untuk terhindar dari virus.

Baca ini juga :

» Grafis Cantik Bukan Jaminan! 7 Game Dengan Grafis Extra Ciamik, Namun Gagal di Pasaran!
» Jadi Petualang Tak Pernah Salah! 7 Game Eksplorasi Baru Yang Akan Rilis di 2022!
» Main Ulang Justru Berbeda! 7 Game Yang New Game+ Nya Membuat Perubahan!
» Elden Ring Penuh Misteri, Tapi 7 Senjata Paling Absurd Ini Akan Bikin Kamu Geleng-Geleng!
» Apakah Kamu Completionist? Apakah Kamu Punya 7 Tropi Platinum Tersulit Untuk Didapatkan?
Tangan, adalah hal yang penting

Tangan bagaikan simbol penting di Death Stranding, di mana ia kerap menunjukkan jejak-jejak tangan, serta dialog yang mengandung kata tangan, seperti saat villain di Death Stranding berkata bahwa membangun hubungan tanpa adanya jabat tangan adalah hal yang sulit, yang dimaksudkan untuk orang-orang yang terpisah di bunker karantina.

Selain itu Hideo Kojima juga selalu mengkampanyekan game ini dengan kalimat "Tomorrow is in your hands", di mana sangat cocok untuk sekarang, di mana kini masa depan benar-benar tergantung di tangan kita, karena jika kita tidak mencuci tangan dengan bersih, kita dapat menjadi pembawa penyakit. Kini pun mencuci tangan adalah bagaikan misi yang terus digaungkan di seluruh dunia, untuk menjaga kesehatan seluruh masyarakat di dunia dari virus.

Masyarakat yang terpisah karena keadaan politik yang berbeda

Karena tidak terhubung antar masyarakat, setiap masyarakat di bunker yang ada di Death Stranding pun akhirnya membuat aturan politik mereka masing-masing. Setiap daerah punya aturannya masing-masing, dan Sam pun berusaha untuk mengkoneksikan mereka kembali.

Sama seperti keadaan saat ini, setiap negara mulai bertindak masing-masing dan mengambil keputusan sesuai keinginan mereka. Beberapa negara di dunia sudah memutuskan Lockdown untuk menanggulangi virus yang tak terkendali, namun, beberapa negara seperti Indonesia dan Rusia, justru masih memutuskan untuk tidak melakukan lockdown, dan hanya menyatakan keadaan darurat. Ini tentu penggambaran bagaimana setiap bangsa, mulai bertindak masing-masing seperti yang ada di Death Stranding.

Hideo Kojima selaku pembuat game memang tak hanya kali ini saja memprediksi masa depan melalui gamenya, seperti yang ia lakukan pada Metal Gear Solid 2 di tahun 2001, di mana ia memprediksi akan adanya Hoax dan Meme secara akurat.

Tapi, terlepas dari prediksi atau bukan, setiap karya seperti game sebenarnya adalah pesan agar kita hidup menjadi lebih baik tidak seperti konflik yang ada dalam game tersebut. Jadi, kita harus melawan virus Corona dengan terus menjaga imunitas dan kebersihan tubuh.

KotakGame

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru