Feature

Tetap Berjaya, Inilah Rahasia Dibalik Kesuksesan Besar Resident Evil 4!

Halaman 2

Perpaduan Elemen Horror dan Action yang Sempurna

Berbeda dari tiga seri sebelumnya yang mempertahankan gameplay dengan sudut pandang kamera statis, Resident Evil 4 akhirnya merubah konsep secara keseluruhan lewat posisi kamera yang tepat berada di bagian belakang karakter (over the shoulder). Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemain dalam menembak dan menggerakan karakter dengan refleks yang dapat menunjukkan sisi aksi dominan. Perubahan ini tentunya mengundang rasa khawatir para gamer yang takut akan hilangnya atmosfer horror dari tiga seri sebelumnya.

Tapi setelah gamenya resmi dirilis, banyak fans dan kritikus terkejut dengan kualitasnya yang jauh lebih fenomenal. Tidak hanya masih mempertahankan kesan horror yang dominan, tapi game ini juga jauh lebih brutal dan menegangkan dari yang dibayangkan. Selain gameplay, sisi jalan cerita yang dipenuhi plot twist, momen mengerikan dan aksi keren membuat perpaduan elemen horror dan action yang ditawarkan terasa lebih sempurna dibandingkan game manapun.

Baca ini juga :

» Ternyata Beda Banget! Inilah 5 Perubahan Baru yang Ada di Lost Saga Remastered!
» Jadi Pengen Beli! Inilah Deretan Game Next-Gen PS5 yang Wajib Kamu Tunggu!
» Cari Idaman Kamu! Rekomendasi Laptop i7 Kekinian Untuk Gamer di Budget Mulai 13 Jutaan!
» Mulai Budget 4 Jutaan Aja! Rekomendasi Laptop Murah Untuk Main Game Kekinian!
» Hadoken!!! Inilah 7 Jurus Paling Legendaris di Game Street Fighter!

Termasuk Game Paling Berpengaruh di Era 2000-an

Tidak hanya memiliki kualitas yang sempurna, Resident Evil 4 juga mendapat penghargaan sebagai Game of the Year di beberapa ajang penghargaan pada tahun 2005 lalu. Namun kualitas bukan satu-satunya keunggulan utama dari game ini, karena inovasi Capcom dalam melahirkan sebuah game third person action telah membawa pengaruh besar dalam industri game di tahun 2000-an. Karena pendekatan gameplay yang ditawarkan Resident Evil 4 terasa sangat sempurna, sejak saat itulah konsep tersebut telah menjadi standar wajib bagi game third persona action modern.

Beberapa franchise ternama seperti Gears of War sampai Batman: Arkham bahkan mengambil inspirasi langsung dari Resident Evil 4, dan hasilnya sendiri berakhir dengan kesuksesan manis. Konsep gunplay "Precision Aim" dengan laser sight kemudian juga menjadi inspirasi utama bagi beberapa franchise game action lainnya seperti Dead Space, Grand Theft Auto, ratchert & Clank Future hingga Fallout. Karena inspirasinya yang sangat berharga, tidak heran tentunya jika Resident Evil 4 diakui sebagai salah satu game paling berpengaruh dan terbaik sepanjang masa.

Nah, itulah rangkuman Kru KotGa dari beberapa alasan kenapa Resident Evil 4 masih melegenda hingga saat ini. Walaupun sudah terkesan ketinggalan zaman, namun eksistensinya masih bertahan kuat di hati banyak fans dan terbukti masih sangat seru untuk dimainkan. Jika kamu termasuk gamer yang belum mencoba game horror action yang satu ini, Kru KotGa pastinya sangat merekomendasikan kamu untuk segera mencicipinya.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru