Feature

Inilah Perbedaan Spesifikasi PlayStation 5 dan Xbox Series X, Mana yang Terbaik?

oleh: Reza Alif

Halaman 2

3. RAM

Dari sisi RAM keduanya sama-sama menggunakan 16GB GDDR6, namun bus memori milik PlayStation lebih sempit, 256mb dibandingkan dengan milik Xbox Series X yang memiliki 320mb, yang berarti ada lebih banyak jalur lalu lintas data yang tersedia di XboX.


Sumber: Igors Lab

Kemudian bandwidth memori RAM PS5 berjalan pada kecepatan 448GB per detik, sedangkan Xbox Series X membagi 16GB memorinya menjadi dua bagian, 10GB berjalan pada kecepatan 560GB per detik dan 6GB berjalan pada 336GB per detik. Lantas, apakah keduanya akan memiliki perbedaan? Mungkin, tapi tidak terlalu berdampak besar.

Baca ini juga :

» 7 Alasan Wajib Main Rise of the Ronin! Game Open World Rasa Souls Eksklusif Paling Dinanti
» 8 Tips Menjadi Ronin Terbaik di Game Open World Terbaru, Rise of the Ronin
» Rayakan Hari Game Indonesia! Inilah 7 Game Lokal yang Mengguncang Dunia!
» Ini Dia Daftar Game Seru Yang Diumumkan Pada Xbox & Bethesda Games Showcase 2022
» PlayStation Plus Baru Bisa Dapat Banyak Benefit Dan 700 Game Gratis?! Cek Disini!
4. Penyimpanan Internal

Nah disinilah terjadi perbedaan yang cukup signifikan dari keduanya, di mana PlayStation 5 menggunakan Custom 825GB SSD dengan 5.5GB/s (Raw), Typical 8-9GB/s (Compressed) IO throughput, sedangkan Xbox Series X, 1TB Custom NVME SSD with 2.4 GB/s (Raw), 4.8 GB/s (Compressed) IO throughput.


Sumber: The Verge

Apa yang dapat disimpulkan dari perbedaan tersebut adalah bahwa PS5 akan berjalan sangat cepat, dua kali lebih cepat dari SSD milik Xbox Series X. Bahkan pada konferensi yang dilakukan Sony sebelumnya dalam membahas spesifikasi PS5, Mark Cerny meminta developer perlu memperlambat drive mereka untuk menjaga agar game tidak terlalu cepat dimuat.

Itulah perbedaan dari spesifikasi kedua Next-gen Console, PS5 dan Xbox Series X. Meski pada sebagian besar sektor Xbox mampu mengungguli sedikit lebih baik, PS5 mampu meninggalkan jauh Xbox Series X pada soal kecepatan SSD. Lantas, apakah PS5 bisa dibilang lebih baik dari Xbox Series X? Tentu saja, hal itu belum dapat disimpulkan sampai kedua konsol dirilis.

KotakGame

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru