Feature

Inilah Perbedaan Spesifikasi PlayStation 5 dan Xbox Series X, Mana yang Terbaik?

oleh: Rezaalif

Halaman 2

3. RAM

Dari sisi RAM keduanya sama-sama menggunakan 16GB GDDR6, namun bus memori milik PlayStation lebih sempit, 256mb dibandingkan dengan milik Xbox Series X yang memiliki 320mb, yang berarti ada lebih banyak jalur lalu lintas data yang tersedia di XboX.


Sumber: Igors Lab

Kemudian bandwidth memori RAM PS5 berjalan pada kecepatan 448GB per detik, sedangkan Xbox Series X membagi 16GB memorinya menjadi dua bagian, 10GB berjalan pada kecepatan 560GB per detik dan 6GB berjalan pada 336GB per detik. Lantas, apakah keduanya akan memiliki perbedaan? Mungkin, tapi tidak terlalu berdampak besar.

Baca ini juga :

» 10 Rekomendasi Game Klasik PS2 yang Masih Seru Banget Dimainkan!
» Tomba! 2: The Evil Swine Return, Game Adventure Seru dan Kemungkinan Hadir di Next Gen
» 10 Rekomendasi Game PS5 Paling Hype yang Wajib Kamu Nantikan!
» 7 Tips Mengumpulkan Uang yang Baik agar Bisa Membeli PS5
» Hype PS5! Inilah Alasan Kamu Tidak Perlu Terburu-buru Membeli Konsolnya!
4. Penyimpanan Internal

Nah disinilah terjadi perbedaan yang cukup signifikan dari keduanya, di mana PlayStation 5 menggunakan Custom 825GB SSD dengan 5.5GB/s (Raw), Typical 8-9GB/s (Compressed) IO throughput, sedangkan Xbox Series X, 1TB Custom NVME SSD with 2.4 GB/s (Raw), 4.8 GB/s (Compressed) IO throughput.


Sumber: The Verge

Apa yang dapat disimpulkan dari perbedaan tersebut adalah bahwa PS5 akan berjalan sangat cepat, dua kali lebih cepat dari SSD milik Xbox Series X. Bahkan pada konferensi yang dilakukan Sony sebelumnya dalam membahas spesifikasi PS5, Mark Cerny meminta developer perlu memperlambat drive mereka untuk menjaga agar game tidak terlalu cepat dimuat.

Itulah perbedaan dari spesifikasi kedua Next-gen Console, PS5 dan Xbox Series X. Meski pada sebagian besar sektor Xbox mampu mengungguli sedikit lebih baik, PS5 mampu meninggalkan jauh Xbox Series X pada soal kecepatan SSD. Lantas, apakah PS5 bisa dibilang lebih baik dari Xbox Series X? Tentu saja, hal itu belum dapat disimpulkan sampai kedua konsol dirilis.

KotakGame

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru