Feature

Jadi Nolep! Ini Deretan Game dengan Durasi Bermain Terlama di Dunia

oleh: Reza Alif

Halaman 2

4. Xenoblade Chronicles X

Tahun 2015 tampaknya menjadi tahun di mana game-game kompleks nan detail bertebaran. Setelah Fallout 4 dan The Witcher 3 Wild Hunt, Xenoblade Chronicles X, game JRPG buatan Monolith Soft juga unjuk gigi, yang diluncurkan untuk Nintendo Wii U.

Menghadirkan Open World yang luas dan gameplay yang begitu kompleks, Xenoblade chronicles X mampu membuat pemainnya harus menempuh waktu hingga 69,5 jam hanya untuk cerita utamanya saja. Sedangkan untuk menyelesaikannya secara keseluruhan harus melalui durasi hingga 277 jam lamanya.

Baca ini juga :

» Rekomendasi Build Baizhu di Genshin Impact versi 3.6
» Gak Nyangka Demen Ngegame! 7 Game Favorit Raditya Dika!
» Indopride! Ini Dia 7 Game Yang Berhasil Membanggakan Indonesia!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
5. The Elder Scrolls III: Morrowind

Sebelum The Elder Scrolls V: Skyrim membuat para pemain harus bermain terus-terusan selama ratusan jam, Bethesda sudah lebih dahulu memberikan game RPG Open World yang juga punya durasi lama, yaitu pada serinya yang ketiga, yang berjudul The Elder Scrolls III: Morrowind.

Pada seri ini, pemain harus menyelesaikan game jauh lebih lama lagi. Durasi rata-rata tercatat hanya untuk cerita utamanya saja memakan waktu 45,5 jam. Dan untuk menyelesaikannya secara keseluruhan, membutuhkan waktu bermain hingga 335 jam.

6. Animal Crossing: New Leaf

Game yang tengah hype akhir-akhir ini melalui seri barunya, yaitu Animal Crossing: New Horizon, dahulu juga pernah tercatat memiliki game dengan durasi terlama. Seri Animal Crossing: New Leaf, game simulasi kehidupan sosial untuk Nintendo 3DS yang mampu mencatatkan waktu hingga ratusan jam.

Tercatat data yang didapat, rata-rata tiap pemain harus mengarungi durasi bermain hingga 85 jam untuk cerita utamanya saja. Namun, untuk menyelesaikan game ini secara keseluruhan, pemain rata-rata bermain hingga 428 jam atau sekitar 18 hari jika bermain tanpa henti.

7. Seri Monster Hunter

Kalau berbicara game dengan durasi terlama, pastinya kumpulan seri dari game Open World buatan Capcom juaranya. Pasalnya game yang memiliki gameplay perburuan monster ini, bisa membuat kamu menghabiskan waktu diatas 300 jam.

Dimulai dari seri Monster Hunter 4 Ultimate yang memakan waktu 397 jam untuk menyelesaikannya secara keseluruhan, lalu di tempat kedua ada Monster Hunter Freedom Unite yang memiliki durasi hingga 441 jam. Dan yang terakhir adalah Monster Hunter 3 Ultimate yang justru jauh lebih lama lagi, di mana rata-rata pemain harus menghabiskan waktu sekitar 693 jam untuk menyelesaikan game secara keseluruhan.

Itulah deretan game dengan durasi bermain terlama di dunia. Pastinya, jika kamu mau memainkan game-game dengan durasi terlama ini, kamu harus bisa mengatur waktu bermain kamu agar tidak terlalu berlebihan, jalani permainan dengan santai dan enjoy.

Sumber Data: How Long To Beat

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru