Feature

Dari Jadul Hingga Remake! Evolusi Seri Utama Resident Evil

oleh: Rezaalif
Baru-baru ini kita dimanjakan dengan rilis terbaru versi remake dari seri Resident Evil 3. Seri yang membuat kita bernostalgia pada versi PlayStation 1 yang masih berjudul Resident Evil 3: Nemesis.

Ya, franchise Resident Evil memang sudah ada sejak akhir 90an. Seri ini pun sukses dan berhasil bertahan dan berlanjut dari tahun ke tahun hingga saat ini. Nah, kali ini kru KotGa akan membahas seluruh evolusi game Resident Evil dari masa ke masa. Yuk, simak langsung ulasannya!

Baca ini juga :

» Jadi Ciri Khas, Ini 7 Senjata Paling Ikonis Sepanjang Seri Resident Evil
» Inilah Alasan Mengapa Resident Evil 4 Tak Seharusnya Dibuat Versi Remake
» Tetap Melegenda, Inilah Kelebihan Resident Evil 3 Dibandingkan Game Resident Evil Lainnya!
» Rintangan Utama Saat Main, Ini Deretan Boss Resident Evil Terkuat dan Terlemah
» Pelopor Ketakutan di Video Game! Di Masanya, Inilah 7 Game Horor Terbaik PlayStation 2
1. 1996 - Resident Evil

Untuk pertama kalinya, seri original buatan Shinji Mikami dan Tokuro Fujiwara ini berhasil membuat hype di kalangan gamer PlayStation di dunia. Seri pertama yang mengisahkan sekelompok tim kepolisian yang tengah menyelidiki sebuah mansion misterius setelah hilangnya member mereka.

Disini kita akan berpetualang bersama Jill atau Chris Redfield, untuk mengungkap yang terjadi di mansion. Dan di seri ini jugalah pertama kalinya kita bertarung dengan para zombie yang terjangkit T-Virus yang mematikan.

2. 1998 - Resident Evil 2

Dua tahun setelah kesuksesan petualangan Jill dan Chris berhasil membuat heboh seluruh dunia, pada tahun 1998 seri ini kembali dengan sekuel Resident Evil 2. Kali ini untuk pertama kalinya kita diperkenalkan dengan sosok Leon S. Kennedy yang menjadi karakter utama paling favorit sepanjang seri ini berjalan.

Tak hanya Leon, kita juga bisa mengarungi petualangan bersama karakter adik dari Chris Redfield, yaitu Claire Redfield. Disini kita akan merasakan kengerian Raccoon City yang terkena wabah zombie, dan kita harus menyelamatkan diri dari kota tersebut. Disini kita juga akan bertemu karakter Ada Wong dan Sherry Birkin yang masih kecil, yang nantinya mereka berdua juga akan terus ada hingga seri-seri berikutnya.

3. 1999 - Resident Evil 3: Nemesis

Di penghujung tahun 90an, Resident Evil 3: Nemesis pun dirilis. Mengangkat cerita sebelum terjadinya Resident Evil 2 dengan perbedaan beberapa hari saja. Disini untuk kedua kalinya, kita akan bermain dengan Jill Valentine yang jauh lebih berkembang kemampuannya dibanding Resident Evil.

Yang sangat menarik, di seri ini kita akan berhadapan dengan Nemesis, boss paling mengerikan sepanjang sejarah seri Resident Evil. Kita akan terus berlari dari kejarannya, sambil mencari jalan keluar dari Raccoon City yang sudah porak poranda oleh zombie.

4. 2000 - Resident Evil Code: Veronica dan Resident Evil Survivor

Capcom merilis Resident Evil Code: Veronica untuk konsol SEGA Dreamcast. Kali ini giliran petualangan kakak beradik, Chris dan Claire, di mana Claire memiliki misi untuk menyelamatkan kakaknya, Chris, yang dipenjara di fasilitas Umbrella Corporation yang berada di Paris, Perancis. Setahun setelahnya, game ini juga dirilis untuk konsol PlayStation 2 yang membuat hype nya jauh lebih tinggi.

Di tahun yang sama Capcom juga merilis Resident Evil Survivor untuk PlayStation 1. Game Resident Evil yang pertama kali mengadaptasi mode FPS ini, menceritakan kisah pilot helikopter yang selamat dari insiden di Sheena Island, pulau milik Umbrella Corporation. Ark Thompson yang mengalami amnesia pun, harus mengelilingi pulau dan mencari jati dirinya di pulau tersebut yang sudah dipenuhi zombie.

5. 2001 - Resident Evil Gaiden dan Resident Evil Survivor 2: Code Veronica

Pada 2001, giliran Game Boy Color yang kebagian seri Resident Evil. Disini kalian akan berpetualang bersama Leon dan Barry di Resident Evil Gaiden. Menceritakan misi Leon dan Barry yang harus menginvestigasi sebuah kapal laut yang dicurigai membawa senjata biologis buatan Umbrella Corporation.

Di tahun ini juga Resident Evil: Code Veronica rilis untuk PlayStation 2. Yang menarik, Capcom juga merilis game Resident Evil Survivor 2: Code Veronica, yang merupakan mode FPS dari seri Code Veronica, namun gameplaynya lebih mirip dengan game arcade dibanding versi Survivor sebelumnya.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
  2. Halaman 3
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru