Feature

Dari Jadul Hingga Remake! Evolusi Seri Utama Resident Evil

oleh: Reza Alif

Halaman 2

6. 2002 - Resident Evil Zero, Resident Evil Remaster dan Resident Evil Dead Aim

Konsol Nintendo, yaitu GameCube, akhirnya kebagian seri horor legendaris ini juga yang berjudul Resident Evil Zero. Pada seri ini, mengambil cerita yang jauh lebih awal sebelum Resident Evil pertama. Kamu akan memainkan Rebecca dan Billy yang ditugaskan menginvestigasi pembunuhan yang terjadi di gunung Arklay, yang ternyata berhubungan dengan fasilitas Umbrella Corporation. Selain itu GameCube juga jadi konsol pertama yang mendapatkan versi remake dari Resident Evil pertama.

Sedangkan untuk PlayStation 2, mereka kebagian seri Resident Evil Dead Aim, yang bercerita empat tahun setelah insiden Raccoon City. Kamu akan memerankan agen rahasia Amerika bernama Bruce McGivern dengan intelijen asal Tiongkok bernama Fong Ling. Mereka berdua tengah menginvestigasi senjata biologis Umbrella yang ada di kapal laut Spencer Rain. Menariknya, gameplay di game ini merupakan gabungan antara TPS dan FPS.

Baca ini juga :

» Siap Bawa Ketakutan Baru! Ini Game-game Horor Terbaru yang Wajib Kamu Mainkan di PS5
» Ini Dia Ciri Khas yang Wajib Ada di Game Resident Evil Berikutnya!
» Misterius dan Mencekam! Nyobain Demo Resident Evil Village di PlayStation 5
» Jadi Ciri Khas, Ini 7 Senjata Paling Ikonis Sepanjang Seri Resident Evil
» Inilah Alasan Mengapa Resident Evil 4 Tak Seharusnya Dibuat Versi Remake
7. 2003-2004 - Resident Evil Outbreak

Dalam dua tahun ini, Capcom nampaknya mengistirahatkan jalan cerita utama dari Resident Evil, karena itu mereka lebih memilih dua seri dari Resident Evil Outbreak di PlayStation 2. Game ini kembali mengajak kamu ke tahun 1998, saat insiden Raccoon City terjadi.

Disini kamu akan mengikuti cerita para karakter-karakter berbeda di beberapa tempat di kota. Kamu akan mengarungi cerita dari karakter warga, polisi dan sebagainya dalam usaha menyelamatkan diri dari bencana wabah yang menyerang kota mereka.

8. 2005 - Resident Evil 4

Ditahun inilah seri terbaik sepanjang sejarah Resident Evil lahir. Resident Evil 4 bercerita enam tahun setelah Resident Evil 2, di mana Leon ditugaskan untuk menyelamatkan putri dari Presiden Amerika, bernama Ashley Graham. Ia ditawan di sebuah tempat di Spanyol.

Leon pun terbang kesana dan menemukan sebuah desa yang memiliki penduduk yang ternyata telah terjangkit oleh virus Las Plagas. Para warga terlihat seperti warga biasa, meskipun pada akhirnya mereka ternyata dapat menyerang dan membunuh Leon. Disini ia pun menemukan fakta bahwa Umbrella Corporation adalah dalang dibalik virus tipe baru yang mengerikan ini.

9. 2007 - Resident Evil: Umbrella Chronicles

Resident Evil: Umbrella Chronicles, sebenarnya adalah seri yang tidak terlalu punya pengaruh dari keseluruhan seri. Game ini dibuat untuk konsol Nintendo Wii dengan gaya Arcade yang cocok dengan kontroler Wii.

Cerita dari keseluruhan game ini, hanya memperjelas jalan cerita Resident Evil yang dijadikan satu game dari seri-seri lainnya yang pernah rilis. Disini kamu akan memainkan banyak karakter, seperti Rebecca, Billy, Jill dan banyak lagi. Capcom juga merilis The Darkside Chronicles pada 2009, dengan gameplay yang sama, namun bercerita tentang Resident Evil 2 dan Code Veronica.

10. 2009 - Resident Evil: The Darkside Chronicles dan Resident Evil 5

Setelah merilis The Darkside Chronicles, Capcom akhirnya melanjutkan seri utamanya dengan merilis Resident Evil 5. Melanjutkan kisah setelah lima tahun dari Resident Evil 4. Chris dan Sheva Alomar ditugaskan untuk pergi ke Kijuju di Afrika, untuk menangkap Ricardo Irving yang akan menjual senjata biologis di pasar gelap.

Kejutan terjadi saat mereka sampai di Kijuju, di mana seluruh desa sudah terjangkit dengan virus Las Plagas, yang membuat para warga menjadi zombie yang ganas dan brutal. Disini mereka juga mendapatkan fakta virus terbaru yang jauh lebih kuat yang digunakan oleh Albert Wesker, bernama Uroboros. Kemudian mereka juga bertemu Jill Valentine, yang kini berada di kubu Albert Wesker, karena sudah dikendalikan menggunakan virus baru tersebut.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru