Feature

Dari Jadul Hingga Remake! Evolusi Seri Utama Resident Evil

oleh: Reza Alif

Halaman 3

11. 2012 - Resident Evil: Revelations, Resident Evil: Operation Raccoon City, dan Resident Evil 6

Setelah tiga tahun tanpa kelanjutan seri, di tahun 2012, Capcom langsung merilis tiga judul Resident Evil yang punya pengaruh besar terhadap keseluruhan cerita. Diawali dengan Resident Evil: Revelations yang rilis di 3DS. Game ini bercerita di rentang waktu antara Resident Evil 4 dan 5. Jill dan Parker, bertugas untuk menyelamatkan Chris dan Jessica yang ditahan di sebuah kapal pesiar. Namun, ternyata itu merupakan jebakan dari grup bernama Veltro Operative.

Kemudian dilanjutkan dengan Resident Evil: Operation Raccoon City yang rilis untuk PlayStation 3. Seri ini mengajak kamu bermain sebagai HUNK yang ditugaskan oleh Umbrella Corporation untuk menghentikan William Birkin yang akan menyerahkan T-Virus kepada pihak militer Amerika.

Di Akhir tahun, giliran seri utama dirilis, Resident Evil 6 yang membawa petualangan empat kelompok karakter sekaligus yang nantinya menjadi satu jalur cerita yang sama. Kamu bisa memilih Leon dan Helena Harper, Ada Wong, Sherry dan Jake Muller, serta Chris dan Piers. Mereka semua punya tujuan yang sama, yaitu memusnahkan C-Virus dan menyelamatkan Jake Muller yang memiliki vaksin di dalam tubuhnya.

Baca ini juga :

» Siap Bawa Ketakutan Baru! Ini Game-game Horor Terbaru yang Wajib Kamu Mainkan di PS5
» Ini Dia Ciri Khas yang Wajib Ada di Game Resident Evil Berikutnya!
» Misterius dan Mencekam! Nyobain Demo Resident Evil Village di PlayStation 5
» Jadi Ciri Khas, Ini 7 Senjata Paling Ikonis Sepanjang Seri Resident Evil
» Inilah Alasan Mengapa Resident Evil 4 Tak Seharusnya Dibuat Versi Remake
12. 2015 - Resident Evil: Revelations 2

Tiga tahun setelah rilis Resident Evil 6, Capcom kembali mengajak para pemain untuk mengarungi kisah yang terjadi di waktu antara Resident Evil 5 dan 6. Disini kamu akan bermain dalam dau babak bersama Claire Redfield dan Moira Burton, serta Barry.

Cerita berawal saat Claire dan Moira ditangkap oleh sebuah pasukan dan dikurung di sebuah fasilitas di pulau. Mereka pun berjuang untuk keluar dari pulau tersebut. Enam bulan setelahnya, Barry datang untuk menyelamatkan anaknya, Moira bersama Claire di pulau tersebut. Nantinya mereka bertiga akan bertemu dengan objek penelitian, bernama Natalia dan bertemu dengan saudara perempuan Albert Wesker, yaitu Alex Wesker.

13. 2016 - Resident Evil: Umbrella Corps

Sebelum menuju ke Resident Evil 7: Biohazard, di tahun 2016, Capcom mengeluarkan Resident Evil: Umbrella Corps. Disini kamu akan bermain kembali menjadi HUNK yang ditugaskan untuk mencoba penemuan baru milik Umbrella. Umbrella Corps sendiri nantinya akan memiliki hubungan dengan jalan cerita yang ada di Resident Evil 7: Biohazard.

14. 2017 - Resident Evil 7: Biohazard

Setelah lesu dengan Resident Evil 6 yang mendapatkan respon kurang baik dari para gamer, Capcom mencoba sesuatu yang baru dengan Resident Evil 7: Biohazard. Mereka membawa prespektif FPS dengan bergaya horor yang disukai di masa sekarang dengan memainkan atmosfer dari lingkungan yang kental layaknya film horor.

Kamu akan memainkan karakter bernama Ethan di tahun 2017, yang mencari istrinya karena mendapatkan pesan dari istrinya yang telah dinyatakan hilang dan meninggal pada tahun 2014. Ia pun menemukan istrinya masih hidup dan ditawan sebuah keluarga yang ternyata telah terjangkit virus dari kapal yang kandas di perairan dekat rumah mereka, yang ternyata adalah kapal milik Umbrella Corporation.

15. 2019-2020 - Resident Evil 2 Remake dan Resident Evil 3 Remake

Semenjak Resident Evil 7, Capcom masih belum mau melanjutkan cerita utama dari seri tersebut. Capcom memilih untuk melakukan remake dari Resident Evil 2 di tahun 2019. Remake ini pun sukses besar, karena menawarkan mekanisme baru dari game Resident Evil 2.

Tahun ini Capcom juga kembali merilis remake dari Resident Evil 3. Respon nya pun juga positif di mana petualangan Jill Valentine dibuat lebih menantang dengan Nemesis yang punya progres cukup signifikan, menjadi boss yang lebih mengerikan dibanding versi terdahulunya.

16. 2021 - Resident Evil 8 (Rumor)


Sumber: Gamerant

Rumor yang beredar bahwa Resident Evil 8 akan datang di tahun 2021. Dikatakan seri lanjutan ini akan melanjutkan cerita dari Resident Evil 7, di mana pemain akan tetap memainkan Ethan sebagai karakter utama dari game ini.

Setting tempat yang diperkirakan akan berada di sebuah pulau yang merupakan fasilitas dari Umbrella Corporation. Untuk gameplay, rumor juga mengatakan bahwa seri ini akan tetap mempertahankan mode FPS seperti pada Resident Evil 7.

Itulah evolusi Resident Evil dari masa ke masa. Ternyata Resident evil sudah menyentuh dua dekade dalam menemani para gamer untuk merasakan sensasi teror dari para zombie. Capcom pun tampaknya akan masih terus melanjutkan franchise ini sampai tahun-tahun mendatang.

KotakGame

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru