Feature

Dari Gambar Kotak Hingga Realistis! Inilah Evolusi Final Fantasy VII dari Tahun ke Tahun!

Reaksi sebagian besar gamer saat mendengar nama franchise Final Fantasy pasti akan selalu mengaitkannya pada kualitas yang luar biasa sebagai franchise JRPG paling ikonik. Bagaimana tidak? franchise ini sudah eksis sejak 30 tahun lamanya dan sudah mengeluarkan segudang seri luar biasa, hingga adaptasi beberapa media di luar game seperti film, manga, hingga anime. Lebih dari sekedar franchise game paling ikonik saat ini, Final Fantasy juga menjadi inspirasi bagi kebanyakan developer sejak dulu dalam meracik game JRPG dengan fokus cerita dan setting dunia fantasi yang hidup.

Berbicara soal Final Fantasy, franchise ini berhasil mendapat pengakuan luar biasa dan menjadi sorotan besar di kala era Final Fantasy VII. Game ini membuat Square Enix meraih kesuksesan besar, dimana Final Fantasy VII sukses menjadi hit besar dan menghebohkan industri game lewat kualitasnya yang fenomenal. Karena pengaruh besarnya tersebut, seri ketujuh ini memang mendapat perlakuan khusus dan sudah mendapatkan adaptasi karya baru dari tahun ke tahun yang mencakup berbagai media.

Untuk itu, pada artikel spesial kali ini Kru KotGa sudah merangkum evolusi Final Fantasy VII dari tahun ke tahun, mulai dari saat pertama kali gamenya dirilis di 1997 lalu, hingga versi remakenya yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu. Daripada penasaran, langsung saja simak rangkumannya di bawah ini.


Final Fantasy VII (PlayStation - 1997)

Final Fantasy VII sebenarnya adalah seri yang tidak berbeda jauh dengan Final Fantasy lainnya. Game ini masih mengadaptasi cerita bertema fantasi dengan sentuhan futuristik seperti Final Fantasy VI, serta gameplay turn-based sederhana yang masih dicintai para fans. Namun ada banyak sekali faktor yang membuat seri ini mendapat perhatian luar biasa dan disambut dengan resepsi positif dari sekian banyak gamer di masanya. Pertama adalah fakta kalau Final Fantasy VII adalah salah satu game di era 90-an yang menghadirkan grafis 3D untuk pertama kalinya. Jika dilihat sekarang gamenya memang terlihat cukup buruk dan desain karakternya juga aneh, namun pada kala itu pendekatan grafis seperti ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa.

Tidak hanya itu, Final Fantasy VII juga menghadirkan cerita penuh plot twist serta karakter yang menarik. Salah satunya adalah Cloud, yang memang terlihat cukup ikonis dengan rambut blonde yang nyentrik dengan senjata buster sword besarnya. Square Enix yang masih bernama Square Soft pada waktu itu juga mendorong promosi gamenya secara besar-besaran, dan strategi mereka ini terbukti berhasil dalam mendatangkan banyak peminat baru untuk mulai mencicipi franchise Final Fantasy lewat seri ketujuhnya ini.


Before Crisis: Final Fantasy VII (Mobile - 2004)

Pasca perilisan Final Fantasy VII yang berakhir dengan kesuksesan besar, Square Enix sepertinya masih menaruh perhatian mereka pada seri ini dan mulai mempersiapkan berbagai proyek baru untuk kembali menarik perhatian fans. Salah satu dari proyek tersebut adalah Before Crisis: Final Fantasy VII. Game RPG yang dikhususkan untuk perangkat mobile ini menghadirkan fokus cerita pada Turks atau Investigation Sector of the General Affairs Department, sebuah kelompok yang berada dibawah kendali perusahaan Shinra.

Baca ini juga :

» Bersiaplah! Ini DIa 7 Upcoming Game Dari Square Enix Yang Bakalan Mantep!
» Ternyata Beda Banget! Inilah 5 Perubahan Baru yang Ada di Lost Saga Remastered!
» Jadi Pengen Beli! Inilah Deretan Game Next-Gen PS5 yang Wajib Kamu Tunggu!
» Cari Idaman Kamu! Rekomendasi Laptop i7 Kekinian Untuk Gamer di Budget Mulai 13 Jutaan!
» Mulai Budget 4 Jutaan Aja! Rekomendasi Laptop Murah Untuk Main Game Kekinian!

Last Order: Final Fantasy VII (Anime - 2005)

Keluar dari genre game, Square Enix juga menyiapkan proyek anime untuk Final Fantasy VII yang memberikan sudut pandang cerita dari Zack serta event yang mengarah ke plot original gamenya. Proyek yang ditangani oleh studio Madhouse ini berhasil menghasilkan anime bergenre action-fantasy dengan kualitas animasi yang solid. Penyampaian ceritanya memang tidak sekuat saat memainkan gamenya, namun anime ini tetap mendapatkan resepsi positif dari banyak fans serta kritikus.


Final Fantasy VII: Advent Children (Movie - 2005)

Selain anime, Square Enix juga menyiapkan film animasi 3D yang dikerjakan oleh Visual Works yaitu Final Fantasy VII: Advent Children. Ditayangkan pertama kali pada tahun 2005 lalu, film ini adalah sekuel dari Final Fantasy VII yang menceritakan kisah Cloud dalam usahanya memburu kelompok misterius yang beranggotakan kloningan Sephiroth. Perjuangan yang harus ditempuhnya tidaklah mudah, karena dia juga terkena semacam penyakit dari virus Geostigma yang mendorongnya untuk mengisolasi diri dari Midgar. Meskipun ceritanya terasa lebih seperti filler, namun film ini menawarkan kualitas animasi yang luar biasa bahkan meskipun ditonton di era sekarang serta desain karakter baru yang lebih keren.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru