Feature

Sampai Ratusan Juta Dollar! Ini 7 Game dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia

oleh: Reza Alif

Halaman 2

4. Star Wars: The Old Republic - 200 Juta Dollar

Memiliki kesan yang kurang baik saat di awal masuk ke industri game, franchise Star Wars mulai mendapatkan tempat di hati para gamer setelah merilis Star Wars: The Old Republic. Bahkan saat pertama kali diperkenalkan game MMORPG ini disambut dengan sangat antusias.

Tapi, dibalik semua itu, BioWare selaku pengembang game ini harus membayar dengan biaya pembuatan yang sangat tinggi hingga mencapai 200 juta Dollar Amerika. Tapi, hal itu berhasil membuat seri-seri Star Wars memiliki fans yang banyak, apalagi mereka meneruskan tren game berkualitas bagus pada game keluaran terbaru Star Wars Jedi: Fallen Order, yang jika saja rilis lebih dini, mungkin akan menyabet penghargaan Game of the Year pada tahun 2019.

Baca ini juga :

» Auto Kaya! Ini Tips Mendapatkan Uang dari Main Game Android
» Keren di Zamannya! Game Java Paling Populer Sebelum Android dan iOS Menyerang
» This is Indonesia! Ini Deretan Game Populer yang ada Unsur Indonesia di Dalamnya
» Jadi Nolep! Ini Deretan Game dengan Durasi Bermain Terlama di Dunia
» Demi Dongkrak Popularitas! Inilah Deretan 7 Game dengan Video Trailer yang Mencengangkan
3. Call of Duty: Modern Warfare 2 - 250 Juta Dollar

Meski sudah rilis lebih dari satu dekade, seri Call of Duty: Modern Warfare 2, menjadi seri termahal sepanjang sejarah game tersebut. Terang saja, dana 250 juta Dollar Amerika terpakai untuk membuat game FPS peperangan tersebut.

Tentu saja dengan anggaran luar biasa besar tersebut, game ini mampu menggebrak pasar dan menjadi salah satu game yang laris manis. Meski sekarang Call of Duty: Modern Warfare 2 sudah digantikan dengan seri-seri terbarunya, game ini tetap menjadi salah satu yang paling solid, dan tentu saja yang termahal.

2. Grand Theft Auto V - 265 Juta Dollar

Muncul di tahun 2013, game yang paling diantisipasi dan seri yang hampir tak pernah mendapatkan review buruk, Grand Theft Auto V adalah game dengan budget termahal yang pernah dirilis bahkan hingga tahun 2020 ini.

Open World yang bercerita tentang aksi kriminalitas dan gang ini, mampu menawarkan dunia virtual yang sangat luas, lengkap serta solid. Namun, untuk menghadirkan kesempurnaan ini, Rockstar pun harus menggelontorkan biaya sebesar 265 juta Dollar Amerika. Tapi, itu sepadan, karena dalam tiga hari perilisan, game ini mampu mendapatkan pemasukan hingga 1 miliar Dollar Amerika.

1. Star Citizen - 300 Juta Dollar

Meski belum dirilis, Star Citizen dipastikan sebagai game dengan budget tertinggi di bumi. Dana game Open World antar semesta ini berawal dari crowdfunding yang mereka jalankan di Kickstarter. Karena presentasi yang luar biasa dari rencana mereka yang akan membuat game terhebat yang pernah ada, donasi pun menanjak tinggi hingga menyentuh angka 275 juta Dollar Amerika dan terus bertambah.

Kemudian mereka juga berhasil dilirik oleh para investor yang ingin mendanai game mereka, meski game ini masih belum dirilis dan dalam tahap pembuatan yang terhitung sudah mencapai waktu 7 tahun, meski mereka sudah merilis beberapa mode, namun keseluruhan game masih belum dirilis. Jika dana donasi digabung dengan dana dari para investor, menurut kabar terbaru dari Gamespot, dana pembuatan Star Citizen telah mencapai angka 300 juta Dollar Amerika.

Itulah deretan game dengan biaya produksi termahal di dunia. Mengingat progress teknologi terbaru yang terus meningkat dalam industri game, bukan tidak mungkin di tahun-tahun mendatang, biaya pembuatan akan jauh lebih mahal dari sebelumnya, namun juga dengan kualitas yang tinggi.

KotakGame

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru