Feature

Inilah Alasan Mengapa Resident Evil 4 Tak Seharusnya Dibuat Versi Remake

oleh: Reza Alif

Halaman 2

Masih Banyak Seri yang Seharusnya Jauh Lebih Pantas untuk di Remake


Sumber: Resident Evil

Dari pola yang ada, meski berambisi, Capcom juga tetap bermain aman dengan melakukan remake pada seri yang memang ramai saja, agar penjualannya tetap aman. Namun, sebenarnya masih banyak seri yang meski kurang terkenal, lebih patut untuk mendapat remake, jika Capcom tetap ingin terus melakukan remake dalam waktu yang berdekatan.


Sumber: Resident Evil

Seperti halnya Resident Evil Survivor, yang jarang diketahui banyak orang. Sebenarnya mempunyai premis cukup bagus di mana seorang pilot yang mengalami amnesia dan tersadar berada di pulau yang ditinggalkan, penuh zombie dan monster, milik umbrella. Jika dibuat dengan teknologi terkini, pastinya seri tersebut bisa jauh lebih bagus dari versi PS1 nya.


Sumber: Resident Evil

Kemudian juga ada Resident Evil Dead Aim, spin-off yang juga punya suasana horor cukup bagus, meski gamenya kurang terkenal di PS2, setelah tertutup Resident kepopuleran Resident Evil 4 sendiri. Dead Aim punya premis yang juga cukup unik, di mana karakter utama yang merupakan agen rahasia, berada pada sebuah kapal milik Umbrella yang dicurigai membawa senjata biologis.

Jadi rasanya belum saatnya Resident Evil 4 untuk diberikan versi remake, jika beberapa seri lainnya masih lebih patut untuk dibuat ulang.

Baca ini juga :

» ACTION RPG Open World Terbaru Capcom, Bisa Panjat Monster, AI Canggih, dan Dunianya Luas!
» 7 Alasan Wajib Main Rise of the Ronin! Game Open World Rasa Souls Eksklusif Paling Dinanti
» 8 Tips Menjadi Ronin Terbaik di Game Open World Terbaru, Rise of the Ronin
» Rayakan Hari Game Indonesia! Inilah 7 Game Lokal yang Mengguncang Dunia!
» PlayStation Plus Baru Bisa Dapat Banyak Benefit Dan 700 Game Gratis?! Cek Disini!
Persaingan Dengan Game Horor Lain yang Cukup Sulit


Sumber: Resident Evil

Jika kita mengikuti berita satu tahun belakangan ini, semenjak kembali jayanya Resident Evil berkat remake yang mereka hadirkan, membuat semangat game horor kembali menyala. Banyak dari developer serta publisher lainnya dirumorkan akan membawa IP lama seperti Silent Hill, atau akan membuat game horor model terbaru seperti Hideo Kojima. Belum lagi masih ada judul anyar milik Naughty Dog yang belum rilis, yaitu The Last of Us Part 2.


Sumber: Resident Evil

Tentu jika dalam 1-2 tahun mendatang, jika Capcom ingin terus menjadi pemenang dalam persaingan ini, mereka tidak bisa menawarkan kembali cerita dari Resident Evil 4, meski itu memang sangat-sangat bagus. Karena kita tahu, berkat kemajuan teknologi yang pesat, gamer di era sekarang selalu ingin hal baru, jadi apalagi jika ada yang sudah mengetahui Resident Evil 4, pastinya mereka akan merasa bosan.

Kru KotGa harap Resident Evil 8 yang lebih dahulu dirumorkan, bisa rilis lebih dahulu dibanding dengan Resident Evil 4 Remake, andai semua rumor itu benar-benar terwujud. Karena akan sangat sulit, jika lagi-lagi Capcom merilis remake, dan orang-orang sudah tidak lagi merasa kejutan setelah remake sebelumnya. Jadi tidak akan terasa spesial.

Membuat Leon Terlalu Spesial


Sumber: Resident Evil

Tentu, Leon adalah karakter yang sangat dicintai oleh para fans, bahkan Leon adalah karakter utama terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah waralaba asal Jepang ini. Namun, membuat Resident Evil 4 Remake, berarti akan memberikan lebih banyak sorotan terhadap Leon, bahkan seakan-akan Leon adalah karakter utama dari seluruh seri.

Meski Leon adalah salah satu karakter terkuat, bukan berarti Leon adalah karakter utama dari seluruh seri ini. Masih banyak karakter lainnya yang seharusnya juga mendapatkan kesempatan yang sama, agar Resident Evil tidak terlihat seperti di dominasi oleh Leon.

Karakter-karakter seperti Chriss, Ethan, Sheva, Jake dan lainnya, juga harus lebih ditonjolkan dan memiliki gaya masing-masing jadi akan terlihat beragam.

Membuat remake adalah gagasan yang bagus, apalagi jika game tersebut memorable dan punya rasa nostalgia. Tapi, jika itu punya potensi besar untuk merusak game itu sendiri, pastinya itu resiko yang sangat besar. Namun, karena kabar mengenai remake ini masih sebuah rumor, jadi Resident Evil 4 masih memiliki memungkinkan untuk tetap menjadi masterpiece yang tak tergantikan.

KotakGame

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru