Feature

Inilah Alasan Mengapa Resident Evil 4 Tak Seharusnya Dibuat Versi Remake

oleh: Reza Alif


Beberapa tahun belakangan kita baru saja disuguhi oleh dua seri anyar milik Capcom yang dibuat menjadi versi remake. Kedua versi tersebut adalah Resident Evil 2 dan Resident Evil 3, untuk Resident Evil 2 mampu berjalan mulus dengan semua pihak memuji remake ini, sedangkan Resident Evil 3 justru berada di posisi kontroversi antara dua kubu yang suka dan tidak suka, meski kedua gam tersebut tetap menunjukkan penjualan yang baik.

Karena itu mungkin Capcom cukup ketagihan dengan respon dari para gamer yang bahagia serta tentunya keuntungan dari penjualan tersebut. Capcom pun kali ini dikabarkan mengarahkan tujuan remake nya ke seri masterpiece, Resident Evil 4. Namun, jika rumor ini benar, kru KotGa merasa ada beberapa alasan tentang tidak seharusnya seri tersebut dibuat remake.

Baca ini juga :

» PC Master Race! 7 Game Eksklusif Konsol yang Diharapkan Rilis di PC
» 10 Fakta Mengejutkan Game Ghost of Tsushima yang WAJIB Diketahui Sebelum Kamu Beli!
» Jadi Ciri Khas, Ini 7 Senjata Paling Ikonis Sepanjang Seri Resident Evil
» 10 Rekomendasi Game Klasik PS2 yang Masih Seru Banget Dimainkan!
» Seri Paling Mencekam? Inilah Kumpulan Detail Lengkap Resident Evil 8: Village!
Remake adalah Menu Tambahan


Sumber: Resident Evil

Jika kita ibaratkan Resident Evil pada sebuah meja makan, pastinya versi remake hanyalah sebuah menu tambahan yang berguna untuk melengkapi sebagian besar waralaba utama yang ada di dalamnya. Jika Capcom terlalu berambisi dengan terus membuat remake, tanpa memberikan porsi lebih banyak terhadap jalan cerita utama dari Resident Evil.


Sumber: Resident Evil

Kisah utama itu sendiri bisa terbilang terhenti di Resident Evil 6 setelah C-Virus berhasil dimusnahkan dan anti-bodi kemungkinan ditemukan. Lalu melompat tiga tahun di Resident Evil 7 yang berlatar pada tahun 2017, kala Ethan sedang mencari istrinya.

Karena itu masih banyak kisah yang belum terlengkapi dan harus dilanjutkan daripada harus mementingkan remake terlebih dahulu. Tentu ini juga akan membuat para fans lama akan mulai bosan dengan remake yang dilakukan terus menerus.

Resident Evil 4 Terlalu Sempurna


Sumber: Resident Evil

Berkaca pada hal yang terjadi di Resident Evil 3 beberapa waktu yang lalu, di mana banyak sekali terdapat perubahan yang terjadi pada seri remake ini dibanding pendahulunya, apalagi masalah mengenai terlalu cepatnya playtime serta minimnya puzzle yang tak sedikit membuat beberapa orang kecewa.

Mungkin Resident Evil 3 masih bisa terselamatkan karena memiliki visual yang apik, meski berbeda cerita tapi tetap membawa kisah yang dalam, lalu aksi yang mencekam serta Nemesis yang jauh lebih menyeramkan. Setidaknya Capcom berhasil menyamai kualitas yang ada pada versi originalnya meski dengan pendekatan cukup beresiko.


Sumber: Resident Evil

Namun, apakah Capcom dapat berhasil melakukan hal tersebut untuk Resident Evil 4 yang hampir di segala aspeknya hampir tanpa celah? Salah-salah, Capcom justru malah menggali kuburan mereka sendiri jika saja gagal. Karena Resident Evil 4 pastinya sangat sulit untuk menyamai kualitasnya, apalagi ia juga sudah pernah di remaster sehingga grafisnya jauh lebih baik. Jadi lebih baik membiarkan Resident Evil 4 tetap menjadi kenangan manis Capcom, sebagai game yang tak tergantikan, tanpa harus menodainya.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru