Feature

Tips Setting HP Kentang Biar Lancar Main Game Mobile Kekinian!

Halaman 2

3. Minimkan Settingan Grafis


Ini adalah cara klasik untuk memainkan game berat apapun. Pada settingan grafis game yang sedang dimainkan, kamu bisa secara cepat memiliki settingan performa untuk mendapatkan framerate yang lebih baik. Berbagai efek hingga resolusi dan tekstur akan memiliki kualitas low dan framerate terbatas. Settingan ini tidak memikat dan bisa kamu atur sesuka hati tergantung kenyamanan bermain.

4. Factory Reset


Ya, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa game kekinian memiliki ukuran file yang cukup merepotkan dan bisa membengkak hingga hampir bergiga-giga. Sebuah angka yang sangat besar untuk sebuah smartphone low-end yang rata-rata hanya memiliki memori internal 16GB atau bahkan 8GB, padahal jika dipikir-pikir prosesor dan GPU yang dimiliki cukup kuat untuk memainkannya.

Maka dari itu, kru KotGa merekomendasikan kamu untuk melakukan Factory reset untuk mengosongkan semuanya, termasuk file-file foto/video dan terutama data hingga cache aplikasi yang membengkak. Ketika selesai Factory reset, utamakan install game yang sedang kamu mainkan terlebih dahulu, setelah itu baru silahkan install aplikasi lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

5. Gunakan Custom ROM


Salah satu cara ampuh mengkostumisasi Android agar lebih lancar memainkan game salah satunya dengan menggunakan Custom ROM. ROM pada Android biasanya berisi sistem operasi dan beberapa fitur tambahan yang diberikan oleh vendor, namun sayangnya tak semua fitur tersebut dipakai oleh pengguna Android yang justru malah membuat performa Android semakin lama semakin menurun. Dengan memakai Custom ROM yang kebanyakan berbasis AOSP atau Android original bisa meningkatkan performa Android dan menghapuskan berbagi fitur hingga aplikasi yang tidak penting.

Hanya saja, cara ini hanya bisa dilakukan oleh gamer yang sudah paham betul bagaimana mengoprek Android dan tidak dianjurkan untuk para awam, karena akan berdampak beberapa resiko mulai dari dari softbrick (bootloop) atau apesnya bisa kena hardbrick (mati total). Jadi, pikir-pikir lagi ya.

6. Pastikan Selalu Bersihkan Cache Game yang Dimainkan


Bagi kamu yang masih asing, cache adalah file yang tersimpan sementara di memory HP kamu, entah untuk aplikasi apapun yang tentunya membutuhkan ruang penyimpanan juga. File cache disini bisa akan terus menumpuk setiap saat seiring kamu memainkan game atau terjadi update. Maka dari itu, kru KotGa merekomendasikan untuk kamu rutin menghapus cache secara rutin agar game yang kamu mainkan tetap optimal.

7. Hapus Aplikasi yang Memang Tidak Penting


Terkadang, meskipun kamu sudah menggunakan game booster, tetapi masih ada saja aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika sudah dimatikan. Maka dari itu, kru KotGa menyarankan mending sekalian saja hapus aplikasi yang memang tidak kamu pakai. Bukan hanya untuk melancarkan ketika bermain game, tetapi juga lumayan untuk membuat kapasitas penyimpanan kamu menjadi lebih lega.

Baca ini juga :

» Sendirian Tapi GG Gaming! Tips Jadi Jungler Efektif Di Wild Rift!
» Siap Jemput Waifu! 7 Hal yang Harus Kamu Siapkan Demi Ganyu di Update Terbaru
» Bouken da Bouken! Kiat-Kiat Sukses Menjadi Traveler Terbaik Pencari Harta Karun di Genshin Impact!
» Siap Upgrade HP? Inilah 7 Game Mobile Paling Dinanti Pada Tahun 2021
» [Kotak Game Editors Choice Award 2020] The Best Indonesia Online PC Game
(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru