Feature

Tidak Toxic Setelah Ramadan, Tips Bijak Bermain Game Online dengan Pribadi yang Positif

oleh: Bill13

Halaman 2

4. Bijak dalam Ber-Voice Chat




Sumber: Jessnolimit

Ini sama bahayanya dengan chat in game, karena kamu bisa menyerang orang secara verbal dengan suaramu. Tentunya hal ini membuatmu jauh lebih mudah dapat memberi orang lain serangan secara verbal yang mengarah kearah hal negatif atau toxic. Gunakan Voice Chat seperlu dan bijak seperti membahas strategi ataupun memberi arahan. Jangan sekalipun berucap kata kasar agar orang lain tidak melakukan hal serupa kepadamu.

Baca ini juga :

» Unboxing Motherboardnya Para Sultan! Inilah ASUS ROG Maximus XII Extreme
» Chicken Dinner di Game dan Dunia Nyata! Tips Cara Mendapatkan Uang di Game PUBG Mobile!
» 7 Game Android HD dengan Grafis Keren tapi Ukuran di Bawah 1GB
» Game Berat, Langsung di Sikat! Rekomendasi HP Android di Bawah 3 Juta dengan RAM 4GB
» 7 Rekomendasi HP Android Gaming 1 Jutaan untuk Main Game Esports!

5. Sebisa Mungkin Bantu Para Newbie dalam Komunitas Game




Sumber: YouTube PUBG Mobile

Membangun komunitas yang baik adalah salah satu cara agar game kesayanganmu tetap hidup dan lestari. Jadi sirkulasi hadirnya para newbie di dalam grup komunitas baik dalam Facebook, WhatsApp, ataupun LINE bukanlah baru lagi. Kamu harus tetap ramah kepada para newbie dan membantu menjawab untuk setiap pertanyaan tentang game yang akan ditanyakan.

Banyak game yang harus hancur akibat tidak adanya perputaran gamer newbie sehingga membuat newbie ogah untuk serius dalam bermain. Jadi, sebagai sesepuh gamer yang baik, jangan galak-galak ya!

6. Jangan Ragu Lapor GM atau Developer Jika Ada Gamer yang Toxic




Sumber: Mobile Legends

Ini merupakan langkah terakhir jika kamu menemukan seorang gamer yang toxic di dalam game. Kamu tidak perlu ambil pusing, kamu hanya tinggal mengemail ataupun mereport-nya secara langsung setelah game selesai. Apalagi banyak game-game populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile telah memasukkan fitur report yang bisa langsung kamu akses ketika game selesai.

Demikianlah tips bijak dalam bermain game online yang mana hal ini diharapkan agar kamu tidak menjadi gamer yang toxic serta menciptakan komunitas game yang baik. Di dalam komunitas yang sehat terdapat pula game yang sehat juga. Jadi dari sekian banyak tips dari Kru KotGa diatas, yang manakah yang belum kamu terapkan dalam keseharian bermain game kamu?

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru