Feature

Tidak Toxic Setelah Ramadan, Tips Bijak Bermain Game Online dengan Pribadi yang Positif

oleh: Billy Mariza


Halo!
Bermain game apapun, Toxic merupakan salah satu yang sangat dilarang karena perilaku ini dapat membuat permain menjadi tidak seru dan bisa berujung kepada tindakan ceroboh lainnya. Oleh karena itu sebagai seorang gamer yang baik, kita harus bijak dalam bermain game. Karena toxic tidak hanya terlahir karena diri sendiri, namun bisa jadi pengaruh orang sekitar terhadap gaya atau aktifitas kamu dalam bermain.

Tenang, gak usah panik dan bingung. Dalam rangka bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk kamu menjadi pribadi yang lebih baik untuk tidak memancing orang melakukan hal toxic dan kamu juga tidak terpancing untuk melakukan hal yang sama. Kru KotGa telah merangkum beberapa tips bijak bermain game online agar kamu tidak menjadi pribadi yang Toxic.

Baca ini juga :

» Kejar Targetmu! Inilah Tips Tetap Fokus #PushRankTanpeHenti Sampai Jadi PRO!
» Jangan Asal Smite, Ini Dia 5 Role yang Harus Kamu Pahami di League of Legends: Wild Rift
» Weekend Seru! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Tips Jago! Ini 7 Youtuber Summoners War [Street Fighter V: Champion Edition] yang Harus Kamu Tonton
» Pecinta SuperHero Wajib Masuk! 7 Game Marvel di Segala Platform yang Wajib untuk Dimainkan!

1. Jangan Memaksa Keadaan untuk Bermain Game




Sumber: NTMC Polri

AFK atau Away From Keyboard, atau istilah gampangnya karakter game kamu tidak melakukan apapun. Jika kamu dalam permainan game solo, mungkin itu tidak akan menjadi masalah karena jika kamu melakukan AFK yang dirugikan hanya diri sendiri. Namun cerita berbeda jika kamu bermain game membutuhkan kerja sama tim seperti Battle Royale atau MOBA.

Tentu saja bermain game tim seperti itu, jika ada satu yang melakukan AFK akan menjadi beban bagi tim. Karena strategi yang direncanakan bisa saja berantakan, hal ini sering terjadi terhadap gamer-gamer yang suka bermain game sambil melakukan aktifitas lain, sehingga hal ini memicu amarah rekan satu tim untuk menyerangmu dan alhasil kamu adalah sumber Toxic tersebut. Jadi pastikan ketika bermain game, kamu benar-benar dalam posisi waktu luang sehingga kamu tidak akan mengganggu rekan setim akibat kelalaian tersebut.

2. Noob? Jangan Sungkan Lihat Tips dan Trik dari Artikel Maupun YouTube




Sumber: KotakGame

Pernah dengar istilah Fanny Darat atau Looting Simulator? Itulah yang terjadi ketika kamu tidak memahami konsep atau cara menggunakan hero di dalam gamenya. Nah, banyak orang yang akan menyalahkan ketidakmampuan kamu dalam bermain game yang mana membuat kamu menjadi beban. Untuk itu, sebelum menggunakan atau memainkan game, ada baiknya kamu bisa membaca beragam tips dan trik menarik dari KotakGame.com atau melihat referensi-referensi dari beberapa influencer gaming di YouTube.

3. Jarimu Harimaumu!




Sumber: YouTube Kaaesang

Ini adalah istilah dimana bermain game menjadi bisa sangat toxic ketika membahas perdebatan yang terjadi di dalam game melalui chat in game. Tentunya saja banyak kasus toxic game terjadi dengan platform ini dan tidak sedikit pula harus menanggung akibat dari tindakan sembrono tersebut.

Jadilah pribadi yang baik dan kalem dalam menegur gamer lainnya di dalam game. Meskipun kamu sudah tak tahan dengan segala kelakuannya di dalam game, kamu bisa memilih untuk melaporkannya ke pada pihak yang berwajib (pengembang atau GM) untuk memberikan hukuman kepada gamer yang sekiranya merusak harimu di dalam game.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru